Tahun Ajaran Baru: PJJ dengan Rekam Layar Sederhana Bermakna


Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berimbas pada dimulainya kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran baru ini. Dampaknya, yang semula KBM akan dilaksanakan secara tatap muka terbatas, maka kini akan dilakukan dengan mode daring. Sama seperti yang dilakukan tahun ajaran sebelumnya.

Nah, bagaimana jika guru ingin melakukan variasi mengajar dengan berbagai platform aplikasi virtual (snkronous) maupun dengan youtube maupun classroom (asinkronous)?

Bukankah video yang direkam akan membebani data grup WA?

Tenang saja. Ada solusi yang mudah, sederhana dan bermakna. Guru tidak perlu risau. Cukup menyiapkan beberapa hal untuk melakukan pembelajaran bervariasi dengan aplikasi rekam layar. AZ Screen namanya.

Bagaimana caranya?

Pertama, sosialisasikan kepada siswa dan orang tua tentang mode pembelajaran yang akan digunakan selama belajar jarak jauh. Untuk melakukan sosialisasi, dapat dilihat contohnya di sini.

Kedua, menyiapkan materi ajar. Materi ajar dapat berupa: buku elektronik (e-book), presentasi power poin, video pembelajaran, dan apa saja yang biasa digunakan guru untuk menunjang proses pembelajaran.

Ketiga, siapkan aplikasi rekam  layarnya. Yakni, AZ Screen. Perlu diketahui bahwa aplikasi rekam layar AZ Screen, menjadikan guru lebih leluasa mengajar dari rumah. Sangat praktis dan mudah dipraktikkan. Aplikasi rekam layar ini memiliki banyak kelebihnan, antara lain sebagai berikut.

1. Mengunduh gratis dari play store

2. Merekam presentasi kita di layar gawai: merekam suara, dan slide atau buku elektronik yang ditampilkan dapat digeser sesuai keinginan guru.

3. Dapat memunculkan video wajah guru dalam berbicara atau presentasi materi ajar.

4. Dapat menambahkan logo sekolah atau logo pendidikan.

5. Dapat menambahkan judul atau header nama sekolah kita.

6. Dapat menyesuaikan warna judul teks atau header itu.

7. Dapat mengatur besar kecil video guru dalam berbicara.

8. Bisa menampilkan foto guru saat presentasi, dan

9. banyak kelebihan lain yang bisa dijelajah.

Bagaiamna prosedur menggunakan aplikasi rekam layar gratis itu? Secara teknis, prosedur penggunaan aplikasi rekam layar AZ Screen dalam pembelajaran adalah sebagai berikut. 

1. Download dan install aplikasi AZ Screen dari plasystore

2. Tunggu proses install selesai, baru bisa siap digunakan.

3. Siapkan bahan ajar: buku tematik elektronik dan ppt (gunakan salah satu saja: buku elektronik atau power poin).

4. Bukalah aplikasi AZ Screen di layar gawai kita.

5. Lakukan recording, atau perekaman layar buku atau ppt dengan mengeklik tombol mulai (merekam).

6. Guru tinggal presentasi seperti mengajar biasa di kelas. Perhatikan letak video bicara kita. Boleh diletakkan di bagian mana saja di layar HP kita, sesuai dengan keinginan.

7. Setelah merekam presentasi, guru dapat menyimpan file rekaman itu dengan cara share atau bagi ke channel youtube guru. Untuk memiliki channel youtube bisa ikuti dan baca di situs youtube ini.

8. Setelah selesai diunggah ke youtube, segera bagikan link youtube materi pelajaran yang dipresentasikan guru ke grup WA.

9. Siswa dapat mengakses pembelajaran hari itu melalui link youtube dan melakukan tugas yang diberi guru.

10. Guru dapat meminta siswa mengumpulkan tugas ke classroom.

11. Cara lain: link youtube tadi bisa dibagikan di dalam classroo dan ditugaskan ke siswa. Siswa juga menyerahkan tugasnya di classrooom.

Untuk mempelajari classroom dan sosialisasi youtube bisa telusuri di sini.

Nah, guru dapat memberikan penilaian tugas siswa di classroom. Kemudian untuk lebih lanjut ingin mengetahui contoh dan hasil presentasi menggunakan e-book,silakan klik di sini. Dan contoh presentasi menggunakan materi power point, bisa kilik di sini.

Untuk mempelajarai cara penggunaan Aplikasi Rekam Layar Az Screen dapat ditoton VIDEO TUTORIAL >>>> ini.

Selamat Mencoba

 

4 comments for " Tahun Ajaran Baru: PJJ dengan Rekam Layar Sederhana Bermakna "

  1. Kalau diberi video tutorialnya tambah bagus, tidak hanya uraian.

    ReplyDelete
  2. Video Tutorial ada pada link paling bawah. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih pak S. Herianto..yang superhebat

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.