SOAL-SOAL PH 1-3 MATEMATIKA KELAS 5 SEMESTER 1 SD/ MI 2021

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk pembelajaran di semester 1 sedang kita jalani sekitar hampir dua bulan. Berarti, penilaian harian 1 telah siap dilaksanakan. Baik penilaian harian materi tematik, matematika, dan mapel lainnya.

Guru perlu memetakan soal-soal PAS berdasarkan KD sebelum membuat soal. Buatlah soal sesuai dengan KD yang telah diajarkan, terutama dalam bidang studi matematika ini. Sebab, matematika berkaitan erat dengan angka dan perhitungan. 

Guru juga diharapkan mereviu kembali tentang KD-KD matematika mana yang akan disusun kisi-kisi soal dan soal yang HOTS. Guru menentukan tingkat kesulitan dan atau kerumitan soal.

Setelah melakukan PHJ, lakukanlah analisis hasil belajar siswa. Sebab, hasil belajar siswa yang tidak sama sebagai bahan untuk melakukan evaluasi dan tindak lanjut. Untuk itulah, guru perlu menganalsisis penilaian harian. Bisa menggunakan aplikasi sederahana atau alat hitung excel. Informasi alat hitung excel bisa dibaca: Form Analisis Peniaian Harian Matematia dan Tematik SD/MI.

Mungkin saja guru perlu melakukan remedial teaching, jika sudah mengetahui hasil analisis. Tetapi, guru perlu mempertimbangkan situasi pandemi ini, jika akan melakukan perbaikan pembelajaran. Jangan sampai membebani siswa di rumah.


Nah, untuk PH matematika kelas 5, juga disesuaikan dengan materi ajar yang disampaikan guru. Selain itu juga perlu disesuaikan dengan taraf perkembangan berpikir siswa. Namun, perlu juga disertakan soal yang bersifat HOTS. Sehingga dapat menstimulasi nalar matematika siswa dengan baik.

Pada kelas 5, materi yang mungkin diajarkan adalah sebagai berikut.

BAB I OPERASI HITUNG PECAHAN

A. Penjumlahan Pecahan
B. Pengurangan Pecahan
C. Perkalian Pecahan
D. Pembagian Pecahan

BAB II KECEPATAN DAN DEBIT

A. Kecepatan
B. Debit

BAB III SKALA

A. Perbandingan
B. Skala

BAB IV BANGUN RUANG

A. Volume Bangun Ruang
B. Jaring-Jaring Bangun Ruang

BAB V PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

A. Pengumpulan Data
B. Penyajian Data


Perlu diingat bahwa kegiatan PH sebelum masa pandemi, dilaksanakan dengan jumlah soal yang lebih banyak. Namun,  pada PH pada situasi saat ini bisa jadi dikurangi. Apalagi jika dilaksanakan dengan mode PJJ dengan google form atau PTM terbatas.

Baiklah para sahabat, untuk memeroleh PH matematika semester 1, silakan unduh file di bawah ini.

 

Soal-Soal Matematika PH 1  >>> Unduh File

Soal-Soal Matematika PH 2  >>> Unduh File

Soal-Soal Matematika PH 3  >>> Unduh File

 

Untuk soal Matematika kelas 5 semester 1 dengan menggunakan mode PJJ dapat diunduh di sini. 

Informasi lainnya, silakan baca juga:

 

Soal PH, PTS, PAS Juara Tahun 2021 

RPP Daring SD/ MI

Materi Presentasi Power Point SD/ SM

 

Terima kasih atas kunjungan para sahabat, semoga dapat bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan sahabat sekalian. Terima kasih atas kunjungan dan sarannya kepada aleepenaku.com. Salam sehat.

 

 

 

 


Post a Comment for "SOAL-SOAL PH 1-3 MATEMATIKA KELAS 5 SEMESTER 1 SD/ MI 2021"