Ketahui Sekarang Masuk pada Tahapan Penting Pelaksanaan ANBK SD, SMP, SMA di Bulan September 2021

Sahabat penaku yang luar biasa. Guru Indonesia yang senantiasa terus belajar. Guru SD, SMP, SMA dan semua guru Indonesia. Informasi penting menuju bulan Septermber 2021 adalah mendekati pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa dalam ANBK nanti satuan pendidikan akan mengikuti beberapa elemen penting dalam pelakasanaannya. Antara lain: Asesmen Kompetensi Minumum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. 

AKM sendiri merupakan bentuk asesmen terhadap kompentesi siswa. Memuat kompetensi literasi dan numerasi. Kemampuan literasi adalah kompetensi kognitif atau kemampuan pengetahuan siswa. Kompetensi numerasi bertujuan untuk mengukur kemampuan numerasi (angka dan operasinya) siswa.

Tentu saja, setelah Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) juga akan dilakukan survei karakter siswa dan survei lingkungan belajar (SLB) dalam rangka mengetahui mutu pembelajaran di sekolah.

Ketahuilah, sekarang masuk pada Tahapan Penting Pelaksanaan ANBK SD, SMP, SMA di Bulan September 2021. Kegiatan AKM ini akan diikuti oleh siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Sedangkan peserta dipilih langsung oleh pusat data di kemdikbud secara acak. Untuk siswa SD sebanyak 30 orang/ siswa. Sebanyak 45 siswa untuk SMP dan SMA.

Sumber Gambar: anbk.kemdikbud.go.id/


Bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum adalah sebagai berikut:

Pilihan Ganda, 

Pilihan Ganda (pilgan) Kompleks, 

Menjodohkan, 

Jawaban 

Singkat dan Uraian.

Sedangakan tahapan penting yang perlu diacatat, terutama memasuki bulan September adalah sebagai berikut:

Rakor, Sosialisasi dan Pelatihan Teknis berlangsung pada Bulan Januari - Maret 2021

Simulasi AKM di sekolah pada Bulan April - Agustus 2021

Pelaksanaan Asesmen Nasional pada Bulan September - Oktober 2021

Laporan Hasil (Profil dan Rapor Sekolah dan Daerah) pada Desember 2021

Untuk memperoleh informasi utuh tentang rangkaian atau tahapan ANBK tahun 2021 dapat dikunjungi juga lama Jadwal ANBK Kemdikbud 2021.

Silakan kepada satuan pendidikan untuk segera memahami lebih lanjut tentang AKM, bentuk dan contoh soal, di laman pusmenjar.kemdikbud. Bisa juga memeroleh informasi video dan infografis seputar AKM dan ANBK.

Informasi penting terkait dengan ANBK dan AKM 2021 dapat dibaca juga:

Contoh dan Bentuk Soal AKM SMP Kelas 8

Contoh dan Bentuk Soal AKM SMA Kelas 11

Modul Literasi Numerasi SD Lengkap

Informasi Asesmen Kompetensi Minimu 2021

Seputar KSN 2021

Informasi Tentang ANBK 2021

Twibbon Ceria Profil Pelajar Pancasila


Demikian yang dapat disampaikan. Semoga semuanya berjalan lancar. Semangat AKM dengan melakukan Simulasi AKM Sekarang. Dan senantiasa belajar berbagi bersama Guru Indonesia. Salam Literasi.

Post a Comment for "Ketahui Sekarang Masuk pada Tahapan Penting Pelaksanaan ANBK SD, SMP, SMA di Bulan September 2021"