Contoh Soal AKM 2021 SMA Kelas 11

Para sahabat guru yang hebat, marilah kita refresh kembali, bahwa AKM merupakan kegiatan asesmen terhadap kompentesi  yang mendasar bagi siswa. AKM ini memiliki goal setting untuk mengembangkan kompetensinya. Harapannya, siswa dapat hidup di masyarakat dengan partisipasi  positif dalam lingkungan masyarakat. Setidaknya lingkungan di mana ia tinggal.

Sehubungan dengan ini, AKM akan mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kemampuan literasi adalah aspek kemampuan kognitif atau kemampuan  pengetahuan siswa. Sedangkan, aspek numerasi mengukur kemampuan pengetahuan siswa dalam hubungannya dengan angka-angka dan praktik atau operasionalnya.

AKM juga dilakukan dalam aktivitas survei karakter. Karakter tersebut berupa afektif siswa berkenaan dengan sikap dan nilai serta kebiasaan siswa dalam lingkungan belajar sehari-hari.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) juga mengukur survei lingkungan belajar dalam rangka mengetahui mutu pembelajaran di sekolah.

Sumber Gambar: ruangguru.com

AKM yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini akan menjadi sejarah baru dalam dunia pendidikan kita. Sebab, AKM tahun ini merupakan hal yang pertama dalam ujian pada kelas tengan di setiap jenajng satuan pendidikan.

AKM yang akan dilaksanakan telah diterapkan untuk kelas  5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Dan peserta ditentukan dan dipilih dengan cara acak atua random. AKM akan dilaksanakan secara serentak dan online/ daring dengan pendampingan tenaga teknisi dan guru di sekolah masing-masing.

Sebagaimana yang telah ditentukan, bahwa:

peserta di SD terdiri dari 30 siswa. 

SMP 45 siswa, dan 

SMA 45 siswa.

Bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Pilihan Ganda, Pilgan Kompleks, Menjodohkan, Jawaban Singkat dan Uraian.

Pada bentuk soal dengan pilihan ganda, peserta AKM hanya bisa memilih satu jawaban paling benar dari setap soal.

Pada bentuk soal pilihan ganda (pilgan) kompleks, siswa peserta Asesmen Kompetensi Minimum dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam setiap satu soal.

Bentuk soal menjodohkan, yakni menjawab dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik yang lain sebagai pasangan antara pertanyaan dan jawabannya.

Soal dengan bentuk jawaban isian singkat merupakan cara menjawab dengan cukup singkat dapat berupa: bilangan, kata, nama benda, tempat, kelompok kata dan sebagainya.

Sedangkan bentuk soal uraian merupakan kemampuan peserta AKM dengan menjawab soal berupa kalimat, kumpulan kalimat, paragraf dan beberapa uraian kalimat lainnya yang mencerminkan jawaban dari soal yang dimaksud.

Para sahabat guru luar biasa, admin aleepenaku menyarankan bahwa untuk lebih memahami tentang AKM, contoh soal, dan cara mencoba AKM dengan penjelasan berupa video dan infografis, para sahabat dapat membaca juga di laman pusmenjar.kemdikbud. 

Untuk AKM SMA, yakni siswa kelas 11, maka soal-soal literasi numerasi juga sudah dapat dikunjungi di laman kemdikbud dan platform ruangguru.  Adapun contoh yang dapat dipelajari seperti di bawah ini:

Sumber Gambar: ruangguru.com



Agar para guru pendamping atau guru dapat mempelajari latihan soal AKM jenjang SMA Kelas 11 dengan mudah, maka dapat diprin atau dicetak. Sehingga siswa dapat mempelajarinya dengan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, dokumen contoh soal AKM kelas 11 SMA dapat diunduh di bawah ini.

Contoh Soal AKM 2021 SMA Kelas 11
Klik tombol:

Sahabat guru yang luar biasa, untuk memeroleh informasi penting lainnya, admin sarankan untuk membaca juga:

Contoh Soal AKM SD Kelas 5

Contoh Soal AKM SMP Kelas 8

Informasi AKM 2021

Modul Literasi Numerasi SD Lengkap

Seputar KSN 2021

Informasi Tentang ANBK 2021

Modul Literasi Numerasi SD Lengkap

Contoh Soal AKM SMA Kelas 11

Informasi AKM 2021

Seputar KSN 2021

Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK 2021

Tahapan Penting ANBK 2021

Cara Menjawab Soal HOTS AKM 2021

Solusi Cerdas Mengerjakan Soal Sulit ANBK 2021

Kisi-kisi dan Soal AKM Literasi Teks Fiksi

Kisi-kisi dan soal AKM Literasi Teks Informasi

Aplikasi AKM Berbasis Android

Tugas Guru dan Sekolah pada AKM 2021

Pedoman Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2021

Aplikasi AKM Kelas Bagi Guru dan Siswa

Twibbon Ceria Profil Pelajar Pancasila

Terima kasih atas atensinya. Semoga apa yang disajikan dapat menambah semangat dan referensi para siswa. Salam sukses, salam literasi.



2 comments for "Contoh Soal AKM 2021 SMA Kelas 11"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.