Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM

Pena Pendidikan-Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM. Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM merupakan contoh yang diambil dari bukti karya PMM. 


Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM

Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM ini ditulis oleh Ibu Leny Vitriasari dari SDN 86 Cimincrang.

Adapun secara keseluruhan, Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM adalah sebagai berikut.

Halaman Cover

Isi Laporan Supervisi, memuat sebagai berikut.

Pelaksanaan Supervisi kali ini dilaksanakan dikelas 6 dengan guru model. Beliau dipilih menjadi guru model karena beliau adalah salah satu asset SDM guru yang dimiliki oleh sekolah SDN 086 Cimincrang, seorang guru muda yang baru lulus PPPK yang perlu dikembangkan agar tumbuh semakin baik. Pada dirinya terdapat benih – benih ruh titisan KHD yang perlu dipupuk agar semakin berkembang dengan lebih baik. Selain itu juga supervisi ini akan bermanfaat untuk persiapan beliau dalam menanti panggilan untuk mengikuti PPG Daljab. Kegiatan Supervisi dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

1. Pra Supervisi

Dalam pra supervisi, penulis berdialog dengan guru model terkait rancangan pembelajaran yang dibuatnya, pada rancangan pembelajaran penulis mengajarkan bagaimana aturan dalam menyusun tujuan pembelajaran kegiatan awal inti dan akhir pembelajaran, kami mendiskusikan juga terkait model dan metode yang dipilih dalam rancangan pembelajaran berdiskusi tentang TPACK, model pembelajaran PBL berikut tentang pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu juga kami mendiskusikan terkait yang praktik kerja yang dipilihnya di PMM berikut model pembelajaran yang dipilihnya. Penulis mendiskusikan tentang praktik kinerja yang dipilihnya aktivitas apa yang dipilih dalam PMM. Dari hasil diskusi diperoleh bahwa praktik kinerja yang dipilih oleh guru model adalah aktivitas interaktif, guru model memilih 2 indikator yaitu upaya pembelajaran yang memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik untuk peningkatan efektifitas pembelajaran. Penulis juga berdiskusi tentang tanggal pelaksanaan observasi.

2. Pelaksanaan Supervisi

Pada hari pelaksanaan supervisi, penulis melakukan pengamatan pada guru model dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pengamatan observasi mengunakan instrumen yang telah ditentukan sebelumnya yaitu berdasarkan observasi di PMM. Untuk kegiatan supervisi kali ini focus observasi yaitu ke guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik, guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berfikir kritis. Pelaksanaan pembelajaran berjalan baik guru sudah melakukan hal terbaik yang bisa ia lakukan. Akan tetapi masih ada hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan kelas yaitu pada saat guru memfasilitasi pembelajaran masih ada peserta didik yang berada dalam kondisi yang belum siap untuk belajar yang luput dari perhatian guru.

3. Pasca Supervisi

Pada proses ini penulis dengan guru model merefleksikan pembelajaran yang sudah dilakukan dan hal – hal apa yang sudah baik dalam pembelajaran dan hal apa yang masih perlu ditingkatkan dalam pembelajaran. Selain itu juga proses refleksi dalam pembelajaran dengan menggali apa yang sudah dirasakan baik oleh guru model, apa yang sebaiknya dilakukan menurut guru model dan juga berdasarkan pengamatan penulisd. Ada banyak hal yang sudah baik yang terlihat dari guru model dan ada beberapa yang harus diperbaiki dan pemberian umpan balik serta upaya pengkondisian tindakan perbaikan yang harus dilakukan oleh guru yang disupervisi. Kegiatan refleksi pasca supervise ini ditindaklanjuti dengan memberikan alternatif tindakan yang akan ditempuh sesuai dengan kesulitan atau kelemahan yang ditemukan ada pada guru, membuat rencana tindakan yang mencakup kapan, dimana, siapa yang terlibat, serta bagaimana langkah–langkah tindakan tersebut dilakukan. Adapun upaya mempelajari difasilitasi untuk melihat praktik baik penulis sebagai rekan sejawat dan juga melihat praktik baik rekan sejawat yang lain, memberikan fasilitas untuk belajar lebih banyak di PMM dan juga memberikan bimbingan lanjutan melalui coaching untuk menggali potensi yang baik yang sudah dimiliki guru model dan mentoring untuk menambah keterampilan dan memperbaiki apa yang masih harus dikembangkan.

Dokumentasi Supervisi

Penjelasan Cara Menyusun Laporan Supervisi


Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM

Silakan Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM

Kumpulan Dokumen Supervisi: DI SINI

Unduh Contoh 1: DI SINI

Unduh Contoh 2: DI SINI

Dokumen Unduhan Laporan Supervisi: Here

Demikian Informasi tentang Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Download Contoh Laporan Supervisi Akademik Terbaru Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja di PMM"