Pedoman Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Jenjang SD/ MI, SMP/ Mts, SMA/MA, SMK/ MAK dan SLB/ MLB untuk Akreditasi Sekolah

Dokumen Akreditasi Sekolah atau Madrasah merupakan seperangkat instrumen yang dibutuhkan dalam melaksanakan akreditasi sekolah atau madrasah. Dokumen tersebut dapat berupa: pedoman atau Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP), dokumen sekolah berupa bukti-bukti pengelolaan sekolah, mutu guru, capaian pembelajaran, dokumen sarana prasarana, dan segala sesuatu yang disayaratkan dalam akreditasi sekolah.

Nah, untuk mengingat kembali, bahwa berdasarkan Peraturan Mendidbu RI No 13 Tahun 2018 dijelaskan tentang Akreditasi. Sebab, Permendikbud ini mengatur tentang Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/ Madrasah dan BAN PAUD dan Pendidikan Nonformal.

Dalam pasal permendikbud tersebut dijelaskan tentang definisi akrrediasi. Yakni kegiatan kelayakan sekolah atau satuan pendidikan dasar dan menengah, PAUD dan pendidikan nonformal berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Tujuannya adalah untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

Kemudian, sahabat juga perlu memahami bahwa Badan Akreditasi Nasional (BAN) S/M dan BAN PAUD dan PNF adalah badan evaluasi mandiri. BAN ini berhak menetapkan kelayakan sekolah atau satuan pendidikan dasar, menengah, PAUD dan nonformal dengan mengacu pada SNP.

Gambar Cover BAN S/M IASP

Namun, berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah dapat dijelaskan beberapa pertimbangan yang ditulis dalam beberapa diktum, yang intinya adalah sebagai berikut.

Dalam diktum pertama disebutkan bahwa dalam rangaka melaksanakan ketentuan Pasal 20 ayat (1) Peraturan Mendikbud Nomor 13 Tahun 2018 itu, yakni tentang tentang BAN S/M dan BAN PAUD dan PNF perlu menetapkan kriteria dan perangkat akreditasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Serta diktum lainnya dapat dibaca dalam Keputusan Mendikbud RI No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sahabat guru dan satuan pendidikan dapat menelusuri juga di laman bansm.kemdikbud.go.id/.

Nah, dalam Keputusan Kesatu Mendikbud RI No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah, ditetapkan: Kriteria dan Perangkat Akreditasi sebagaimana tercantum dalam Lampiran I, II ,III,IV dan V sebagai keputusan yang tidak terpisahkan.

Lampiran-lampira tersebut antara lain:
Lampiran I: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI
Lampiran II: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/ MTs
Lampiran III: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/ MA
Lampiran IV: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMK/ MAK
Lampiran V: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SLB

Sedangkan Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) yang merupakan hasil uji coba IASP tahun 2020 berisi instrumen sebagai berikut.

A. Butir Kinerja Inti

Mutu Lulusan

Proses Pembelajaran

Mutu Guru

Manajemen Sekolah Madrasah

B. Butir Kinerja Kekhususan

Mutu Guru

C. Butir Pemenuhan Relatif

D. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi

Teknik Penskoran

Pemerintkatan Hasil Akreditasi

Kemudian, bagi satuan pendidikan yang akan melaksanakan Akreditasi, agar memahami peraturan yang berlaku tentang Akreditasi dan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Tujuannya adalah agar dapat mempersiapkan diri sesuai dengan acuan dokumen serta dapat menyiapkan dokumen bukti fisiknya.

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 yang dapat diunduh adalah sebagai berikut.

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 SD/ MI >>>>> Unduh Instrumen

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 SMP/ MTs >>>>> Unduh Instrumen

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 SMA/ MA >>>>> Unduh Instrumen

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 SMK/ MAK >>>>> Unduh Instrumen

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 SLB/ MLB >>>>> Unduh Instrumen

Salinan Keputusan Mendikbud No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Dikdasmen >>>> Unduh Dokumen


Dokumen lain yang mungkin dapat dipelajari bisa dibaca juga 

IASPK Tahun 2019

Perangkat SPK SD, SMP, SMA

Untuk memeroleh informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Cara Praktis Menerapkan Google Workspace for Education

Buku Pedoman PKG (Buku 1-5) Lengkap

Panduan GLS SMP Sederajat

Pedoman PKB Guru untuk Naik Pangkat

Untuk memeroleh informasi akreditasi PT, bisa kunjungi juga laman akreditasi.me.

Terima kasih atas kebersamaannya. Semoga informasi isntrumen ini dapat bermanfaat untuk guru dan satuan pendidikan. Sahabat aleepenaku dapat menjelajah informasi yang dibutuhkan di blog sederhana ini. Salam Literasi.

3 comments for "Pedoman Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Jenjang SD/ MI, SMP/ Mts, SMA/MA, SMK/ MAK dan SLB/ MLB untuk Akreditasi Sekolah "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.