Jurnal Pembelajaran Daring (PJJ) Harian PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Sekolah Dasar (SD)/ MI Semester 1 Tahun 2021

Kegiatan pembelajaran masa pandemi, memang secara serentak di seluruh wilayah nusantara dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Tetapi, praktiknya juga beragam. Hal ini dilaksanakan bergantung keadaan dan atau situasi daerah setempat.

Sebenarnya, memang banyak kendala yang dihadapi. Baik dihadapi oleh atuan Pendidikan, guru, siswa maupun orang tua. Apalagi situasi daerah yang cukup terpencil dan terpencil. Kendala yang mungkin dialami adalah sinyal internet.

Selain itu, terdapat pula hambatan yang dihadapi. Misalnya, fasilitas gawai (perangkat IT), dan lainnya. Tidak itu saja, kemampuan IT guru dan siswa serta orang tua juga tidak semuanya memiliki kecakapan yang sama. Ada yang memang sudah mahir IT, bisa, dan kurang bisa. Bahkan, juga masih ada yang awam terhadap teknologi pembelajaran berbasis IT.


Sedangkan platform yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (daring) yang bisa digunakan oleh guru adalah zoom meeting, google meet, cisco webex, classroom, google slide, dan sebagainya. Di sinilah fungsi dan peran guru serta kompetensinya diuji. Kemampuan yang beragam memungkinkan guru dapat memanfaatkan secara beragam pula.

Akan tetapi, juga ada aplikasi PJJ asinkronous yang bisa digunakan. Misalnya, WA Grup, Blog pembelajaran, aplikasi rekam layer (az screen, mobizen), youtube dan sebagainya. Oleh karena itu, guru ditantang dapat menguasainya.

Guru perlu juga memahami tentang tujuan pembelajaran yang dilakukan. Termasuk hasil belajar yang akan dicapai. Meliputi ranah belajar: kognitif, afektif dan psikomotor. Mengapa perlu memahaminya? Sebab, arah pembelajaran yang dilakukan guru adalah hasil belajar siswa. Orientasi dari pembelajaran yang dilakukan adalah siswa.

Pada kegiatan pembelajaran dengan orientasi pengetahuan siswa, guru bisa memberikan tugas-tugas ringan dengan tes formatif. Guru dapat melihat sikap siswa melalui kegiatan interkasi pembelajaran virtual meeting, meskipun mungkin tidak semaksimal saat PTM.

Bagaimanakah saat guru ingin mengukur hasil belajar siswa dari ranah psikomotor atau keterampilan?

Inilah sebenarnya tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Sekaligus mencari solusi alternatif pemecahan masalahnya.

Bagiamanakah dengan pembelajaran olah raga? Bukankah banyak aktivitas dalam pembelajaran olahraga dengan praktik atau permainan olah raga

Maka, guru olah raga harus pandai-pandai meramu kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Sekali lagi, berorientasi pada siswa. Maka, guru olahraga perlu memberi contoh, mengarahkan, mengontrol, membina, dan mengamati kegiatan siswa secara maya. Atau juga mengamati tugas praktik siswa secara visual melalui gambar atau video yang dikirim siswa.

Untuk mendapatkan rpp daring PJOK SD/ MI, silakan baca juga:  RPP DARING/ PJJ PJOK SD/MI, SMP, SMA.

Sekali lagi, mungkin ini tidak maksimal seperti PTM. Tetapi, jika guru olahraga melakukan hal ini, merupakan sesuatu yang luar biasa. Telah melakukan perubahan. Telah mampu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Tentu saja telah mampu mengorganisasi siswa ke dalam organisasi belajar yang cukup baik.

Nah, selanjutnya, agar guru olahraga memiliki gambaran tentang apa yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran masa pandemi, maka perlu dokumen pencatatan kegiatan mengajar sehati-hari. Itulah yang disebut sebagai jurnal pembelajaran.

Jurnal pembelajaran PJOK terdiri dari judul, identitas kelas yang diajar, tema, subtema, kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan keterangan yang diperlukan. Jurnal ini bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan laporan kegiatan pembelajaran masa daring.

Bagi guru olahraga yang ingin memeroleh contoh jurnal pembelajaran lengkap sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah mode daring, dapat dibaca di sini.

Jurnal Harian PJJJ/ Daring PJOK Kelas 1 SD/ MI 2021, >>> Cek Di Sini.

Jurnal Harian PJJJ/ Daring PJOK Kelas 2 SD/ MI 2021, >>> Cek Di Sini.

Jurnal Harian PJJJ/ Daring PJOK Kelas 3 SD/ MI 2021, >>> Cek Di Sini.

Jurnal Harian PJJJ/ Daring PJOK Kelas 4 SD/ MI 2021, >>> Cek Di Sini.

Jurnal Harian PJJJ/ Daring PJOK Kelas 5 SD/ MI 2021, >>> Cek Di Sini.

Jurnal Harian PJJJ/ Daring PJOK Kelas 6 SD/ MI 2021, >>> Cek Di Sini.

 

Bagi guru lain atau guru kelas, dapat membaca dan menggunakan jurnal pembelajaran harian kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI di laman Jurnal HarianLengkap SD/MI tahun 2021.

Informasi lainnya dapat dibaca juga:

Modul PJOK SD, SMP, SMA

Buku Guru dan Siswa Sekolah Penggerak

Demikianlah yang bisa admin aleepenaku.com yang bisa bagikan. Semoga senantiasa dalam kesehatan dan dapat bersama-sama membangun Pendidikan yang berkualitas. Semoga bermanfaa salam literasi.

 

Post a Comment for " Jurnal Pembelajaran Daring (PJJ) Harian PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Sekolah Dasar (SD)/ MI Semester 1 Tahun 2021 "