Bentuk dan Contoh Soal AKM Kelas 5 Sekolah Dasar (SD)

Pada waktu yang lalu, dalam artikel aleepenaku.com telah dijelaskan tetang Asesmen Kompetensi Minumum (AKM). Untuk diingat kembali bahwa AKM adalah kegiatan asesmen terhadap kompentesi yang fundamental bag siswa. Bertujuan untuk mengembangkan komeptensinya dan dapat hidup di masyarakat dengan partisipasi aktif serta positif dalam lingkungan masyarakat.

Sehubungan dengan ini, maka yang diasesmen adalah kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kemampuan literasi dapat berupa kemampuan kognitif atau kemampuan kognitif siswa. Kemudian, aspek numerasi mengukur kemampuan dalam hubungannya dengan angka-angka dan operasionalnya.

Kemudian, dalam AKM juga dilakukan survei karakter. Karakter yagn dimaksud berupa afektif siswa berkenaan dengan sikap dan nilai serta kebiasaan siswa dalam lingkungan belajar sehari-hari.

Selanjutnya, AKM juga dimaksudkan untuk melakukan survei lingkungan belajar dalam rangka mengetahui mutu pembelajaran di suatu satuan pendidikan.

Sumber Gambar: ruangguru.com

AKM yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini sebagai AKM pertama. AKM akan diterapkan untuk kelas tengah di SD, SMP, SMA. Yakni di kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Dan peserta ditentukan dan dipilih dengan cara random. AKM akan dilaksanakan secara daring dengan pendampingan tenaga teknisi dan pendamping di satuan pendidikan.

Sebagaimana yang telah ditentukan, bahwa secara random peserta di SD terdiri dari 30 siswa. Untuk SMP dan SMA masing-masing terdiri dari 45 siswa. Mulai saat ini, sejak dilaksanakannya uji coba ANBK 2021 tahap pertama, supaya dipersiapkan siswa yang telah ada dan menjadi siswa pesertanya.

Bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimu relatif sama dengan soal-soal terdahulu. Namun, yang membedakan tingkat asesen terhadap daya nalar, sintesis dan kemampuan membaca serta berhitung siswa yang lebih banyak ditekankan. Sehingga, bentuk soal juga menjadi berkembang. Adapun bentuk soal AKM yang akan diujikan adalah Pilihan Ganda, Pilgan Kompleks, Menjodohkan, Jawaban Singkat dan Uraian.

Dalam bentuk pilihan ganda, peserta AKM hanya diperbolehkan memilih satu jawaban paling benar dari setap soal yang disajikan.

Kemudian, pada bentuk soal pilgan kompleks, siswa peserta AKM dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam setiap sajian satu soal.

Bentuk soal menjodohkan, berarti peserta AKM menjawab dengan cara memarik garis dari satu titik ke titik yang lain sebagai pasangan antara pertanyaan dan jawabannya.

Jawaban singkat atau isian singkat merupakan bentuk jawaban dengan cara menjawab dengan cukup singkat dapat berupa: bilangan, kata, nama benda, tempat, kelompok kata dan seabgainya.

Sedangkan bentuk soal uraian merupakan kemampuan peserta AKM dengan menjawab soa berupa kalimat, paragraph dan beberapa uraian kalimat lainnya yang mencerminkan jawaban dari soal yang dimaksud.

Bentuk dan Soal AKM 2021 SD Kelas 5


Nah, untuk lebih memahami tentang AKM, contoh soal, dan cara mencoba AKM dengan penjelasan berupa video dan infografis, dapat membaca juga di laman pusmenjar.kemdikbud. 

Untuk AKM sekolah dasar, yakni siswa kelas 5, maka soal-soal literasi numerasi juga sudah dapat dikunjungai di laman kemdikbud dan platform yang lain, seperti ruangguru.com. Adapun contoh yang dapat dipelajari seperti di bawah ini:

Sumber Gambar: ruangguru.com

Agar para guru pendamping atau guru kelas dapat mempelajari latihan soal AKM jenjang SD kelas 5 dengan mudah, maka dapat diprin atau dicetak. Sehingga siswa dapat mempelajarinya dengan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, dokumen contoh soal AKM kelas 5 SD dapat diunduh di bawah ini.
Contoh Soal AKM 2021 SD Kelas 5 

Contoh Soal Numerasi 


Contoh Soal Literasi >>> Di sini

Contoh Soal Survei Karakter >>> Di Sini

Pemecahan Masalah Soal ANBK Survei Karakter

Gladi Bersih AKM ANBK 2021

Sinkronisasi ANBK

Pecahan Masalah Soal AKM Teks Fiksi

Pemecahan Masalah Soal AKM Teks Informasi

Pemecahan Masalah Soal AKM Numerasi

Sahabat guru yang luar biasa, untuk memeroleh informasi penting lainnya, admin sarankan untuk membaca juga:

Contoh Soal AKM SMP Kelas 8

Contoh Soal AKM SMA Kelas 11

Modul Literasi Numerasi SD Lengkap

Informasi AKM 2021

Seputar KSN 2021

Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK 2021

Tahapan Penting ANBK 2021

Cara Menjawab Soal HOTS AKM 2021

Solusi Cerdas Mengerjakan Soal Sulit ANBK 2021

Kisi-kisi dan Soal AKM Literasi Teks Fiksi

Kisi-kisi dan soal AKM Literasi Teks Informasi

Aplikasi AKM Berbasis Android

Tugas Guru dan Sekolah pada AKM 2021

Pedoman Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2021

Aplikasi AKM Kelas Bagi Guru dan Siswa

Twibbon Ceria Profil Pelajar Pancasila

Terima kasih atas atensinya. Semoga apa yang disajikan dapat menambah semangat dan referensi para siswa. Salam sukses, salam literasi.

12 comments for " Bentuk dan Contoh Soal AKM Kelas 5 Sekolah Dasar (SD)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.