Modul Bimbingan Konseling dan Karir (Pedoman Layanan BK)

Apakah masih ada siswa yang beranggapan bahwa untuk datang ke guru BK terasa seperti ada hambatan? Bahkan sebenarnya, guru BK dapat memberikan solusi alternatif terhadap persoalan yang dihadapi siswa. Termasuk membantu dalam menentukan keputusan terkait dengan pendidikannya.

Banyak pakar konseling mendefinisikan BK yang beragam. Tetapi, pada intinya, sama. Secara substansi memiliki makna yang relatif sama.

Bimbingan diartikan sebagai sebuah bantuan kepada siswa. Membantu mengembangkan potensi siswa dan ia mampu mengembangkan diri semaksimal  mungkin untuk meraih masa depan sesuai dengan harapannya  Abu, Ahmadi (1991).



Pakar konseling lain juga memaknai bahwa konseling itu berarti bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa bimbingan konseling merupakan suatu proses bantuan. Proses pertolongan kepada siswa yang dapat dilakukan melalui wawancara sehingga masalahnya dapat teratasi.

Dengan demikian, siswa tidak memiliki beban lagi terhadap masalah yang pernah dihadapi. Konselor yang memiliki kompetensi memadai dapat mengetahui dan memahami apa yang dialami oleh konseli (siswa).

Di sini, admin berupaya berbagi tentang modul pedoman bagi guru BK yang mungkin bermanfaat untuk menambah referensi. Dalam modul ini memuat konteks yang menjadi pertanyaan kepada siswa. Misalnya, tentang kesadarn diri, kesempatan, pembuatan keputusan, pembelajaran transisi dan sebagainya.

Dalam modul ini pula memberikan gambaran dengan kerangka kerja kegiatan sekitar 25 kerangka kerja kegiatan yang perlu diketahui, khususnya bagi guru BK.

Selengkapnya dapat diunduh di MODUL LAYANAN BK 

Untuk menyusun Rencana pelayanan BK, dapat dibaca juga contoh Rencana Pembelajaran Layanan Bimbingan Konseling.

Sedangkan modul lain untuk jenjang SMA dapat dibaca di MODUL SMA LENGKAP.

demikian apa yang dapat dibagikan dan semoga bermanfaat untuk mutu pendidikan kita. Terima kasih telah berkenan membaca artikel di aleepenaku.com ini. Salam literasi.

Post a Comment for " Modul Bimbingan Konseling dan Karir (Pedoman Layanan BK) "