Contoh RPL, Rencana Pembelajaran Layanan Bimbingan Konseling SMP/ Mts, SMA/MA, SMK (UNDUH GRATIS)

Masa pandemi covid-19 yang terjadi di negara kita, bukan berarti harus menghentikan kegiatan pendidikan. Hanya saja, terdapat perubahan arah dan kebijakan strategis pendidikan kita. Pada masa normal, pendidikan dilakukan secara tatap muka. Namun, pada masa pandemi, dilakukan dengan mode pembelajaran jarak jauh. Tujuannya, untuk memutus berlangsungnya covid-19 ini.

Maka, kegiatan pendidikan berupa proses pembelajaran harus dilaksanakan sesuai dengan kebijakan pemerintah. Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 4 tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan semasa daurat pandemi covid, maka proses pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran jarak jauh.

Praktiknya, bergantung kreativitas guru. Guru terus belajar kecakapan teknologi digital. Guru juga harus mampu mengaplikasikan beberapa platform aplikasi. Baik yang direkomendasikan oleh pemerintah maupun sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh guru.

Guru dapat memanfaatkan beragam aplikasi virtual meeting, seserti: zoom, google meet, webex dan seterusnya. Guru juga dapat menggunakan office 365, teams, ruang guru dan lainnya. Pada intinya, berbagai media untuk pembelajaran tersebut harus terkoneksi dengan internet.

Bahkan, untuk menjamin kelancaran koneksi internet, pemerintah memberikan bantuan kuota internet (paket data) kepada siswa dan guru. Beberapa waktu lalu, pemerintah juga merilis akun pembelajaran bagi guru dan siswa. Guru dan siswa dapat mengaktifkan akun belajar.id nya. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan virtual meeting melalui google meet, classroom, google slide, google sites, google drive dan seterusnya.

Nah, bagaimana dengan layanan konseling. Maka, guru BK juga dapat melakukan kegiatan layanan kepada siswa dengan pola yang tidak jauh berbeda. Guru BK dapat memanfaatkan teknologi digital dan dilakukan jarak jauh. Guru BK juga dapat memanfaatkan teknologi digital yang sama dengan guru lainnya.

Untuk mewujudkan layanan yang cukup komprehensif dan efektif, guru BK juga perlu menyusun Rencana Pembelajaran Layanan (RPL) BK. Beberapa contoh RPL dari tingkat SMP dan SMA dapat dipelajari di ayo guru berbagi di laman kemdikbud. Beberapa contoh tersebut, misalnya sebagai berikut.

Rencana Pembelajaran Layanan (RPL) BK SMP Kelas 7 PJJ

Rencana Pembelajaran Layanan (RPL) BK SMP Kelas 8 PJJ

Rencana Pembelajaran Layanan (RPL) BK SMP Kelas 9 PJJ

Rencana Pembelajaran Layanan (RPL)BK SMA Kelas 10 PJJ

Rencana Pembelajaran Layanan (RPL)BK SMA Kelas 11 PJJ

Rencana Pembelajaran Layanan (RPL)BK SMA Kelas 12 PJJ

Dengan demikian, guru BK akan tetap dapat melaksanakan tugas dan perannya untuk memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa. Artinya, cara pemberian layanan dengan PJJ tidak mengurangi makna layanan kepada siswa.

Memeroleh contoh RPP lainnya, seperti PJOK, silakan diunduh di sini. 

RPP SD hingga SMK, juga dapat diunduh pada line berikut.

 

Post a Comment for " Contoh RPL, Rencana Pembelajaran Layanan Bimbingan Konseling SMP/ Mts, SMA/MA, SMK (UNDUH GRATIS) "