Cara Mudah Menjawab Jebakan Soal Pilihan Ganda Kompleks ANBK 2021, Mahirkan Siswa Memecahkan Masalah Penyelesainnya

Aleepenaku.com - Sahabat Guru Indonesia yang luar biasa. Para guru SD, SMP, SMA dan sederajat. Perlu diketahui bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2021 aan segera dilaksanakan. Persiapkan siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA untuk segera mengikuti ANBK di bulan ini. Baik persiapan teknis, maupun persiapan mental dan pengetahuan siswanya. 

Maka, segeralah latih siswa kita untuk melakukan simulai ANBK secara berkala. Apabila masih ada kesempatan, silakan lakukan simulasi mandiri ANBK dengan berkunjung ke laman resmi pusmenjar.kemdikbud. Atau para sahabat dapat melakukan simulasi ANBK, di sini.

Pelaksanaan ANBK SD, SMP, SMA  2021 meliputi: AKM, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Sedangkan AKM adalah asesmen terhadap kompentesi atau kemampuan kognitif siswa. Yakni, memuat kompetensi literasi dan kompetensi numerasi. Kemudian setelah pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) maka, akan dilakukan survei karakter (SK) siswa dan survei lingkungan belajar (SLB). Tujuannya untuk mengetahui mutu pembelajaran satuan pendidikan.

Ingatlah bahwa pada bulan September ini telah memasuki Tahapan Penting Pelaksanaan ANBK SD, SMP, SMA. Sesuai jadwal, ANBK akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober 2021. Adapun peserta yang mengikuti AKM ini dipilih secara acak, sebanyak 30 untuk siswa SD dan untuk siswa untuk SMP dan SMA sebanyak 45 siswa.

Nah, kembali admin ingatkan bahwa bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah sebagai berikut:

Pilihan Ganda (Pilgan)

Pilihan Ganda (pilgan) Kompleks (PGK) 

Menjodohkan, 

Jawaban Singkat (jasing) dan 

Uraian.

Para sahabat hebat, berhati-hatilah dalam memberikan pemahaman cara menjawab yang benar kepada siswa. 

Berdasarkan pengalaman, kelemahan siswa dalam menjawab ada beberapa poin (berdasarkan simulasi ANBK dan membandingkan jawaban siswa dengan kunci jawaban), antara lain sebagai berikut.

Pilihan Ganda Kompleks

Pilihan ganda kompleks adalah bentuk soal dengan memilih jawaban yang tepat lebih dari satu pilihan jawaban yang benar. Artinya, jika terdapat satu soal dan memiliki 5 butir pilihan jawaban, maka siswa dapat memilih minimal 2 jawaban yang tepat. Nah, sesuai pengalaman, masih saja ada siswa yang memilih satu jawaban benar. Tentu saja ini akan mengurangi skor. Terutama untuk siswa SD.

Soal dengan jawaban uraian

Menurut pengalaman, ketika siswa diminta untuk menguraikan jawabannya, maka yang terjadi adalah mayoritas siswa menjawab dengan jawaban pendek, satu kalimat. Padahal yang diminta kadang seharusnya dijawab dengan beberapa kalimat. Ini harus diperhatikan oleh guru pembimbing ANBK.

Contoh soal Pilihan Ganda Kompleks yang cukup mengecoh.

Bentuk Soal: Pilihan Ganda Kompleks

Soal sebagai berikut.

Pertanyaannya:

Desi ingin mengambil beberapa kartu bilangan yang nilai angka satuannya lebih kecil dari 5. Kartu-kartu apa saja yang dapat diambil oleh Desi?
(sumber soal: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/)

Pilihan Jawaban sebagai berikut.


Pertanyaannya sederhana. Tetapi, sepintas bagi siswa dengan taraf berpikir yang belum maksimal, bisa terkecoh.

Soalnya bertanya yang lebih kecil dari 5 untuk satuan bilangan yang ada pada setiap bangun datar. Namun, faktanya kadang siswa mengganggap bahwa menghitung sisi yang lebih kecil dari 5. Hal ini akan menimbulkan kesalahan jawaban.

Analisis kasus:

1. Jika siswa menganggap soal (dibaca kurang teliti) bahwa yang dimaksud jumlah sisi kurang dari 5, maka kemungkinan jawabannya adalah poin B, C, D.

2. Jika siswa jeli, dan memang memahami soal dengna baik, maka ia akan melakukan analisis soal, demikian:

poin A lingkaran memiliki angka 107, angka satuan 7 lebih besar dari 5 (bukan jawaban benar)

poin B bangun datar trapesium dengan angka 254, angka satuan 4 lebih kecil dari 5 (jawaban benar)

poin C bangun datar jajaran genjang dengan angka 371, angka satuan 1 lebih kecil dari 5 (jawaban benar)

poin D bangun datar persegi panjang dengan angka 245, angka satuan 5 sama dengan 5 (bukan jawaban benar)

poin E bangun datar segilima dengan angka 335, angka satuan 5 sama dengan 5 (bukan jawaban benar)

Maka, dengan demikian jawaban yang benar ada 2 yaitu poin B dan C.


Nah, proses yang demikian haruslah dipahamkan ke siswa Sehingga siswa memahami alur pemecahan masalahnya. Diharapkan siswa juga peka terhadap masalah sola numerasi yang memang berkaitan dengan angka-angka matematis.

Semoga sedikti bahasan satu soal ini dapat membantu siswa memahami konsep, prosedur dan tata cara menjawab pada aspek numerasi AKM nanti.

Bagi sahabat yang membutuhkan infromasi lengkap tentang rangkaian atau tahapan ANBK tahun 2021 silakan dikunjungi juga lama Jadwal ANBK Lengkap Kemdikbud 2021.

Sahabat juga dapat lebih memahami tentang AKM, bentuk soal  dan contoh soal, dengan mengunjungi laman pusmenjar.kemdikbud. 

Para sahabat disaranakan juga memahami materi berikut.

Soal (Bentuk dan Contoh) AKM SMP Kelas 8

Soal AKM SMA Kelas 11

Modul Literasi Numerasi SD Lengkap

Informasi Asesmen Kompetensi Minimu 2021

Seputar KSN 2021

Informasi Tentang ANBK 2021

Twibbon Ceria Profil Pelajar Pancasila


Demikian yang dapat admin alepenaku sajikan Semoga semuanya berjalan lancar dan sukses selalu. Semangat AKM dengan melakukan Simulasi AKM Sekarang. Salam sukses bersama anak Indonesia.

5 comments for "Cara Mudah Menjawab Jebakan Soal Pilihan Ganda Kompleks ANBK 2021, Mahirkan Siswa Memecahkan Masalah Penyelesainnya"

  1. Bagi guru matematika mudah, tapi bagi yg non mtk، bingung jg, ya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih penjelasannya. Saya lagi mau bikin soal model pilihan ganda kompleks

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.