SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 SMP/ MTs SEMESTER 1 DAN 2 (REVISI)

 Sahabat guru aleepenaku.com yang luar biasa. Sesuai dengan tugas utama guru, bahwa guru wajib merancang kegiatan pembelajaran dengan RPP yang sesuai dengan ketentuan. Namun, sebelum menyusun RPP, guru perlu memahami silabus pembelajaran.

Silabus pembelajaran merupakan seperangkat rencana pembelajaran dari mata pelajaran tertentu yang memuat identitas mata pelajaran, SK/ KD, Kompetensi Inti, Kegiatan Pembelajaran, Materi, alokasi waktu dna sumber belajar.



Kemudian, dari Silabus inilah guru dapat menyusun rencana pelaksanan pembelajaran secara teknis. Silabus digunakan sebagai pedoman RPP. Sehingga RPP yang dirancang benar-benar sesuai dengan arah dan tujuan serta materi yang relevan dengan silabus.

Berarti, silabus pembelajaran sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu, guru perlu memahami isi silabus sesuai dengan bidang studi yang diampunya. 

Sebagai contoh: Kompetensi inti yang terdapat dalam silabus Matematika Kelas 8 SMP sederajat adalah sebagai berikut.

KI dalam Silabus Matematika Kelas 8

Dalam kompetensi inti terdiri dari 4 KI yang dikenal dengan KI 1,2,3 dan 4. KI 1 berarti kompetesi spiritual yang berhubungan dengan spiritual siswa, berdasarkan agama yang dianutnya. KI 2 merupakan kompetensi sosial yang berhubungan dengan kecakapan dan interaksi sosial siswa. Sedangkan KI 3 adalah kompetensi pengetahuan siswa berkenaan dengan aspek kognitif siswa. Kemudian, KI 4 merupakan kompetensi keterampilan yang diharapkan dimiliki siswa.

Nah, kompetensi inti ini seharusnya dapat dipahami sebagai inti dari proses pembelajaran. Dan dalam kegiatan pembelajaran juga secara implisit harus mencerminkan kompetensi inti ini.

Kali ini, aleepenaku.com berupaya berbagi tentang silabus pembelajaran untuk kelas 8 SMP sederajat. Sehingga untuk mengunduhnya, silakan di bawah ini.


SILABUS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 8 SMP/ Mts >>> UNDUH FILE

Demikian silabus pembelajaran matematika, dan para guru hebat dapat mengeditnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Selanjutnya untuk memeroleh gambaran RPP semua jenjang pendidikan, dapat dibaca juga: RPP SD, SMP, SMA sederajat.

Sedangkan untuk Modul mata pelajaran di SMP, dapat >>>> diUnduh Di Sini.

Post a Comment for "SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 SMP/ MTs SEMESTER 1 DAN 2 (REVISI)"