Mengenal Google Workspace for Education (GWE) U1P2


Setelah memulai sendiri mencoba apa yang bisa, tentu para guru bertanya-tanya tentang sesuatu yang belum bisa. Mungkin, bahkan bertanya pula tentang apakah Google Workspace for Education (GWE) itu?

Pertama-tama, guru harus mengenal dahulu tentang Google Workspace for Education (GWE).  GWE merupakan himpunan alat yang dapat membantu guru dalam menyelesaikan tugas-tugas mengajar dan pembelajaran.

Dalam GWE ini, memungkinkan guru dapat menulis laporan, membuat presentasi materi, menyusun kuis berupa pertanyaan, merancang pembelajaran, memberi tugas dan menilainya serta banyak kegiatan pembelajaran lainnya.

Praktiknya, GWE dengan mudah membantu guru mengajar dan siswa belajar. GWE sendiri disediakan oleh google dan diadaptasi oleh REFO kemudian dilatihkan kepada banyak guru di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa GWE ini sebenarnya telah digunakan oleh banyak guru dan siswa di seluruh dunia. Google merancang GWE ini agar guru bisa berkolaborasi, berkomunikasi dan mengembangkan kreativitas.

Nah, setelah mempersiapkan diri memulai belajar, dan saat ini telah mengenal Google Workspace for Education (GWE),  maka selanjutnya guru dapat memulai belajar dan praktik menggunakan instrumen utama di GWE. Misalnya, Google Slide, Classroom, Documen dan lain sebagainya.

 

Drive

Google drive merupakan sebuah rjjuang yang memungkinkan guru dapat menyimpan dokumen secara “mengambang di awan”. Dokumen dapat diakses oleh pemilik drive dengan masuk melalui akunnya serta dapat dibagikan kepada siapa saja.

Semua file dalam bentuk gambar, video, teks, ppt dan sebagainya akan terseimpan aman di cloud. Kelebihannya, guru dapat mengakses dari mana saja, kapan saja asal ada perangkat smartphone atau laptop yang tekoneksi dengan internet.

 


Google Dokumen, G-Spreadsheet, G-Slide, dan G-Formulir

Alat-alat ini memungkinkan guru dapat membuat, mengedit, dan berkolaborasi. Guru juga dengan mudah dapat berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, dan formulir.

Sehingga siswa dapat meresponnya dengan menulis laporan. Siswa dapat berkolaborasi dalam menulis dan guru dapat mengomentarinya.

G-Spreadsheet dapat digunakan untuk mengelola dan mengolah nilai siswa. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat laporan hasil penelitian. Dalam laporan dapat menampilkan grafik, tabel dan seabgainya.

Google Slide dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam membuat presentasi yang menarik. Setelah dibuat, dapat disajikan atau dibagikan ke orang lain. Sedangkan  Google Formulir digunakan untuk membuat kuis, survey dan sebagainya.

Googel Sites merupakan alat yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat situs web. Kemudian KBM dapat berbasis situs web dan dibagikan kepada siswa atau pihak lain.

 

Google Classroom adalah ruang kelas maya yang dapat membantu guru dalam memberikan materi, membuat tugas, melakukan penilaian dan memberikan masukan kepada siswa atas apa yang telah diserahkan tugasnya.

 

Selanjutnya ada Gmail, Google Chat dan prosedur masuk ke akun GWE. Selengkapnya, materi presentasi tentang Google Workspace for Education (GWE) dapat di UNDUH DI SINI.

 

Demikian, sekilas pengetahuan tentang alat-alat yang ada dalam GWE. Semoga dapat memahaminya dan melanjutkan belajar pada pembelajaran berikutnya.

Terima kasih tetap belajar bersama secara asinkron ini, semoga senantiasa bermanfaat.

 

 

 

 

 

Post a Comment for " Mengenal Google Workspace for Education (GWE) U1P2 "