Bantuan Afirmasi dan Digitalisasi Madrasah Tahun 2021

Pandemi yang terjadi dan menyebar di wilayah negara Indonesia telah mengubah arah pendidikan Indonesia. Semula, kegiatan Pendidikan di sekolah dilaksanakan dengan cara atau mode tatap muka. Tetapi, sejak pandemi, kegiatan atau proses pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh.

Pola pembelajaran jarak jauh, tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun dapat dilaksanakan, tetapi juga tidak sedikit hambatan yang dihadapi. Mulai dari jaringan internet, kesiapan kemampuan digital (siswa, guru dan orang tua), fasilitas dan sebagainya. Terutama terjadi di sebagian daerah.

Para sahabat pena yang luar biasa. Ternyata, para guru tetap maksimal dalam mengajar. Tetap optimis dalam membelajarkan siswa. Sehingga, mau tidak mau situasi ini harus dihadapi. Guru harus beradaptasi.

Pemerintah, melalui kementerian Pendidikan dan kebudayaan dan kemenag telah banyak melakukan terobosan kebijakan dalam menyikapi situasi tersebut. Mulai dari kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, orientasi pembelajaran pada siswa, kesehatan warga sekolah dan warga masyarakat, up grading kompetensi guru melalui berbagai webinar, penerbitan modul pembelajaran, digitalisasi sekolah/ madrasah, bantuan kepada siswa dan lain sebagainya.


Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran terus dioptimalkan dengan berbagai ramuan cara mengajar. Bahkan pemerintah juga menyiapkan platform aplikasi pembelajaran sinkronous dan asinkronous yang bisa dipraktikkan oleh guru. Ada portal rumah belajar, televisi, RRI dan beragam platform lainnya.

Nah, saat ini khusus Lembaga satuan Pendidikan di lingkungan Kementerian Agama telah menyiapkan bantuan yang cukup besar. Tentu saja sangat bermanfaat bagi Pendidikan Indonesia. Bantuan afirmasi madrasah tersebut disiapkan dana yang cukup besar, sekitar 399 M lebih. Bantuan tersebut akan disalurkan ke sekitar 2.666 madrasah tahun 2021 ini. Dan setiap madrasah diperkirakan akan mendapat sektiar 150 juta.

Apakah Madrasah tempat sahabat pena mengajar juga mendapat bantuan afirmasi tersebut? Semoga saja dapat bantuannya. Silakan baca juga lebih lengkapnya tentang bantuan afirmasi dan program digitalisasi madrasah di https://kemenag.go.id.

Kemudian, dalam iplementasinya diharapkan dapat bermanfaat juga bagi kegiatan dan peningkatan mutu pembelajaran di Madrash program digitalisasi madrasah.

Kemenag juga telah melaksanaan berbagai program dan kerjasama terkait dengan digitalisasi madrasah. Salah satunya adalah buku digital yang dapat diakses di laman Kemenag. Siswa, guru, orang tua dan masyarakat public dapat membaca online, atau mengunduh buku tersebut.

Buku-buku tersebut terdiri dari buku pengayaan, modul, antikorupsi, buku PAI, majalah dan tema-tema lain yang sangat membantu siswa dan guru. Membaca buku merupakan kegiatan literasi yang positif. Oleh karena itu, seoptimal mungkin portal buku digital ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh guru.

Para sahabat pena dapat mengunjungi https//:madrasah2.kemenag.go.id/buku/, kemudian dapat mengakses setiap buku pilihan yang dikehendaki.

Nah, tahun 2021 ini semoga bantuan terebut segera dicairkan. Sehingga dapat membantu di Madrasah. Meskipun tidak semua Madrasah di Indonesia mendapatkan, tetapi ini bentuk perhatian pemerintah yang sangat besar terhadap dunia Pendidikan di Indonesia.

Demikian informasi dari admin aleepenaku.com. Semoga bermanfaat untuk peningkatkan mutu pendidikan kita. Marilah kita, sebagai guru dapat mengabdi dengan iklhas dan tetap bersemangat bersama anak negeri.

Informasi lainnya bisa baca juga: 

Modul Pembelajaran PAI Madrasah/ SD Kelas 1,2,3,4,5,6

Tutorial Menggunakan Virtual Meeting Google Meet

Ayo Mendaftar ASN Kemenag 2021

Twibbon Tahun Baru Islam 1443 H

Terima kasih atas perhatiannya, aleepenaku mengucapkan selamat beraktivitas dan sehat selalu. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for " Bantuan Afirmasi dan Digitalisasi Madrasah Tahun 2021 "