UNDUH FILE MODUL LITERASI dan NUMERASI KELAS 1,2,3,4,5,6 SEKOLAH DASAR TEMA 1-9 (MODUL GURU, SISWA, ORANGTUA)


 


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) telah menerbitkan modul Literasi dan Numerasi. Modul ini digunakan untuk membantu proses pembelajaran bagi siswa. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud berhasil meningkatkan layanan pendidikan untuk guru, siswa dan orang tua.

Penulis, pernah menjadi salah satu koresponden di Pusmenjar untuk menelaah modul literasi dan numerasi. Khususnya di kelas V. Termasuk salah satu wali murid kelas V juga menelaah modul pendamping siswa. Isi modul ini sangat bagus sekali. Sebab, berbasis aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan diterbitkannya modul ini adalah agar dapat digunakan oleh siswa, orang tua dan guru dalam proses pembelajaran di rumah. Sekaligus orang tua dan guru dapat mendampinginya. Modul literasi dan numerasi di jenjang SD ini juga bermanfaat dalam memfasilitasi pembelajaran siswa pada masa pandemi Covid-19 ini. Juga dapat digunakan pada kondisi khusus lainnya. Selain tujuan utama tersebut, diharapkan modul ini bermanfaat bagi guru sebagai inspirasi dalam mengembangkan perangkat ajar yang penting dalam proses pembelajaran.  

Perlu diketahui bahwa modul ini dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum yang disederhanakan. Akan tetapi terdapat optimalisasi pembelajaran agar dapat mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata pelajaran. Sehingga, keberadaan modul ini justru memperkuat kompetensi siswa. Dengan kata lain, modul ini dapat mendukung siswa belajar secara kontekstual.

Modul literasi dan numerasi ini terdiri dari 3 modul dalam sepaket. Yaitu, modul pendamping untuk orang tua, modul belajar untuk siswa dan modul pendamping bagi guru.

 

1. Modul Belajar Siswa

Modul belajar siswa merupakan modul dengan konten aktivitas pembelajaran yang kontekstual, berbasis aktivitas sehari-hari di rumah. Dan aktivitas tersebut dapat dilakukan siswa di rumah. Aktivitas tersebut dapat didampingi oleh orang tua. Bisa juga didampingi oleh anggota keluarga yang lain apabila orang tua siswa tidak dapat mendampinginya. Modul belajar siswa ini dapat membantu siswa mencapai kompetensi literasi dan numerasi. Kompetensi tersebut mencakup berbagai mata pelajaran (mapel). 

2. Modul Pendamping untuk Orang Tua

Modul pendamping bagi orang tua berfungsi sebagai acuan dalam mendampingi anaknya belajar  di rumah. Modul ini merupakan pedoman atau tips bagi orang tua dalam mendampingi anaknya ketika belajar. Sedangkan tip lainnya berupa tabel organizer yang memuat rangkuman pembelajaran dalam satu minggu. Tujuannya adalah dapat memudahkan orang tua siswa dalam menyiapkan keperluan dan cara belajar anak dalam pembelajaran. Dengan demikian, orang tua pun harus memahami modul pendamping ini.

3. Modul Pendamping untuk Pendidik/ Guru

Nah, sedangkan modul yang diperuntukkan bagi guru merupakan modul pendamping yang memuat penjelasan mekanisme atau prosedur untuk pendistribusian modul. Kemudian juga berisi pedoman atau strategi guru dalam memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa (PKS). dalam modul pendamping guru juga dijelaskan tentang jabaran pemetaan KD serta kerangka acuan modul. Kemudian, memuat pula penjelasan tentang aktivitas siswa selama pembelajaran seminggu. Tujuannya adalah guru dapat terus memfasilitasi serta memantau siswa belajar dari rumah. Oleh karena itu, terdapat kesesuaian antara modul belajar siswa, modul pendamping bagi orang tua dan modul pendamping bagi guru.

Selengkapnya tentang kajian modul literasi dan numerasi di jenjang SD dapat disimak di Modul Literasi dan Numerasi SD.

 Kemudian, Guru Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dapat mengunduh Modul Literasi dan Numerasi di bawah ini.


Modul Literasi dan Numerasi Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua Kelas 1 >>>>UNDUH FILE


Modul Literasi dan Numerasi Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua Kelas 2 >>>>UNDUH FILE

Modul Literasi dan Numerasi Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua Kelas 3 >>>>UNDUH FILE


Modul Literasi dan Numerasi Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua Kelas 4 >>>>UNDUH FILE


Modul Literasi dan Numerasi Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua Kelas 5 >>>>UNDUH FILE


Modul Literasi dan Numerasi Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua Kelas 6 >>>>UNDUH FILE

Kemudian untuk mengunduh Modul Tingkat SMA, silakan bisa diperoleh di sini. 

Dan untuk modul pembelajaran di jenjang SMP, silakan diunduh di Modul Jenjang SMP.

Terima kasih atas kunjungannya dan mohon berikan masukan untuk peningkatan mutu artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

7 comments for "UNDUH FILE MODUL LITERASI dan NUMERASI KELAS 1,2,3,4,5,6 SEKOLAH DASAR TEMA 1-9 (MODUL GURU, SISWA, ORANGTUA) "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.