TUGAS GURU DAN SEKOLAH UNTUK SISWA KELAS 5, 8, 11 PADA AKM 2021

Salah satu agenda penting yang harus dilakukan oleh sekolah baik jenjang SD, SMP, dan SMA adalah Asesmen Nasional dan AKM. Berdasarkan SE Mendikbud No. 4 tahun 2020 tentang Pembelajaran Masa Daurat Covid-19, bahwa Ujian Nasional 2020 dibatalkan. Kemudian merujuk dengan ganti AKM.

Sebenarnya, apakah AKM itu?

Assessmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan aktivitas  penilaian kompetensi mendasar bagi seluruh siswa agar mampu dan kompetens dalam mengambangkan kapasitas dirinya sehingga dapat berpartisipasi positif di lingkungan masyarakat.

Kompetensi penting dalam AKM mencakup 2 hal, yaitu Kompetensi literasi membaca dan literasi numerasi. Sedangkan yang diasesmen dari kedua kompetnsi sasaran tersebut mengacu pada ranah keterampilan berpikir logis dan sistematis, keterampilan bernalar dan menggunakan konsep. Selalin itu juga memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan apa yang telah dipelajari. Kecakapan lainnya adalah keterampilan memilah informasi dan mampu mengolahnya.


Apa saja yang diukur dalam AKM?

Pertama, AKM ini sebenarnya mengukur kemampuan literasi membaca dan literasi numerisasi siswa. Hasil kognitif dari literasi tersebut sebagai hasil belajar siswa yang telah diasesmen dari aspek kognitif.

Kedua, Melakukan Surveri Karakter, dengan tujuan untuk mengukur sikap peserta didik, kebiasaan, nilai-nilai. Ini meupakan hasil belajar non-kognitif.

Ketiga, Melakukan Survei Lingkungan Belajar, yaitu aktivitas untuk mengukur mutu pembelajaran. Selain itu juga mengukur iklim sekolah tempat siswa belajar untuk menunjang pembelajaran.


Untuk siapakah
AKM Nasional?

AKM diperuntukkan bagi warga belajar atau siswa di sekolah sebagai sampel pada  Kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA. Ini dipilih secara acak.

Setiap peserta (secara acak) diharuskan dapat mengerjakan soal AKM, Survei Karakter (SK) , dan Survei Lingkungan Belajar (SLB).

AKM ini dilaksanakan secara daring yang didampingi oleh operator IT, terutama untuk jenjang SD.

 

Peserta AKM itu sendiri yaitu:

SD/ MI maksimal 30 peserta didik

SMP/ MTs maksimal 45 peserta didik

SMA/ SMK/ MA maksimal 45 peserta didik

Semua peserta ujian Paket A/ Ula-Kelas

Sedangkan untuk Alokasi Waktu AKM Nasional adalah sebagai berikut.

SD/MI

 Hari ke-1

Tes literasi 75 menit

Survey karakter 20 menit

Hari ke-2

Tes numerasi 75 menit

Survey lingkungan belajar 20 menit

Jadwal Pelaksanaan AKM Nasional untuk SD, sekitar September 2021.

 

Apa itu Asesmen Nasional itu?

Asesmen Nasional merupakan penilaian kualitas sekolah, itu intinya. Kualitas satuan pendidikan (sekolah/ madrasah) ini dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar. Yaitu Literasi dan numerasi serta karakter.  Kemudian, proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

 

Perbedaan AN degan UN adalah sebagai berikut.

 


 Bagi Guru atau sekolah yang ingin mempelajari mendalam tentang AKM dapat mengunduh Dokumen Penting AKM 2021.

Demikian tentang AKM peserta didik yang perlu diketahui oleh guru dan pihak sekolah. Semoga bermanfaat. 

Untuk informasi Verval NISN Lulusan dapat membaca juga Cara Verval Lulusan Sekolah 2021

Post a Comment for " TUGAS GURU DAN SEKOLAH UNTUK SISWA KELAS 5, 8, 11 PADA AKM 2021"