RPP Daring 1 lembar (Sehalaman) Kelas 4 Sekolah Dasar (SD)/ MI Tema 5 Tahun 2021

Para sahabat penaku, salah satu kebijakan yang harus dilaksanakan oleh guru yaitu menyusun RPP. RPP tersebut merujuk pada SE Menteri Dikbud No, 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Beberapa hal penting yang dapat diketahui ulang terkait RPP yang disederhanakan adalah sebagai berikut.

Bahwa, RPP yang disusun oleh guru menganut prinsip efektif, efisien, student oriented.

Memuat 3 komponen utama: tujuan, aktivitas pembelajaran dan penilaian (asesmen). Sementara sebelumnya terdiridari 13 item komponen penyusun RPP.

Guru maupun organisasi san kelompok kerja guru disilakan menentukan, membuat dan menyusun format RPPnya. Jika perlu supaya dikembangkan. Siswa adalah orientasinya.

Guru harus lebih fokus pada kegiatan pembelajaran dan siswanya. Oleh karena itu, RPP perlu disederhanakan. Guru tidak lagi disibukkan dengan menulis atau menyusun RPP dengan jumlah halaman yang banyak. RPP dengan 10 halaman atau lebih akan menyita waktu guru. Dengan demikian dapat berdampak pada waktu yang seharusnya digunakan sebagai proses pembelajaran bersama siswanya.

 



RPP yang disederhanakan harus efisien, artinya waktu yang dibutuhkan untuk menyusun RPP tidak mengganggu tugas guru dalam proses pembelajaran. Sehingga cukup waktu menyusun RPP yang sederhana.

 

RPP yang disederhanakan juga harus efektif, yakni semaksimal mungkin mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka, tujuan pembelajaran penting dicantumkan dalam RPP yang disederhanakan tersebut.

RRP yang disederhanakan juga student oriented, yakni mempertimbangkan keterlaksanaan, kesiapan dan kebutuhan siswa dalam belajar. Jangan menyajikan atau menyampaikan sesuatu yang tidak dibutuhkan siswa dalam KBM.

RPP yang disederhnakan ini sangat fleksibel. Tidak ada bentuk yang baku dan keharusan dibakukan. Dengan prisip Merdeka Belajar, guru diberi kewenangan menyusun RPP yang memuat 3 komponen tersebut. Tidak ada yang mengerdilkan kreativitas guru dalam mengembangkan RPPnya.

Bahkan, jika sahabat guru telah memiliki RPP, maka dapat memodifikasinya dan menyesuiakan dengan komponen dan prinsip yang disyaratkan. Guru dapat menyusun RPP dari RPP Kurikulum 2013 dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi.

Para sahabat bisa baca juga; Cara Mengubah RPP yang sudah ada menjadi RPP yang sederhana, di sini.

Sahabat pena yang riang gembira, marilah kita tingkatkan kebahagiaan menjadi guru atau pendidik. Ini adalah profesi yang dicita-citakan. InsyaAllah akan menjadi ladang amal kebaikan. Untuk itu, teruslah menebarkan kebaikan itu hingga kepada siswa kita, juga bahkan kepada masyarakat pada umumnya.

Kali ini, izinkan aleepenaku.com berbagi kepada sahabat pena, guru hebat Indonesia. Setelah memahami esensi RPP yang disederhanakan, kita dapat segera mencobanya. Di sini akan dibagikan RPP yang sangat sederhana. Sehalaman saja sesuai dengan saran dari kebijakan tersebut. Akan tetapi, para sahabat dapat mengedit, mengubah, menyesuaikan, dan bahkan mengembangkan dari RPP yang ada ini.

Oleh karena, pada situasi pandemi dan pembelajaran berlangsung dengan PJJ atau Daring, maka RPP ini juga disajikan dengan format RPP Daring Sehalaman. Tujuannya adalah agar tercapai keterlaksanaannya. Sehingga praktis dapat digunakan dan dipraktikkan.

Adapun RPP Daring Sehalaman untuk Kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Tema 5 Semester 1 adalah sebagai berikut.

RPP Daring Sehalaman Kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Tema 5 Sub Tema 1

RPP Daring Sehalaman Kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Tema 5 Sub Tema 2

RPP Daring Sehalaman Kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Tema 5 Sub Tema 3

RPP Daring Sehalaman Kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Tema 5 Sub Tema 4

Demikian para sahabat, semoga berguna untuk kita semua. Untuk informasi terkait RPP lainnya atau buku bisa baca juga:

RPP 1 Halaman Kelas 4 Tema 1 Daring 2021

RPP 1 Halaman Kelas 4 Tema 2 Daring 2021

RPP 1 Halaman Kelas 4 Tema 3 Daring 2021

RPP 1 Halaman Kelas 4 Tema 4 Daring 2021

RPP Lengkap Kelas 4 Semester 1 

E-Book Matematika SD/ MI Kelas 4,5,6

Modul Literasi dan Numerasi SD 

Buku Guru dan Siswa PAUD, SD, SMP, SMA/ SMK Sekolah Penggerak

Terima kasih atas perhatiannya. Semoga sehat selalu dan senantiasa bisa berkarya dan berbagi bersama aleepenaku.com.


Post a Comment for "RPP Daring 1 lembar (Sehalaman) Kelas 4 Sekolah Dasar (SD)/ MI Tema 5 Tahun 2021"