Bentuk dan Soal AKM 2021 Kelas 8 SMP

Aleepenaku.com-Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun2021, maka supaya dipahami kembali tentang kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kemampuan literasi dapat berupa kemampuan kognitif atau kemampuan kognitif siswa. Kemudian, aspek numerasi mengukur kemampuan dalam hubungannya dengan angka-angka dan operasionalnya.

Selanjutnya, dalam AKM juga dilakukan survei karakter. Karakter berupa aspek afektif siswa. Yakni sikap dan nilai serta kebiasaan siswa dalam lingkungan belajar sehari-hari.

Dalam aktivitas asesmen di AKM juga akan dilakukan survei lingkungan belajar dengan tujuan untuk  mengetahui mutu pembelajaran di suatu satuan pendidikan.

Sumber Gambar: ruangguru.com

AKM yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini sebagai AKM di tahun pertama. AKM akan diterapkan untuk kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Peserta AKM 2021 ditentukan dan dipilih dengan cara acak. AKM akan dilaksanakan secara online yang didampingi oleh guru dan tenaga teknisi satuan pendidikan.

Soal AKM 2021 SMP Kelas 8



Sebagaimana yang telah ditentukan, bahwa dalam sistem acak tersebut di SD terdiri dari 30 siswa. Untuk SMP dan SMA masing-masing terdiri dari 45 siswa. Mulai saat ini, sejak dilaksanakannya uji coba ANBK 2021 tahap pertama, supaya dipersiapkan siswa yang telah ada dan menjadi siswa pesertanya.

Bentuk soal AKM yang akan diujikan adalah Pilihan Ganda, Pilgan Kompleks, Menjodohkan, Jawaban Singkat dan Uraian. Dalam bentuk pilihan ganda, peserta AKM hanya diperbolehkan memilih satu jawaban paling benar dari setap soal yang disajikan. Kemudian, pada bentuk soal pilgan kompleks, siswa peserta AKM dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam setiap sajian satu soal.

Selanjutnya, pada bentuk soal menjodohkan, berarti peserta AKM menjawab dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik yang lain sebagai pasangan antara pertanyaan dan jawabannya.

Bentuk berikutnya adalah soal dengan jawaban singkat atau isian singkat. Yaitu bentuk jawaban dengan cara menjawab dengan cukup singkat dapat berupa: bilangan, kata, nama benda, tempat, kelompok kata dan sebagainya.

Sedangkan bentuk soal uraian merupakan kemampuan peserta AKM dengan menjawab soal berupa kalimat, paragraf dan beberapa uraian kalimat lainnya yang mencerminkan jawaban dari soal yang dimaksud.

Agar lebih memahami tentang AKM, contoh soal, dan cara mencoba AKM dengan penjelasan berupa video dan infografis, dapat membaca juga di laman pusmenjar.kemdikbud. 

Untuk AKM Kelas 8 SMP maka soal-soal literasi numerasi juga sudah dapat dikunjungai di laman kemdikbud dan platform yang lain, seperti ruangguru. Adapun contoh AKM SMP Kelas 8yang dapat dipelajari seperti di bawah ini:

Sumber Gambar: ruangguru.com


Agar para guru pendamping atau guru dapat mempelajari latihan soal AKM jenjang SMP Kelas dengan mudah, maka dapat dicetak. Sehingga siswa dapat mempelajarinya dengan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, dokumen contoh soal AKM kelas 8 SMP dapat diunduh di bawah ini.

Contoh Soal AKM 2021 SMP Kelas 8 
Klik Tombol

Sahabat guru yang luar biasa, untuk memeroleh informasi penting lainnya, admin sarankan untuk membaca juga:

Post a Comment for "Bentuk dan Soal AKM 2021 Kelas 8 SMP"