PEMANTAPAN MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

PEMANTAPAN MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Juwie Mutiara Hikmah

 

Pembelajaran bahasa Inggris diberikan di sekolah sebagai pondasi hingga lapisan langit literasi. Hal ini berarti bahwa pembelajaran bahasa Inggris diberikan kepada siswa sedari kelas 4 sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Tak bisa lepas kita dari bahasa Inggris, bersembunyi dimana pun pasti berjumpa dengannya. Bergerak dengan menggunakan apa pun pasti kita ketemu dengan bahasa Inggris. 


Ada yang bertanya manfaat bahasa Inggris untuk siswa sebetulnya untuk apa? Dengan bahasa Inggris yang fasih, kita tentu akan lebih percaya diri ketika berbicara dengan orang asing, artinya orang yang berasal dari negara pengguna bahasa Inggris, kawasan Eropa ataupun Amerika misalnya. Tentu ini meningkatkan peluang para siswa untuk berteman dengan orang lain dari berbagai negara di kawasan tersebut. Bahkan di dunia kerja, kemampuan bahasa Inggris yang baik juga bisa memperluas koneksi  kita.

  Sedangkan kalau ditanya  apa manfaat pembelajaran bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari? Tentu saja, Bahasa Inggris sering digunakan dalam penyampaian informasi dan ilmu pengetahuan baik di media sosial maupun antar teman yang ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Sehingga, masyarakat Indonesia, khususnya siswa,  akan memiliki wawasan yang lebih luas jika dapat berbahasa Inggris dan rutin menggunakannya untuk mencari informasi dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya dalam kehidupannya sehari-hari. Di forum internasional misalnya, komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris, diataranya adalah karena bahasa inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia dan berasal dari dataran Britania yaitu sekitar abad ke 8. Selain bahasa Inggris merupakan bahasa tertua yang ada di dunia, bahasa inggris mempunyai perkembangan kosa kata yang sangat pesat. 

Nah, kalau bertanya mengapa bahasa Inggris sangat penting bagi siswa? Alasan utamanya yaitu pentingnya belajar bahasa Inggris  yaitu untuk peningkatan karirdi masa depan siswa. Dengan modal fasih berbahasa Inggris, karir mereka kelak tentu akan bisa meningkat lebih dibanding yang tidak. Pasalnya, mereka memiliki kemampuan lebih dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sehingga karir mereka bisa menjadi lebih cemerlang. Lalu pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional salah satunya mempermudah pengguna bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama dalam mengembangkan bisnisnya di kancah internasional, karena sifatnya yang universal, tentu saja bahasa Inggris termasuk bahasa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia, maka jika kita menguasai bahasa Inggris, kita dapat memegang dunia pengetahuan  secara luas,meraih bisnis secara menyeluruh karena bisa dikembangkan dengan mayarakat di berbagai penjuru dunia.

Sebagai guru bahasa Inggris hendaknya kita pun juga menanamkan pada siswa cara mempelajari bahasa Inggris untuk komunikasi dalam dunia bisnis, karena dengan menguasai bahasa Inggris dalam bidang bisnis membantu siswa kita untuk berkomunikasi lebih baik dengan para koleganya, klien dan rekan bisnisnya dan juga membantu mereka kelak dalam menghindari kesalahpahaman dalamberkomunikasi. Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang akurat  dapat  menumbuhkan kepercayaan diri siswa kelak,  mengingat percaya diri (self- confidence) merupakansalah satu elemen penting dalam komunikasi bisnis.

Selain itu, bagi peserta didik atau siswa kita, karena bahasa Inggris diperlukan untuk  bisa mempelajari ilmu yang ada di penjuru dunia, memahami bahasa yang dipakai dalam buku pegangan siswa kelak diperguruan tingginya, serta dapat  memberikan peluang yang besar untuk bisa bersaing di dunia internasional,maka semestinya sebagaiguru bahasa Inggris kita ajak siswa atau anak didikkita untuk membiasakan diri menggunakannya baik dalam lisan maupun tulisan, sebab itulah cara untuk membiasakan merekaagar cepat bisa dan mampu dalam berbahasa Inggris.  

Kalau begitu, apa tujuan pengajaran bahasa Inggris? Sebagai pengajar bahasa Inggris tentunya paham bahwa tujuan pembelajaran bahasa Inggris adalah agar siswa dapat memahami konteks bahasa Inggris baik dalam buku pelajaran mereka,maupun untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan maupun tulis secara lancar dan sesuai dengan konteks sosialnya dalam kehidupan sehari-hari  (Depdiknas, 2003: 15). Di sisi lain, pengajar  bahasa Inggris juga memahami bahwa kompetensi bahasa Inggris siswa mencakup keterampilan: mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Dengan keempat kompetensi tersebut, layaklah kiranya siswa untuk terjun di masyarakat secara mantap dan percaya diri, sebab ketika siswa bercakap-cakap  dengan penutur bahasa Inggris, dia dapat juga mendengarnya dengan baik,dia dapat berkomunikasi dengan tepat dan cepat, dia dapat menyampaikan idenya dengan lugas dan jelas, bahkan dia dapat menuliskan apa yang dikehendaki oleh lawan bicaranya sesuai dengan yang diharapkan.

Pengalaman saya mengajarkan bahasa Inggris di tingkat SMA, sangat menyenangkan, karena siswanya lebih aktifdan kreatif dalammenggunakan bahasa Inggris, walaupun ini era digital, sebagai  anak remaja,mereka masih banyak yang berinisiatif menuangkan uneg-unegnya  dalam diary sebagai wadah untuk menuliskan apa yang mereka rasakan dalam bahasa Inggris. Bagi saya,salah benar usuran belakang,yang penting mereka sudah membiasakan dirinya untuk mengingat kosakata dalam bahasa Inggris yang mereka miliki, membiasakan dirinya untuk menuangkan menjadi tulisan, bahkan terkadang mengungkapkannya dalam suatu cerita pada teman dekatnya. 

Pernah juga, merekah berkeluh kesah pada saya tentang perasaannya yang sedih kala itu dalam bahasa Inggris,yang mereka tuangkan dalam chat WA. Langkah saya menyikapi hal itu, dengan cara satu, membacanya apa yang dia curhatkan layaknya saya sebagai sahabatnya, kedua,  untuk menyemangati kemampuan bahasa Inggrisnya, saya pun berusaha membalas chatnya dalam bahasa Inggris, dengan rasa tetap berbaik sangka dia pun memahami apa yang saya maksud. Ketiga, memberi apresiasi tinggipadanya untukterus aktifbelajar bahasa Inggris. Keempat, mengajaknya mengikuti ajang lomba-lomba bahasa Inggris agar percaya dirinya dalam berbahasa Inggris tetap tersalurkan. 

Untuk memupuk kemampuan bahasa Inggris mereka, biasanya saya melatih kemampuan bahasa Inggris mereka untuk bertutur bahasa Inggris dengan teman-temannya,supaya kemampuan berbicaranya tetap dan terus terasah. Sedangkan untukmelatih kemampuan kosa katanya saya mengajak siswa saya untuk menterjemahkan wacana atau teks bahasaInggris secara konteks ( contextual learning), sehingga siswa dapat berpikir secara cepat dan tepat dalam menanggapi masalah yang ada dalam bahasa Inggris (problem based-learning). 

Harapan saya ke depan, dengan pemantapan pembelajaran bahasa Inggris yang saya tanamkan,siswa  dapat dengan tangkas dan tanggap dalam menyelesaikan permasalahan bahasa Inggrisnya, dengan mudah mereka menyelesaikannya,dan dengan inisiatifnya mereka mudah mengembangkan dirinya terjun ke kancah bisnis internasional.

 Demikianlah secuil prakatadari sayatetang pemantapan manfaat pembelajaran bahasa Inggris,baik  dalam pengajaran kita maupun dalam kehidupan siswa dikemudian harinya.

Salam Literasi, Lumajang cerah, 21323 

 

BIONARASI

 

Nama dan gelar penulis adalah Dwi Lestariningsih,S.S.,M.Pd. Berpendidikan bahasa dan sastra Inggris- Jerman di STIBA Malang,dan melanjutkan pendidikannya di Magister Pendidikan bahasa Inggris di Universitas Islam Malang.

Penulis tetap aktif melaksanakan kegiatan tulis-menulis di berbagai komunitas.Yang pertama, bersama Bapak Alee dan Pak Haji Syaikhu di Media Guru Indonesia,hingga menghasilkan beberapa karya.   Kedua bersama penerbit Temalitera menghasilkan beberapakarya antologi puisi. Semoga karya ini lolos kurasi,sehingga dengan saya memiliki kumpulan esai pendidikan inibersama Bapak Alee.

Sukses selalu, salam literasi, 21323  

 


Post a Comment for "PEMANTAPAN MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS"