Media Presentasi Power Point (PPT) Untuk SD/ MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Tahun 2021 (Unduh File PPT)

Pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh guru seharusnya dapat disajikan secara menyenangkan. Sebab, siswa yang belajar di rumah (BDR) lambat laun bisa jadi mengalami kejenuhan. Pada titik tertentu, apalagi penyajian materi secara monoton, bisa saja menyebabkan siswa bosan atau tidak bergairah untuk belajar. Salah satu kelemahan proses pembelajaran jarak jauh, guru tidak bisa secara langsung memantau perkembangan belajar siswa, secara klasikal.

Tidak seperti pada pembelajaran tatap muka, bahwa pada kegiatan PTM penuh (seperti sebelum pandemi), guru secara penuh pula dapat mengontrol siswa belajar, membimbing dalam kelompok diskusi, memberikan reinforcement atau penguatan secara langsung, mengevaluasi juga secara langsung serta dapat berinteraksi lebih banyak waktu bersama siswa, di kelas.

Namun, musibah wabah pandemi bukanlah kehendak manusia. Bukan kehendak guru maupun pihak lain. Semuanya adalah takdir Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kita perlu bersyukur tetap diberi kesehatan dan kemampuan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai hamba, abdi negara, individu maupun makhluk sosial.

Sehingga, dengan adanya pademi, pemerintah melalui kemdikbud menerbitkan SE no. 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan BDR pada masa darurat pandemi ini. Sejak saat itu pula, pemerintah telah banyak melakukan terobosan, khususnya dalam bidang pendidikan.



Apalagi, kebijakan merdeka belajar memberikan ruang kepada guru untuk senantiasa dapat melakukan perubahan yang berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran. Mutu pembelajaran yang baik akan melahirkan mutu pendidikan yang baik pula.

Kemudian, pemerintah juga menyiapkan berbagai platform yang dapat digunakan guru dan siswa sebagai saluran dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Pemerintah melalui kemdikbud juga melaksanakan berbagai webinar atau kegiatan seminar daring dalam rangka peningkatan kompetensi guru. Hadapi bersama korona, guru berbagi, belajar bersama di TV, hingga program sekolah penggerak dan upaya mewujudkan pelajar Pancasila merupakan langkah nyata untuk meningkatkan mutu pendidikan. Maka, hal ini harus disambut gembira oleh guru. Tentu saja juga dapat belajar, mencoba, mempraktikkan dan melakukan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran.

Praktiknya, dalam kegiatan PJJ, guru dapat menggunakan berbagai platform yang tersedia atau aplikasi yang bisa dipelajari dari penyedia layanan tersebut. Beberapa platform dan aplikasi yang bisa digunakan guru, misalnya:

Virtual meeting: zoom meeting, google meet, cisco webex

Ruang guru

Google Workspace for Education: classroom, meet, site, slide, form dan lainnya.

Aplikasi rekam layar: az-screen, mobizen

Youtube

Blog pembelajaran

WA Grup

Dan sebagainya.

Tentu saja para sahabat telah memahaminya tentang fungsi dan kegunaan masing-masing aplikasi tersebut. Tinggal bagaimana cara meramu antara platform dan aplikasi yang dikuasai. Sehingga menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik dan tidak membosankan bagi siswa.

Guru dapat menerapkan antara bentuk atau mode sinkronous dan asinkronous dalam satu kali tatap muka maya pembelajaran.

Misalnya: untuk berkoordinasi, guru menggunakan WA. Kemudian guru mengajar dengan google meet dan memberi tugas ringan melalui classroom. Model pembelajaran seperti ini telah menerapkan mode sinkronous dan asinkronous. Maka, kegiatan pembelajaran semacam ini, disebut sebagai pola atau metode hybrid learning.

Untuk lebih jelasnya, para sahabat bisa membaca juga: Hybrid Learning saat PTM Terbatas.

Nah, ketika guru melakukan presentasi melalui meeting maupun rekam layar, tidak mungkin guru akan mempresentasikan slide dengan tampilan biasa. Apalagi menggunakan media presentasi word saja. Maka, guru perlu menampilkan presentasi yang menarik dan menyenangkan. Agar siswa ktia menjadi senang dan dapat menikmati pembelajaran dengan nyaman.

Jika, para sahabat belum sempat membuat media presentasi power point sendiri, bisa menggunakan power point presentasi di bawah ini. Guru dapat melakukan swasunting sesuai dengan kebutuhan dan situasi pembelajaran yang dilakukan.

Media presentasi power point ini dapat digunakan dalam aplikasi virtual meeting maupun rekam layar.

Untuk mengetahui cara menggunakan dan merekam virtual meeting, dapat dibaca juga: Menggunakan dan merekam pembelajaran dengan meet.

Adapun media presentasi power point tersebut adalah sebagai berikut.

 

Media Presentasi Power Point Kelas 1 SD/ MI Tema 1-4 >>>> Cek Di Sini

Media Presentasi Power Point Kelas 2 SD/ MI Tema 1-4 >>>> Cek Di Sini

Media Presentasi Power Point Kelas 3 SD/ MI Tema 1-4 >>>> Cek Di Sini

Media Presentasi Power Point Kelas 4 SD/ MI Tema 1-5 >>>> Cek Di Sini

Media Presentasi Power Point Kelas 5 SD/ MI Tema 1-5 >>>> Cek Di Sini

Media Presentasi Power Point Kelas 6 SD/ MI Tema 1-5 >>>> Cek Di Sini

 

Sedangkan untuk menunduh buku atau modul pembelajaran bisa dibaca juga:

Modul Pembelajaran SD/ MI

E-Book Matematika SD/MI

Modul PAI SD/ MI

 

Bagi guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran dan animasi power poin dapat dibaca juga:

RPP Daring SD/ MI Tahun 2021

Animasi keren untuk Power Point Presentasi

Kurikulum Sekolah Penggerak






Demikian yang dapat disajikan oleh admin aleepenaku. Semoga bisa membantu guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sampaikan saran untuk penyempurnaan berikutnya. Salam sehat, salam literasi.

8 comments for " Media Presentasi Power Point (PPT) Untuk SD/ MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Tahun 2021 (Unduh File PPT) "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.