Modul Belajar Mandiri PPPK (Calon Guru ASN) Jenjang Sekolah Dasar 2021

Proses pendaftaran seleksi PPPK tahun 2021 telah selesai. Para peserta yang telah mendaftar, segera menyiapkan diri untuk belajar. Selain berdoa, maka sangat penting pula berusaha dengan cara belajar.

Sebagaimana amanat dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005, bahwa guru merupakan petugas profesi dengan tugas utama mengajar. Dimulai dari mempersiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut pembelajaran.

Kata profesi, mengandung makna yang melekat, yakni profesional. Artinya, seorang guru sebagai tenaga pengajar haruslah profesional dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya. Profesional berarti mampu menempatkan diri sebagai orang yang mahir dalam melaksanakan transformasi pengetahuan, termasuk dalam menerapkan berbagai metode mengajar yang mutakhir.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang guru, bahwa guru harus memiliki kompetensi yang memadai. Kompetensi guru yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Kompetensi pedagogik, terkait dengan bagaimana guru mengajar, menerapkan metode, memahami karakteristik siswa dan sebagainya.

Kompetensi pribadi, seorang guru harus mampu menampilkan individu atau pribadi yang mantap, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhla mulia, jujur, berintegritas, tanggung jawab dan sebagainya.

Kompetensi sosial berarti guru harus mampu menempatkan diri dalam ranah sosial, interaksi sosial, peka sosial, dapat bersosialisasi dengan baik. Antara guru dengan guru, dengan siswa, dengan masyarakat dan dengan siapapun.

Kompetensi profesional berarti guru harus mampu mengembangkan pembelajaran, alat peraga, media pembelajaran, mengembangkan metode pembelajaran, teknologi pembelajaran, berkarya inovatif, kreatif dan berwawasan global serta peka terhadap perkembangan dan tantangan dunia pendidikan.

 


Nah, begitu berat tugas guru, maka pemerintah melalui Kemdikbud yang melakukan seleksi PPPK Guru, maka diharapkan akan dihasilkan calon guru PPPK yang benar-benar memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai.

Banyak hal yang telah dilakukan oleh kemdikbud dalam meningkatkan mutu pendidikan, termasuk mutu gurunya. Berbagai seminar daring, pelatihan, workshop dan pendampingan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Salah satu yang juga diupayakan menghasilkan calon guru PPPK tahun 2021 adalah tes seleksi yang memuat beberapa materi ujian, yaitu:

Kemampuan sosio kultural

Kemampuan manajerial

Kemampuan pedagogik

Kemampuan nalar, logika

Kemampuan profesional

Kemampuan mata pelajaran (Kelas SD)

Kemampuan diwawancara

Dan kemampuan lain yang disyaratkan. Misalnya untuk guru PAUD, guru mata pelajaran umum dan PAI serta PJOK.

Calon guru PPPK daat berbahagia sekali. Sebab, rekrutmen ASN PPPK Guru tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya. Tahun ini yang boleh mendaftar adalah guru honorer di semua jenjang sekolah, terdaftar di Dapodik serta guru yang memiliki sertifikat PPG yang belum mengajar.

Dalam rangka membantu para calon guru PPPK, pemerintah melalui Ditjen GRK memberikan alternatif yang sangat membantu calon ASN ini, yaitu Modul Belajar Mandiri bagi calon ASN PPPK Guru tahun 2021. Tentu, ini harus disambut dengan gembira dan memaksimalkan waktu untuk belajar.

Sehingga diharapkan lulusan PPPK nanti akan memiliki kualitas yang baik. Dan tentu akan berdampak baik pula pada peningkatan mutu pendidikan pada masa berikutnya.

Kemudian, untuk jenjang Sekolah Dasar, Modul Belajar yang disiapkan antara lain, dapat diunduh di bawah ini.

Modul Belajar Sosio Kultural >>> Unduh Berkas

Modul Belajar Kemampuan Manajerial >>> Unduh Berkas

Modul Kompetensi Pedagogik >>> Unduh Berkas

Modul Belajar Kompetensi Profesional (Mapel SD, Bakat dan Paket lainnya) >>> Cek Di sini

Modul PPPK Bidang Studi Matematika SMP, SMA >>> Di sini

Demikianlah modul belajar mandiri yang dapat dipelajari. Para calon ASN PPPK Guru SD dapat mncari tambahan informasi lainnya atau mengunjugi laman datadikdasmen. Perlu diketahui bahwa dalam setiap modul di atas, terdiri dari 4 atau lebih modul yang harus diunduh dan dipelajari.

Semoga sukses dan mengabdi untuk Negeri. Mohon untuk teman lainnya agar dibantu pula. 

Untuk informasi penting lainnya, dapat di baca juga:

 Modul Belajar Mandiri PPPK (Calon Guru ASN) Jenjang SMP, SMA Tahun 2021   

Dokumen Penting PPPK

Kesesuaian Kualifikasi Akademik PPPK

Petunjuka Teknis Pelaksanaan PPPK

Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

1 comment for " Modul Belajar Mandiri PPPK (Calon Guru ASN) Jenjang Sekolah Dasar 2021 "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.