UNDUH FREE Modul Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah Pertama (PJJ SMP) Kelas 7,8,9 Semester 1 (Semua Mata Pelajaran)

Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan kebijakan untuk peningkatan mutu pendidikan serta memiliki daya saing. Kebijakan tersebut diimplementasikan mulai dari tingkat Pusat, tingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota hingga tingkat satuan pendidikan atau Sekolah. Sehingga, sekolah sebagai penyelenggara pendidikan dapat melaksanakan fungsinya dengan maksimal dalam memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Permendikbud RI) Nomor 45 Tahun 2019, pada pasal 97 dijelaskan bahwa Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP) merupakan unit organisasi Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen di bidang sekolah menengah pertama (SMP).

Sedangkan salah satu tugas Direktorat SMP, sesuai dengan amanat Permendikbud No. 45 Tahun 2019 Pasal 98, dinyatakan bahwa Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP) memiliki tugas:

1. Melaksanakan perumusan kebijakan dan  standar

2. Bertugas dalam pelaksanaan kebijakan penjaminan mutu

3. Melakukan penyusunan  norma, standar, prosedur, dan kriteria,

4. Memfasilitasi penyelenggaraan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi, dan

5. Pelaporan di bidang peserta didik, sarana prasarana, tata kelola dan penilaian pada sekolah menengah pertama, pendidikan kesetaraan pada sekolah menengah pertama, dan pendidikan layanan khusus pada sekolah menengah pertama, serta

6. Melakukan penyiapan dalam rangka memberikan izin penyelenggaraan sekolah menengah pertama yang diselenggarakan perwakilan negara asing/ lembaga asing dan urusan ketatausahaan Direktorat.

Untuk menggali informasi tentang Direktorat SMP, dapat mempelajarinya di laman Direktorat SMP.

Kemudian, Direktorat SMP juga menerbitkan modul Pembelajaran Jarak Jauh. Dengan demikian sangat membantu guru SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, khususnya KBM masa pandemi ini.

Pada masa covid-19, pendidikan tidak boleh terhenti. Tetapi juga menomorsatukan kesehatan siswa tanpa mengenyampingkan proses pembelajaran, PJJ. Oleh karena itu, Modul PJJ yang diterbitkan oleh Direktorat SMP Kemdikbud, sangat bermanfaat sekali.

Modul disusun oleh guru yang berkometensi dan telah melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan ketentuan. Di jenjang SMP mata pelajaran yang telah terbit dalam bentuk modul antara lain: Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, Prakarya, Seni Budaya dan PJOK. Tetapi, pada mata pelajaran tertentu, memiliki aspek pembelajaran lainnya. Misalnya, seni budaya dengan aspek seni musik, seni rupa dan sebagainya.

Untuk memudahkan guru memahami modul tersebut, silakan dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Modul Lengkap, Semua Mata Pelajaran Jenjang SMP Kelas 7,8,9 Semester 1

Modul Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah Pertama (PJJ SMP) Kelas 7 Semester 1 >>>>> UNDUH BERKAS

Modul Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah Pertama (PJJ SMP) Kelas 8 Semester 1 >>>>> UNDUH BERKAS

Modul Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah Pertama (PJJ SMP) Kelas 9 Semester 1 >>>>> UNDUH BERKAS

Dan untuk mendapatkan BUKU GURU DAN SISWA bagi SEKOLAH PENGGERAK tingkat SMP, SILAKAN UNDUH DI SEKOLAH PENGGERAK SMP 

Sedangkan untuk Contoh RPP Pembelajaran Jarak Jauh, dapat DIUNDUH DI SINI.


Post a Comment for "UNDUH FREE Modul Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah Pertama (PJJ SMP) Kelas 7,8,9 Semester 1 (Semua Mata Pelajaran)"