Panduan Mudah Membuat Blog Pribadi yang Sederhana dan Gratis

Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, menjadikan batas-batas dunia maya tidak tersekat lagi. Para sahabat dapat berselancar ke belahan dunia manapun hanya melalui internet. Apa yang kita butuhkan terkait dengan beragam informasi, hampir semuanya ada dan kita temukan. Mungkin saja, sudah tidak terhitung beragam informasi dari berbagai bidang yang ada di dunia maya ini.

Bahkan, tanpa kecakapan digital yang superhebat, seseorang sudah bisa menjelajah dunia internet dengan mudah, kapan saja, di mana saja dan menggunakan media apa saja asalkan ada sambungan jaringan internet.

Memang, selama ini kita dan mayoritas masyarakat awam pada umumnya, hanya menjadi penikmat dan penjelajah internet. Banyak sekali orang-orang hebat dan cerdas dalam memanfaatkan dunia maya ini untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Bahkan juga berbisnis.

Maka, tidak jarang kita menjumpai ragam bidang dan keahlian tersedia di internet. Misalnya, kita membutuhkan informasi tentang pendidikan, kesehatan, olah raga, lingkungan, hobi, kuliner, otomotif, teknologi digital, barang elektronik, berita, tutorial, aplikasi dan apapun, lengkap bisa dibaca dan dipelajari di internet.


Nah, setiap bidang itu banyak yang ditulis oleh orang yang memang memiliki keahlian, spesisikasi, passion, kebiasaan, pekerjaan, dan bergelut di bidang itu. Sehingga apa yang menjadi bidang area yang dikuasainya, dengan mudah ditulis dan dipublish di internet. 

Publikasi di internet itu menggunakan platform yang diberdayakan, dikelola, dikembangkan, dan diisi kontennya oleh seseorang. Maka, selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh orang lain sebagai salah satu sumber informasi yang dibutuhkannya.

Jika seseorang membutuhkan informasi tentang pendidikan atau kesehatan, maka cukup menulis kata kuncinya di laman internet. Sehingga sederet informasi yang relevan akan segera muncul. Bahkan, jutaan informasi yang sesuai dan terindeks di google itu akan muncul. Kemudian, kita bisa mendapatkan apa yang kita cari.

Nah, pertanyaannya, dapatkah kita menjadi salah satu orang yang bisa berbagi informasi di internet? Maksudnya kita mengelola salah satu platform sebagai media informasi untuk berbagi?

Jawabannya, sangat bisa. Sangat Mungkin. Bergantung pada diri kita ini mau menggunakannya atau tidak. Perlu diketahui bahwa di antara platform media untuk menulis kita di google, antara lain blogger dan wordpress. Platform lainnya juga masih ada. Tetapi, di kalangan sahaba admin aleepenaku.com, kedua paltfom itu paling banyak digunakan.

Nah, Blogger maupun Wordpress bisa kita gunakan sebagai media kita berbagi. Salah satu keduanya, atau keduanya bisa menjadi Blog kita sendiri. Dalam mengembangkan blog tersebut, kita tidak saja berbagi tulisan. Namun, juga bisa berbagi gambar, infografis, video dan sebagainya. Bergantung konten apa yang diiginkan dan sesuai dengan passion kita.

Blog itu juga bisa menjadi rekam jejak digital kita. Khususnya menjadi portofolio digital tulisan kita. Sehingga, dalam mengelola blog, kita wajib menulis untuk kontennya. Menulis sambil belajar adalah hal yang wajar. Dari belajar itulah kita akan mendapatkan banyak pengalaman. Dan dengan pengalaman itulah kita bisa berkembang, sekaligus semakin banyak berbagi kepada orang lain.

Kalau sudah memahami tentang pengertian, tujuan dan manfaat blog, sekarang bagaimana cara memulainya? Cara membuatnya, jika kita benar-benar memulai dari awal?

Jangan khawatir, kali ini aleepenaku berusaha berbagi pengalaman membuat blog sederhana dan gratis. Khususnya menggunakan platform Blogger. Meskipun, kami juga masih belajar dan mencoba terus belajar. Sebab, basic admin bukanlah orang yang ahli digital, teknologi pemrograman, teknik komputer jaringan dan sejenisnya. Admin, juga benar-benar awam tentang dunia teknologi ini. Tetapi, belajar sepenuh hati dan keinginan untuk bisa, perlu ditanamkan. Agar benar-benar terwujud bisa membuat dan menulis di blognya.

Memulai membuat Blog Sederhana dan Gratis

1. Silakan sahabat penaku, login ke Blogger.com.


Perhatikan tampilan di atas. Silakan pilih created your blog dengan akun google kita. 



2. Selanjutnya akan tampil sepreti gambar di atas. Kita buat judul Blog kita. 

3. Masukkan URL atau alamat Blog kita. Pilih kata-kata yang unik atau sesuai dengan keinginan sahabat. Upayakan relevan dengan tema tulisan blog (niche).

4. Kemudian,klik simpan dan selesai.


5. Selanjutnya akan menuju ke alamat dashboard seperti pada gambar di atas. Pada halaman dashboard ini, sahabat bisa menjelajah fungsi setiap tombol yang ada di sebelah kiri. Yakni memuat tombol dan fungsinya:

Postingan baru, memosting tulisan baru. Siapkan judul, isi dan label.

Postingan, daftar tulisan yang diposting.

Statistik, menunjukkan info grafis tentang tulisan kita.

Komentar: halaman komentar oleh pembaca

Penghasilan: layanan untuk bisa monetasi blog kita.

Halaman: Tampilan halaman pada blog kita.

Tata Letak: desain tata letak secara visual blog kita.

Tema: adalah tema desain blog. Bisa memilih tema standar atau menyalin dari template gratis di banyak situs yang menyediakan atau template berbayar. Template berbayar tentu saja banyak kelebihannya.

Setelan: pengaturan Blog kita.

Daftar Bacaan: daftar bacaan dari blog lain yang bisa kita manfaatkan untuk membaca.

Lihat Blog: kita bisa melihat tampilan blog kita yang juga dilihat secara umum di google.

Tampilan di paling atas adalah contoh tampilan blog tentang lingkungan dengan materi seputar rawatan dan tips beraktivitas di rumah atau keluarga kita.

Untuk memeroleh informasi tentang Blog, Template, Domain, dan sebagainya,para sahabat dapat menelusuri banyak situs atau web yang relevan guna lebih banyak lagi belajar dan mencari pengetahuan.

VIDEO TUTORIAL MEMBUAT BLOG SEDERHANA DAN GRATIS



Informasi lainnya dapat dibaca juga:

Sasaran penerima Kuota Data dan Bantuan UKT 2021

Pedoman Akreditasi Sekolah/ Madrasah 2021

Terima kasih atas perhatiannya, semoga pengalaman yang admin aleepenaku bagikan dapat bermanfaat. Salam sehat.


151 comments for "Panduan Mudah Membuat Blog Pribadi yang Sederhana dan Gratis"

  1. Trimakasih Ilmunya Mas.. Luar Biasa..keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap..makasih ..atas kunjungannya

      Delete
    2. Trimakasih...smg bisa menjadi bloger jg👍

      Delete
  2. Alhamdulillah...Pak Ali luar biasa sll berbagi ilmu buat kita2 ...
    Keren...mksh Pak...
    Barokallah...

    ReplyDelete
  3. Selamat dan sukses Pak Kyai, saya pertama kali berkunjung ke blog leepenaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Haji, semoga bermanfaat

      Delete
  4. Alhamdulillaah... setiap kebaikan akan mendatangkan kebaikan , bahkan dgn banyak kebaikan. Smg senantiasa Allaah memberikan kesuksesan , manfaat , barokah. Aamiinn

    ReplyDelete
  5. Terimakash Pak Ale, ilmu yg sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat

      Delete
  6. Replies
    1. Terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat

      Delete
  7. Terima kasih ilmunya... Praktiknya pelan2 nyambi koreksi

    ReplyDelete
  8. Terimakasih P Alee ilmu.... belajarnya pelan-pelan nggih...

    ReplyDelete
  9. Bagus pak Ale.
    Ini pengalaman pertama sy mengunjungi blog bapak.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih, mudah-mudahan bisa aktif juga berkarya melalui blog

    ReplyDelete
  11. Barakallah. Terima kasih Pak Ali, kali pertama masuk di blog ini...semoga pahala jariahnya tak terhenti..berbagi dan terus berbagi ilmu. Sehat selalu

    ReplyDelete
  12. Terima kasih, Pak Alee. Enjoy sekali

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, terima kasih ilmunya, Pak Alee

    ReplyDelete
  14. Memiliki blog pribadi, membuat kita bebas untuk berkreasi

    ReplyDelete
  15. Memiliki blog pribadi membuat kita bisa berkreasi

    ReplyDelete
  16. Terimakasih ilmunya pak alee, sangat bermanfaat dan menginspirasi. InsyaAllah nnti sy akan coba buat blog sederhana untuk bisa berbagi seperti pak alee.

    ReplyDelete
  17. Materi literasi, Pak Ali acapkali menginspirasi dan memesona. Kali ini saya mau focus dengan informasi yang baru saja dishare di grup baru netas (FPB) Salam sehat dan terima kasih, Pak Ali yang ramah berbagi.

    ReplyDelete
  18. Terima kasih Ilmuy Pak. Sangat bermanfaat buat semua. Kemajuan tekhnologi membuka wawasan kita, menambah pengalaman, sahabat.

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat. Silakan share jika bisa membantu banyak sahabat lainnya.

      Delete
  20. Alhamdulillah dapat ilmu terus dari Pak Alee...makasih, sangat bermanfaat..semoga berkah.. aamiin 🀲

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah dapat ilmu terus dari Pak Alee.. sangat bermanfaat.. semoga panjang umur, sehat selalu... salam berkah.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih Pak Alee. Sangat bermanfaat. Salam sehat selalu.

    ReplyDelete
  23. Terima kasih ilmunya pak Alee, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  24. artikelnya sangat bagus jika membutuhan refrensi bisa cek di sini http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1296-manfaat-pepaya-bagi-kesehatan-2

    ReplyDelete
  25. Syukron..
    Smg tambah sukses barokah.

    ReplyDelete
  26. Terima kasih ilmunya Pak Ali, sangat bermanfaat. Semoga semakin sukses.

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah saya mendapatkan ilmu yg luar biasa terima kasih Bpk Ali, semoga ilmunya bermanfaat 🀲

    ReplyDelete
  28. Saya mengenal blog dari Bpk Ali, di usia senja. 😊seru juga . Bahkan meski baru kenal saya mencoba menugasi siswa pas libur kemarin tuk menulis salah satu catatan harian berkesanya di blog. Ternyata blog menjadikan kita bahagia.

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah ilmu nya sangat bermanfaat sekali, keren

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillaah sudah bisa kutak katik blog pribadi..masih harus banyak belajar lagi Pak untuk.lebih mempercantik temanya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  31. Sudah saya baca Pak, trims wawasannya, lain kali minta tips membaca blog tanpa iklan🀭🀭🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atensinya

      Delete
    2. Terimakasih ilmunya pak Ali. Sangat bermanfaat 🙏

      Delete
  32. Niat awal membuat blog yang saat ini saya kelola adalah sebagai "wadah" untuk menampung tulisan-tulisan saya yang nantinya akan saya bukukan. Namun niat ini berubah, tidak hanya untuk hal itu belaka, tapi meluas. Meskipun isinya masih berkisar pada soal literasi dan pendidikan. Dan postingan artikel Pak Ali ini semakin memperkukuh niat saya tadi. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  33. Terimakasih ilmunya semoga mampu untuk membuat blog sebagai media untuk meningkatkan branding diri dan memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Tekhnologi selalu bergerak maka kita berusaha untuk beradaptasi dengannya. Salam semangat dari bumi Burneh NurAini-LINK

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak atas Pencerahannya, untuk admin Aleepenaku artikel ini sangat kerren dan bermanfaat tentunya bagi saya khususnya dan umumnya buat kawan kawan calon Bloger Milenial masa depan, salam sehat dan sukses selalu

      Delete
  35. Oh iya utk pa Ali terima kasih banyak smoga sehat selalu dan sukses dunia akhirat. Aamiin

    ReplyDelete
  36. Terimakasih,,smoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  37. Terima kasih sudah memberikan pengetahuannya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  38. Trimakasih sharing ilmunya pak Alee.Tentunya sangat bermanfaat materi ini bagi blogger pemula. Saya sering following tulisan-tulisan jenengan, dan sangat suka karena bermanfaat banget.semoga Pak Alee sehat selalu dan tetap tebar manfaat.

    ReplyDelete
  39. Sangat menginspirasi, pernah dulu coba2 membuat alhasil vakum lagi karena kesibukan dan lain hal serta kurangnya pengetahuan tentang IT. Semoga kembali bersemangat untuk belajar Mas, mohon tunjuk ajarnya 🙏

    ReplyDelete
  40. Ternyata mudah bikin blog. Tak sejlimet yg ku kira. Makssihhh ilmunya...🙏

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah, ajari Istiqomah pak dosen yang luar biasa

    ReplyDelete
  42. Mau belajar lagi

    ReplyDelete
  43. Semoga bermanfaat dan terus maju pak alee

    ReplyDelete
  44. Semoga bisa niru

    ReplyDelete
  45. Terimakasih pak Alie ilmunya..masih ingat saya ?teman mencari ilmu di lab bahasa Unesa 7 tahun silam,bersama mas Eko dan pak Ikhsan,Salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  46. Luar biasa, terima kasih ilmunya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  47. Terima kasih atas penyampaiannya pak sangat bermanfaat dalam pembelajaran membuat blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  48. Terima kasih ilmunya Pak Alee. Saya InsyaAllah siap mengikuti langkah-langkah berikutnya. Salam sehat dan sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Mantap. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  49. Terima kasih atas Ilmunya, sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  50. Trims atas ilmunya pak Alee...

    ReplyDelete
  51. Mantap. Ilmunya sangat luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  52. terima kasih pak ilmunya dari blitar jawa timur

    ReplyDelete
  53. terima kasih ilmunya pak salam dari blitar jawa timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  54. Terima kasih Pak Alee, sudah berbagi ilmu dan memberi inspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atensinya. semoga bermanfaat.

      Delete
  55. Terima kasih Bapak. Bermanfaat sekali.Kereen

    ReplyDelete
  56. Terimakasih pak atas ilmunya.
    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  57. Terima kasih pak master.
    Semoga bisa selalu berbagi ilmu yg bermanfaat.

    ReplyDelete
  58. alhamdulillah, dapat ilmu menambah wawasan. makasih mas

    ReplyDelete
  59. Terimakasih bapak alee..sangat bermanfaat..🙏

    ReplyDelete
  60. Alhamdulillah. Terimakasih ilmunya pak.

    ReplyDelete
  61. Terima kasih Pak, terakhir membuat blog saat masih mahasiswa. Membaca artikel ini seperti mereferesh ilmu yang hampir terlupakan. Semoga semangat menulis kembali membara.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.