Soal PAS PJJ untuk Google Fofm Tema 1,2,3,4,5 Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021

Kegiatan pembelajaran semester 1 sudah berlangsung. Dan mungkin di beberapa sekolah sudah melaksanakan penilaian harian 1 atau kegiatan literasi. Kemudian sebentar lagi kita akan melaksanakan penilaian tengah semester (mid semester). Sehingga, mau tidak mau, guru harus mempersiapkan soal-soalnya. Termasuk sebentar lagi akan melaksanakan penilaian akhir semester (PAS). 

Oleh karena itu, sejak saat ini guru sangat perlu memetakan soal-soal PAS berdasarkan KD yang telah diajarkan. Guru juga diharapkan menganalisa KD-KD mana yang diajarkan dan akan diujikan. Tentu saja bergantung pada kurikulum yang diterapkan di sekolah.

Misalnya, sekolah kita menerapkan kurikulum darurat, maka guru harus memilih KD yang diajarkan saja untuk diujikan. Jika sekolah tersebut mengimplementasikan kurikulum 2013 yang disederhanakan, maka guru juga penting mempertimbangkan jumlah soal yang akan diujikan. Sehingga apa yang diujikan dapat terserap dengan maksimal oleh siswa. Seperti yang diketahui bersama, bahwa soal yang diujikan memang berasar dari KD yang diajarkan. Dan harapannya, siswa maksimal mengusainya.



Penilaian harian yang telah dilakukan, tentu ingin juga diketahui hasilnya. Hasil belajar siswa yang beragam. Oleh karena itu, perlu dianalisis. Untuk menganalisis, gunakanlah cara yang mudah menggunakan format excel. Bagi yang memerlukan, bisa baca juga: Format Analisis PH, PTS, PAS SD/MI.

Mungkin saja guru perlu melakukan perbaikan pembelajaran, jika sudah menganalisis penilaian harian siswa. Namun, dalam kondisi PJJ ini, mungkin guru juga memiliki alternatif lainnya, silakan sesuai dengan kondisi yang dipahami oleh guru.

Pada masa pandemi dengan pola PJJ, diharapkan guru juga memberikan tugas-tugas banyak dan menumpuk kepada siswa. Bisa jadi membebani psikis siswa di tengah upaya tetap menjaga imunitas. Bisa jadi pula, siswa mengalami kelelahan jika terlalu banyak mengerjakan tugas yang menumpuk.

Kemudian, guru bisa membuat kisi-kisi soal PAS yang akan diujikan. Barulah menyusun soal. Pada pembelajaran tematik, soal yang diujikan mungkin tidak terlalu banyak. Tidak seperti pada masa normal. Tetapi, semua KD terwakili untuk diujikan.

Untuk kelas 5 semester 1, materi yang diujikan adalah tema1,2,3,4 dan 5, yaitu sebagai berikut.

Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 1
Organ Gerak Hewan 
Subtema 2
Manusia dan Lingkungan 
Subtema 3
Lingkungan dan Manfaatnya 

Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan

Subtema 1
Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
Subtema 2
Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan 
Subtema 3
Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia 

Tema 3 Makanan Sehat
Subtema 1:
Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? 
Subtema 2:
Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh 
Subtema 3:
Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Tema 4 Sehat Itu Penting
Subtema 1
Peredaran Darahku Sehat
Subtema 2
Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah
Subtema 3
Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia.

Tema 5 Ekosistem
Subtema 1
Komponen Ekosistem
Subtema 2
Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem
Subtema 3
Keseimbangan Ekosistem

Kemudian, PAS sebelum pandemi dilaksanakan menjadi 2 sesi. Namun,  pada PAS PJJ dengan google form bisa dijadikan satu sesi. Soal berikut di bawah ini dapat disalin rekat ke google form milik guru. Baik yang menggunakan akun belajar.id maupun akun pribadi lainnya.

Bagi guru yang memerlukan Soal PAS PJJ untuk Google Form Tematik Kelas 5, dapat diunduh di bawah ini.

Soal PAS PJJ input ke Google Form Tema 1 >>> Unduh File
Soal PAS PJJ input ke Google Form Tema 2 >>> Unduh File
Soal PAS PJJ input ke Google Form Tema 3 >>> Unduh File
Soal PAS PJJ input ke Google Form Tema 4 >>> Unduh File
Soal PAS PJJ input ke Google Form Tema 5 >>> Unduh File

Sebagai bahan bandingan juga, untuk soal Matematika kelas 5 semester 1 pola PJJ dapat diunduh di sini. 
Untuk mendapatkan informasi lainnya tentang soal-soal PH, PTS dan PAS, silakan dibaca juga:


Terima kasih atas atensinya, semoga dapat bermanfaat untuk memperkaya wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan dan masukannya.

Post a Comment for "Soal PAS PJJ untuk Google Fofm Tema 1,2,3,4,5 Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021"