Guru Madrasah Bisa Ikut Seleksi Instruktur Nasional dan Instruktur Provinsi Bimtek Kemenag 2021, Ayo Daftar


Para sahabat yang berbahagia, tiada kata yang paling indah, kecuali kita senantiasa mengucapkan syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, atas nikmat, taufik dan hidayah-Nya kita tetap dalam lindungan-Nya. Semoga senantiasa dalam rahmat-Nya.

Pandemi yang melanda negeri kita, telah banyak mengubah tatanan di berbagai bidang. Baik ekonomi, maupun pendidikan. Dalam konteks pendidikan, kebijakan BDR dan WFH menjadi pilihan agar tetap terhindar dari penularan virus korona. Kebijakan strategis tersebut telah dilaksanakan hampir dua tahun. Sehingga, praktis KBM dilaksanakan dengan pola PJJ.

Namun, kita semua sebagai pendidik, orang tua dan warga sekolah tidak boleh menyerah. Pendidikan harus terus berjalan. Bahkan harus ditingkatkan dengan berbagai model dan metode mutakhir. Apalagi, telah dikenalkan dengan hybrid learning. Integrasi pembelajaran asinkronous dan sinkronous. Ini tentu telah dilaksanakan oleh kita semua.  


Di lingkungan Kementerian Agama RI, pada tahun ini insyaAllah akan dilaksanakan AKMI. Yaitu, Asesemen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan jadwalnya, sekitar bulan Oktober 2021. dan sasaran AKMI adalah kelas 5 MI.

Sebagaimana yang diinformasikan di laman kemenag.go.id bahwa Asesmen Kompetensi MI tahun ini bertujuan untuk mengukur iterasi numerasi, membaca, sains dan sosial buda peserta didik kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan pelaksanannya dilakukan secara dari, dengan CBT. Dalam rangka kegiatan ini, maka proktor di seluruh wilayah harus menyiapkan diri sesuai dengan petunjuk yang dipandu oleh TIm Direktorat KSKK. Selengkapnya, dapat dibaca juga di laman kemenag.go.id/read/.

Nah, untuk menindaklanjuti AKMI ini, kemenag akan melakukan seleksi Instruktur Bimtek. Tentu ini menjadi peluang bagi sahabat di lingkungan Kementerian Agama RI. Sebagaimana yang telah diinformasikan di laman resmi kemenag.go.id bahwa Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI membuka registrasi Instruktur Bimtek ini, sejak tanggal 5 hingga 19 Agustus 2021.

Siapakah yang boleh mendaftar?

Calon peserta instruktur Bimtek ini bisa berasal dari berbagai jabatan profesi di Kemenag, yaitu:

Guru Madrasah

Pengawas Madrasah

Widyaiswara

Dosen PT

Dengan demikian, bagi sahabat yang berprofesi seperti yang disebutkan di atas, memiliki peluang untuk mendaftar dan menjadi Instruktur Bmtek. Bagi yang belum mendaftar, maka berkas yang telah ditentukan dapat diunggah ke laman pendaftaran, yaitu di laman https://madrasahreform.kemenag.go.id/event/home. 

 

Dalam kegiatan rekruitmen ini, pemerintah melalui Kementerian Agama RI akan merekrut Instruktur Nasional dan Instruktur Provinsi. Kemudian, setiap peserta diwajibkan mengikuti tahapan yang telah ditentukan. Sedangkan tes seleksi meliputi:

Seleksi administrasi berupa dokumen dan syarat yang ditentukan.

Tes tulis yang akan dilakukan dengan cara daring, dan

Tes wawancara.

Untuk Calon Instruktur Nasional, ada peluang sekitar 20 orang dan sebanyak 272 orang untuk Calon Instruktur Provinsi. Keseluruhan peserta yang lolos akan menguatkan literasi dan dimensinya.

Informasi selengkapnya dapat dibaca juga di laman kemenag.go.id.

Informasi lain yang dapat memberikan manfaat, bisa baca juga:

Twibbon Syahdu Selamat Tahun Baru Islam 

Bantuan Afirmasi Madrasah 2021

Demikian, informasi yang admin aleepenaku sampaikan. Semoga sukses bisa lolos dan memberikan warna dalam pengembangan literasi Indonesia. Salam Literasi. Terima kasih atas atensinya.

 

Post a Comment for "Guru Madrasah Bisa Ikut Seleksi Instruktur Nasional dan Instruktur Provinsi Bimtek Kemenag 2021, Ayo Daftar "