Letak Geografis Beberapa Pulau dan Negara Indonesia

Kegiatan pembelajaran kali ini akan membicarakan tentang letak geografis beberapa pulau besar dan negara Indonesia. Negara kita, adalah negara yang besar. Terdiri dari pulau-pulau. Nah, gugusan pulau membentang dari Sabang hingga Papua. Negara kita memiliki beberapa pulau besar dan ribuan pulau kecil. Terdiri dari tujuh belas ribu lebih.

Negara kita sangat beruntung berada di persimpangan. Maksudnya, secara geografis, negara Indonesia terletak di antara dua benua. Yaitu; Benua Australia dan Benua Asia. Negara kita juga terletak di antara dua Samudra. Yakni; Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Selain itu, Negara Indonesia juga dilalui oleh katulistiwa. Sehingga negara kita memiliki dua musim. Musim penghujan dan musim kemarau. Oleh sebab itulah negara kita dikenal juga dengan negara beriklim tropis.

Apakah keuntungan negara kita berada di dua samudra dan benua?

Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut.

1. Negara kita memiliki dua musim. Musim kemarau dan penghujan. Sehingga di negara kita tumbuh subur pepohonan. Kaya dengan hutan, tanah subur dan banyak menghasilkan pertanian dan perkebunan.

2. Laut negara kita sangat luas. Sehingga kekayaan biota laut melimpah. Termasuk keindahan panorama laut kita.

3. Keindahan alam pegunungan yang memukau. Bisa diajdikan lahan perkebunan, pertanian dan sarana pariwisata.

4. Negara kita menjadi jalur perekonomian dunia. Letak strategis di persimpangan memungkinkan menjadi jalur lalu lalang pergerakan perekonomian dunia. Sehingga arus transaksi impor ekspor cukup tinggi.

5. Indonesia kaya dengan budaya. Sosial budaya kita beragam dan kaya yang memperkuat kebudayaan nasional.

6. Sumber daya alam yang melimpah menjadikan negara kita menjadi negara berkembang.

7. Dan lain sebagainya (bisa mencari informasi tambahan lainnya).

Nah, selain kalian bisa menentukan letak geografis negara kita, marilah kita coba melihat letak geogafis beberapa pulau yang ada di negara kita.

Misalnya, pulau Jawa: terletak di antara Laut Jawa dan Samudra Hindia. Terletak di antara pulau Sumatera dan Pulau Bali.

Pulau Kalimatan terletak di antara Selat Karimatan dan Selat Sulawesi. Terletak di atara pulau Sulawesi dan Pulau Sumatera.


Dan pulau Sumatera, silakan diidentifikasi.

Demikian juga pulau lainnya, kalian juga bisa menemukannya. Untuk mengamati letak geografis Negara Indonesia dan Kepulauan di Negara kita, silakan simak Video Pembelajaran Letak Geografis Negara Indonesia ini. Selamat belajar dan mencari tahu.

2 comments for " Letak Geografis Beberapa Pulau dan Negara Indonesia "

  1. Mantap.teruslah memberi ilmu.sukses sll pak

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.