Pasang Foto di Twibbon Keren Profil Pelajar Pancasila, Gelorakan Semangat Pelajar Indonesia

Para sahabat guru Indonesia yang hebat, salah satu tanggung jawab guru adalah mengembangkan, memberi contoh, mendidik dan memberikan penguatan karakter terhadap peserta didik atau siswa di sekolah. Masa pandemic bukanlah hambatan untuk mewujudkan pelajar yang berkarakter. Terutama karakter yang tercermin dalam diri siswa, kehidupannya yang relevan dengan karakter yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila. Karakter itulah yang kemudian menjadi milik siswa yang tertanam dalam jiwa sanubarinya.

Sahabat penaku yang luar biasa, sebagaimana yang dijealakan dalam Permendikbud No. 22 TAHUN 2020, Tentang Renstras Kemdikbud 2020-2024 Profil Pelajar Pancasila relevan dengan visi dan misi Kemndikbud.

 

Siapakah pelajar Pancasila itu?

Pelajar Pancasila merupakan wujud dari siswa sebagai pelajar seluruh jenjang Pendidikan di Indonesia. Ia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki wawasan global. Pelajar yang memiliki sikap dan perilaku yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila.

Pelajar Pancasila merupakan wujud pelajar Indonesia yang memiliki karakteristik utama sebagai berikut.

Beriman

Bertakwa kepafa Tuhan Yang Maha Esa

Berakhlak Mulia

Memiliki kebinekaan global

Bergotong royong

Mandiri’

Memiliki nalar kritis

Kreatf

 

Selengkapnya tentang Profil Pelajar Pancasila dapat di baca juga Profil Pelajar Pancasila di laman kemdikbud.id.

Nah, sahabat yang luar biasa, bagaimanakah kita dapat memberikan penguatan dan mendidik siswa kita agar menyesuaikan serta memiliki karakter pelajar Pancasila?

Perlu diingat bahwa karakter tidak diajarkan sepert mata pelajaran. Tetapi, karakter terintegrasi pada setiap mata pelajaran dan dipraktikkan dalam setiap situasi pembelajaran. Karakter dipraktikkan, dicontohkan dan dibiasakan dalam kehidupan siswa di sekolah, di rumah dan masyarakat.

Guru juga perlu menampilkan karakter pribadi yang mantap, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki tabiat yang baik dan karakter positif lainnya. Sehingga, siswa dapat meniru dan meneladani karakter guru yang baik. Pada gilirannya, siswa terbiasa dengan perilaku yang baik dan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat serta sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sabahat yang hebat, mari kita kampanyekan karakter baik sesuai nilai-nilai Pancasila. Selain dengan contoh nyata, kita dapat menyosialisasikan Profil Pelajar Pancasila melalui poster berbingkai yang menarik bagi siswa. Dimulai dari guru sendiri, hingga siswa mengenalnya dengan baik.

Ditjen Pauddikdas Kemdikbud telah membuat twibbon yang bagus terkait dengan profil pelajar Pancasila ini. Untuk membacanya, bisa ditelusuri di laman ditpsd.kemdikbud.go.id Untuk memasang foto kita atau siswa yang bersangkutan dalam bingkai twibbon Pelajar Pancasila, dapat dilakukan seperti di bawah ini.

 

Twibbon: Nuril Farikha Fitri


Untuk memasang foto keren pada bingkai Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan YME, bisa dipasang di sini.


Twibbon: Nuril Farikha Fitri

Untuk memasang foto keren pada bingkai Berkebinekaan Global, bisa dipasang di sini.


Twibbon: Nuril Farikha Fitri

Untuk memasang foto keren pada bingkai Bergotong Royong, bisa dipasang di sini.

Sedangkan Twibon atau bingkai lainnya dapat dipasang dengan mengunduhnya di bawah ini.

Twibbon Pelajar Pancasila Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif dapat diunduh di sini.

Untuk memeroleh informasi terkait lainnya, bisa dibaca juga:


Twibbon Tahun Baru Islam 1443 H

Ayo Kibarkan Bendera Secara Serentak

HUT Ke-76 Kemerdekaan RI


Demikianlah apa yang dapat admin aleepenaku.com bagikan. Semoga bisa menambah semangat guru untuk terus menyosialisasikan semangat Pancasila kepada siswanya. Semoga juga bisa siswanya bersemangat dalam menyongsong Pelajar Pancasila. Salam semangat.

10 comments for " Pasang Foto di Twibbon Keren Profil Pelajar Pancasila, Gelorakan Semangat Pelajar Indonesia "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.