JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PJJ PANDEMI K-13 KELAS 1,2,3,4,5,6 SEKOLAH DASAR (SD) SEMESTER 1 (UNDUH WORD)


Guru dengan segala tanggung jawab yang melekat kepadanya harus selalu berusaha untuk melaksanakan kewajiban tersebut dengan sebaik-baiknya. Tugas utama guru sebagai petugas profesi adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan, merefleksi, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut pembelajaran.

Merencakan pembelajaran berarti guru menyiapkan rencana pembelajaran yang memuat identitas sekolah, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran, materi ajar, metode atau model yang diterapkan, alat dan bentuk evaluasi sebagai penilaian dan mengetahui pimpinan sekolah serta rubrik penilaian dan contoh bentuk penilaian. Tetapi, disederhanakan menjadi selembar RPP.

Melaksanakan pembelajaran berati melakukan kegiatan transformasi pembelajaran dengan menyampaikan bahan ajar kepada siswa menggunakan metode yang telah dirancang. Pada saat pandemi, PJJ adalah pilihan metode mengajar. Maka, guru harus kaya stratgei menyampaikan bahan ajar dengan multisaluran pembelajaran. Mengajar dapat melalui virtual meeting (zoom, meet), classroom, blog pembelajaran, youtube video pembelajaran, grup WA dan sebagainya. Guru diharapkan dapat meramunya menjadi hybryd learning yang menarik dan menyenangkan.

Merefleksi pembelajaran berarti guru dan siswa melakukan perenungan terhadap kegiatan pembelajaran yang baru saja dilaksanakan. Bisa saja ada kekurangan yang perlu diperbaiki pada kegiatan pembelajaran berikutnya. Atau juga melakukan refleksi terhadap suasana pembelajaran serta soal-soal formatif yang diberikan.

Mengevaluasi kegiatan pembelajaran dengan memberikan umpan balik berupa soal yang sederhana. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa tinggi siswa menyerap materi kegiatan yang baru saja dilakukan.  Jika telah tercapai dengan baik maka guru perlu menentukan tindak lanjutnya berupa pengayaan. Sebaliknya, jika belum tercapai maksimal, guru dapat merencanakan tindak lanjut dengan remedial teeaching.

Kemudian, ketika guru mengajar, juga sangat penting merekam seluruh kegiatan pembelajaran secara tertulis dalam bentuk jurnal pembelajaran. Jurnal pembelajaran merupakan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Jurnal merupakan administrasi pembelajaran guru yang digunakan untuk mengetahui bahwa rencana pembelajaran yang telah dilakukan itu apa saja. Kemudian, dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dilaksanakan dapat menjadi koreksi bagi guru untuk disempurnakan pada kegiatan pembelajaran berikutnya. Maka, guru secara riil dapat menuliskan seluruh aktivitas pembelajarannya dalam jurnal pembelajaram tersebut.

Sedangkan, struktur dari jurnal pembelajaran dapat disusun oleh guru dengan memerhatikan aspek yang dilakukan. Misalnya memuat identitas sekolah, kelas, semester, mata pelajaran atau tema, tahun pelajaran dan sebagainya. Kemudian, juga memuat format jurnal berupa tabel yang terdiri dari beberapa kolom. Misalnya, pada kegiatan pembelajaran tematik dapat dibuat kolom hari/ tanggal/ tema, sum tema, PB, KD, Materi Ajar, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran serta nama kepala sekolah dan guru.

Perlu diketahui bahwa jurnal kegiatan pembelajaran juga dapat ditulis berdasarkan apa yang dilakukan oleh guru pada saat mengajar. Termasuk pada masa pandemi dan guru melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh, maka juga dapat dijurnalkan. Tentu saja harus menyesuaikan dengan materi yang disampaikan dan media saluran mengajar belajar yang digunakan.

Beberapa media saluran atau mode pembelajaran dalam PJJ adalah sebagai berikut:

1. WA grup digunakan untuk melakukan sosialisasi, komunikasi, informasi dan koordinasi dengan wali siswa serta siswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.

2. Virtual meeting zoom dan atau meet digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan pola tatap maya, virtual meeting.

3. Blog pembelajaran merupakan materi ajar secara tertulis yang ditayangkan di blog pendidikan. Siswa dapat membaca materi pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan saat itu.

4. Youtube pembelajaran berisi tentang video pembelajaran yang diunggah oleh guru. Bisa berasal dari rekam layar yang diunggah maupun video live yang diyoutubekan.

5. Classroom adalah media untuk menyajikan materi berupa tekstual, video dan audio, serta memberikan tugas kepada siswa maupun meresponnya. Juga memberikan penilaian dan menyerakan kembali ke siswa.

Nah, platform tersebut dapat dikombinasikan secara sinkronous maupun asinkronous yang dikenal dengan hybrid learning atau blended learning.

Dalam jurnal, juga dituliskan tentang saluran media yang digunakan, yaitu zoom, meet, wa, yotube, classroom dan sebagainya.

Secara lengkap, jurnal pembelajaran dapat mengikuti petunjuk pengisian jurnal di bawah ini.

1. Judul Jurnal berisi Jurnal Pembelajaran dan Nama Sekolah

2. Identitas kelas dan mata pelajaran atau tema diisi dengan yang sesuai.

3. Hari dan tanggal diisi dengan hari dan tanggal kegiatan pembelajaran dilakukan

4. Tema diisi dengan tema pembelajaran pada hari itu

5. Sub tema diisi dengan sub tema pembelajaran pada saat itu, disebutkan sub temanya.

6. PB diisi pembelajaran keberapa

7. Kompetensi Dasar diisi dengan kompetensi dasar yang dijarkan saat hari itu

8. Materi ajar diisi dengan poin materi ajar saat itu atau KD tertulis

9. Kegiatan pembelajaran diisi dengan proses pembelajaran secara singkat dan memuat saluran yang digunakan secara jarak jauh: meet, zoom, classroom, wa dan seterusnya.

10. Penilaian dapat diisi dengan model atau pertanyaan atau hal yang dinilaikan kepada siswa pada hari itu.

11. Mengetahui kepala sekolah diisi dengan nama dan nip kepala sekolah tempat guru mengajar

12. Nama dan nip guru diisi dengan nama dan nip guru pengajar.

Jurnal pembelajaran, selain sebagai administras pendidikan di kelas, maka juga berfungsi untuk refleksi bagi guru atas apa yang telah dilakukan. Kemudian, berusaha untuk memperbaikinya pada pembelajaran berikutnya.

Demikian, paparan tentang jurnal pembelajaran, pengertian, fungsi, struktur dan petunjuk pengisianya. Bagi guru yang telah mengunduhnya, dapat mengedit dan menyesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yagn telah dilakukannya.

Untuk mendapatkan Jurnal Pembelajaran secara lengkap, dapat diunduh di bawah ini.

 

JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH K-13 KELAS 1 SD, >>> Cek DI SINI

JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH K-13 KELAS 2 SD, >>> Cek DI SINI

JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH K-13 KELAS 3 SD, >>> Cek DI SINI

JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH K-13 KELAS 4 SD, >>> Cek DI SINI

JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH K-13 KELAS 5 SD, >>> Cek DI SINI

JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH K-13 KELAS 6 SD, >>> Cek DI SINI

 

Semoga dapat digunakan dan dikembangkan agar lebih sempurna. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan Buku Ajar Elektronik Sekolah Penggeraknjenjang PAUD, SD, SMP, SMA sederajat dapat diunduh di sini.

Dan Modul Pembelajaran Literasi dan Numerasi untuk jenjang SD dapat diunduh di sini.

 

6 comments for " JURNAL KEGIATAN GURU DALAM PJJ PANDEMI K-13 KELAS 1,2,3,4,5,6 SEKOLAH DASAR (SD) SEMESTER 1 (UNDUH WORD) "

  1. Keren, smg bermanfaat dan barokah...aamiin, tksih Mr.Ali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Terima kasih Cak San. Terima kasih atas kunjungannya dan follownya

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih pak Imam. Semoga sukses selalu

      Delete
  3. Mantap kak ali, sangat membantu👍👍👍

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.