SOAL Penilaian Akhir Semester Ganjil PJJ Matematika untuk Google Form Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021


Pada sahabat guru yang luar biasa, setelah kita melaksanakan penilaian harian 1, tentu saja kita akan menyiapkan penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Oleh karena itu, sejak jauh sebelumnya kita perlu mempersiapkan diri. Mulai memetakan soal-soal PAS berdasarkan KD yang telah diajarkan.

Jika kita menggunakan kurikulum darurat, kita akan memilih KD yang diajarkan saja untuk diujikan. Kalau menggunakan kurikulum 2013 yang disederhanakan, juga perlu mempertimbangkan jumlah soal yang diberikan kepada siswa. Soal yang diberikan, seharusnya memang dari KD yang harus dikuasai oleh siswa.

Nah, setelah guru melakukan analisis terhadap penilaian harian yang dilakukan, tentu mungkin ada yang perlu dilakukan perbaikan pembelajaran. Silakan saja sesuai dengan situasi dan kondisi. Termasuk kondisi psikologis siswa. Sebab, sebagaimana diketahui bahwa saat ini pembelajaran dilakukan dengan pola PJJ.



Sehingga, guru juga tidak memberikan tugas-tugas berat dan menumpuk kepada siswa. Selain faktor psikis siswa, mungkin akan kelelahan jika terlalu banyak mengerjakan tugas dengan terus memandangi layar gawainya.

Setelah dirasa guru melakukan pengkajian terhadap KD tertentu, guru diharapkan bisa membuat kisi-kisi soal yang akan diujikan. Barulah setelah itu guru menyusun soal. Soal PAS ini sebenarnya merupakan materi yang diujikan pada soal PH dan PTS. Tetapi, guru perlu membuat soal yang lain dengan KD yang sama. Agar siswa memiliki kekayaan dalam berpikir. Sehingga juga dapat meningkatkan atau menambah pengetahuan siswa.

Pada bidang studi matematika, soal yang diujikan juga tidak terlalu banyak. Tetapi, sekali lagi ini bergantung guru yang lebih memahami kondisi siswa. Hal terpenting semua KD yang dipelajari dapat diujikan.

Untuk kelas 5 semester 1, materi yang diujikan meliputi sub pokok bahasan sebagai berikut.

1.       Penjumlahan Pecahan Berpenyebut sama

2.       Penjumlahan berpenyebut tidak sama

3.       Penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran

4.       Penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campuran

5.       Mengubah pecahan menjadi decimal

6.       Mengubah pecahan menjadi persen

7.       Mengubah decimal menjadi pecahan biasa

8.       Mengubah persen menjadi pecahan biasa

9.       Mengubah persen menjadi pecahan desimal

10.   Mengubah pecahan decimal menjadi persen

11.   Pengukuran jarak

12.   Pengukuran waktu

13.   Skala

14.   DenahTentu saja setiap sub pokok bahasan tersebut dapat diujikan. Meskipun secara proporsionalitas tidak bisa disamakan. Tetapi ada keterwakilannya dalam soal. Namun, sekali lagi, hal ini bergantung guru yang memahami kondisi siswa.

Jumlah soal juga bergantung guru yang dihitung dengan lama waktu yang dibutuhkan. Bisa saja 20-30 soal untuk keseluruhan sub pokok bahasan. Atau antara 30-40 soal dengan beragam bentuk soal, misalnya pilihan ganda, jawaban singkat dan uraian.

Sedangkan pada masa pandemic ini, guru dapat menyajikan soal dalam bentuk google form. Artinya, soal yang ada diinput ke google form. Guru juga bisa menentukan skor persoal sesuai dengan bobot soal itu sendiri.

Sebagai bahan bandingan, maka untuk soal Matematika kelas 5 semester 1 pola PJJ dapat diunduh di sini.

Untuk mendapatkan informasi lainnya tentang soal-soal PH, PTS dan PAS, silakan dibaca juga:

Soal-soal pilihan PH, PTS dan PAS SD/ MI >>> Cek di sini

Terima kasih atas perhatiannya, semoga dapat bermanfaat untuk memperkaya wawasan kita semua. Salam literasi.

Post a Comment for " SOAL Penilaian Akhir Semester Ganjil PJJ Matematika untuk Google Form Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021 "