RPP DARING MATEMATIKA KELAS V SD/ MI SEMESTER 1 (UNDUH FILE LENGKAP)

 Pada kesempatan ini, admin mengucapkan terima kasih kepada para pembaca budiman. Sebab, beberapa pembaca yang up to date terhadap perkembangan pendidikan, merequest Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) Daring. Khususnya RPP Daring Matematika Kelas V Sekolah Dasar. 

Pada hakikatnya, rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru memang harus sesuai dengan kegiatan dan kondisi yang dilaksanakan di lapangan. Artinya, setiap guru memiliki lingkungan dan suasana belajar yang berbeda. Baik dari aspek sarana dan prasarana, kondisi individual siswa, lingungan sekolah, keadaan siswa di rumah dan sebagainya.

Oleh karena itu, semaksimal mungkin guru dapat meramu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Apalgi pada masa pandemi ini. Kegiatan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) seharusnya dilakukan dengan menyenangkan dan tidak memberatkan siswa. Orientasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru harus berpihak kepada siswa.

Untuk buku Matematika, baca juga: Buku Matematika Kelas 4,5, dan 6

Maka, guru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan Mendikbud. Dalam kerangka merdeka belajar, guru diharapkan dapat melakukan perubahan, sekecil apapun. Sesuai dengan SE Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, maka guru bisa merancang RPP dengan sederhana. RPP sehalaman, tidak berarti benar-benar sehalaman. Tetapi, setidaknya memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen pembelajaran sebagai penilaian.

Perlu diketahui, bahwa dalam hal ini bidang studi matematika yang memuat konsep abstrak dan sulit dipahami. Inilah tugas guru untuk menjelaskan konsep matematika menjadi nyata. Tentu membutuhkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar.

Pada masa pandemi ini, tidak ada pilihan lain, kecuali mengajar dengan mode daring, PJJ. Termasuk mengajar matematika. Bagaimana guru bisa melakukannya? Bukankah matematika harus dijelaskan secara rinci, bahkan dengan sambil menulis?

Untuk itulah, guru perlu mempersiapkan diri untuk bisa melakukannya. Secara daring, guru bisa menggunakan berbagai platfform aplikasi virtual meeting sesuai dengan keinginan. Bisa menggunakan zoom, meet, webex dan seterusnya. Juga bisa memanfaat sosial media WA untuk koordinasi dan komunikasi jarak jauh. Sehingga ada kesepahaman antara guru dan siswa. Pada gilirannya, kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berlangsung lancar.

Matematika adalah mata pelajaran yang unik dan harus mendapatkan perhatian dari guru. Matematika bukan saja berbicara tentang abstraksi. Namun setiap guru dan siswa harus memiliki kompetensi numerasi, termasuk literasi numerasi dan finansial. Sebab, matematika sangat erat hubungannnya dengan angka-angka, notasi, lambang, bangun, mengitung dan sejenisnya.



Sehingga, guru benar-benar menyiapkan diri mengajar dengan konseptula, konstekstual, prosedural dan sesuai dengan kaidah matematis. Matematika, digunakan tidak saja pada saat sekolah. Bahkan saat seseroang telah dewasa, yang ia ingat hanyalah bagaimana membaca, menulis, dan berhitung. Oleh karena itu, perlu pemahaman mendalam terhadap konsep matematika itu sendiri.

RPP sebagai rancangan mengajar merupakan skenario pembelajaran yang menjadi pedoman guru dalam mengajar. RPP yang dirancang secara daring, juga memuat insrumen yang digunakan dalam pembelajaran daring. Meskipun siswa berada di tempat berbeda, diupayakan psikis dan perhatian siswa menyatu tertuju pada materi matematika yang disajikan guru.

Adapun rencana pelaksanaan pembelajaran matematika mode daring untuk kelas V semester 1 secara lengkap dapat diunduh di bawah ini.


RPP DARING MATEMATIKA KELAS V BAB 1 >>>> UNDUH FILE

RPP DARING MATEMATIKA KELAS V BAB 2 >>>> UNDUH FILE

RPP DARING MATEMATIKA KELAS V BAB 3 >>>> UNDUH FILE

RPP DARING MATEMATIKA KELAS V BAB 4 >>>> UNDUH FILE


Sedangkan untuk RPP Tematik kelas VI dapat dibaca juga: RPP Tematik Kelas VI Tema 1

Untuk mengetahui contoh lengkap RPP berbagai jenjang pendidikan, silakan dapat dibaca juga: CONTOH RPP JENJANG SD, SMP, SMA Guru Berbagi.

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

RPP Daring SD,SMP.SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Soal PH, PTS dan PAS Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI

Form Analisis PH SD

Demikian yang dapat disajikan terkait dengan RPP Daring matematika kelas V Semester 1. Tentu saja guru yang membutuhkan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang dialaminya. Semoga bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan kita. Salam Literasi.

4 comments for "RPP DARING MATEMATIKA KELAS V SD/ MI SEMESTER 1 (UNDUH FILE LENGKAP)"

  1. Mantap Pak Alee. Terima kasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Tirto yang hebat ...mantap pak

      Delete
  2. Top banget, Master yang satu ini. thanks Ilmunya bos.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.