Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas I, II, III, IV, V dan VI Sekolah Dasar Untuk E-Raport Semester 1 dan 2 (UNDUH WORD)

 


Kegiatan dalam pembelajaran dengan menerapkan kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pendekatan saintifik. Adapun indikator pendekatan saintifik adalah 5 M, yaitu: Mengamati, Menanya, menalar, Mencoba dan Mengmonikasikan.  BerdasarkanPeraturan Mendikbud RI (Permendikbud) No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pendidikan Dasar (dikdas) dan Pendidikan Menengah (Dikmen)dengan deskripsi kegiatan sebagai berikut.

Tahap/ Fase 1 Mengamati (Observing)

Kegiatan: Siswa mengamati dengan menggunakan pancaindra indra yaitu: membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan lainnya dengan alat atau tanpa alat.

Tahap/ Fase 2 Menanya (questioning)

Kegiatan: Siswa bertanya, mengajukan pertanyaan serta tanya jawab, berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.

Tahap/ Fase 3 Menalar (associating)

Kegiatan: Siswa dapat mengolah atau mengelola informasi yang telah dikumpulkannya. Kemudian, menganalisa data & membuat klasifikasi, mengasosiasi atau menghubungkan finformasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan.

Tahap/ Fase 4 Mencoba (experimenting)

Kegiatan: Siswa mengeksplorasi & mencoba. Kemudian siswa melakukan diskusi kelompok dan mendemonstrasikan serta meniru bentuk atau gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks. Selain itu, juga mengumpulkan data dari narasumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi ataupun mengembangkan.

Tahap/Fase 5 Mengkomunikasikan (communicating)

Kegiatan: Siswa menyajikan atau presentasi laporan. Laporan dapat berbentuk bagan, diagram, maupun grafik; siswa dapat menyusun laporan secara tertulis; dan menyajikan laporan dimulai dari proses, hasil laporan, dan simpulan secara lisan.

Karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.

a. Student oriented; berpusat pada siswa,

b. Kecakapan dan keterampilan proses sains dalam membangun konsep

c. melibatkan proses pengetahuan atau kognitif yang berpotensi dalam merangsang

perkembangan intelektual. Pada khususnya keterampilan tingkat tinggi siswa,

serta dapat mengembangkan karakter siswa.

Bagi Bapak/ ibu guru kelas 4,5 dan 6 sekolah dasar yang ingin mendapatkan file KI 3 dan 4 Kompetensi Dasar Matematika, silakan dapat diunduh di KD Matematika SD Lengkap.KD ini dapat dijadikan KD dalam aplikasi raport pada semester 1 dan 2.

 Kemudian, untuk menunjang kegiatan pembelajaran Matematika di SD, bapk ibu guru dapat memiliki file buku elektronik. Khususnya mata pelajaran di kelas 4,5 dan 6, silakan unduh di E-book Matematika SD.

Semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar sebgai masukan bagi penulis. Terima kasih.

 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas I, II, III, IV, V dan VI Sekolah Dasar Untuk E-Raport Semester 1 dan 2 (UNDUH WORD)"