Modul Belajar Mandiri PPPK PAUD Tahun 2021

  Para sahabat aleepena yang berbahagia. Ingin rasanya menyaksikan teman-teman peserta seleksi PPPK Guru berbahagia. Menyaksikan lolos tes dan menjadi abdi Negara. Semoga dimudahkanNya.

Untuk itulah perlu banyak berdoa dan belajar tentang kompetensi guru yang harus disiapkan. Sebagaimana Undang-undang No. 14 tahun 2005, menyebutkan bahwa guru merupakan petugas profesi dengan tugas utama mengajar. Yaitu mulai dari merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut pembelajaran.

Kemudian, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang guru, bahwa guru harus memiliki kompetensi yang memadai. Kompetensi guru yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Kompetensi pedagogik, terkait dengan bagaimana guru mengajar, menerapkan metode, memahami karakteristik siswa dan sebagainya.
  2. Kompetensi pribadi, seorang guru harus mampu menampilkan individu atau pribadi yang mantap, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhla mulia, jujur, berintegritas, tanggung jawab dan sebagainya.
  3. Kompetensi sosial berarti guru harus mampu menempatkan diri dalam ranah sosial, interaksi sosial, peka sosial, dapat bersosialisasi dengan baik. Antara guru dengan guru, dengan siswa, dengan masyarakat dan dengan siapapun.
  4. Kompetensi profesional berarti guru harus mampu mengembangkan pembelajaran, alar peraga, media pembelajaran, mengembangkan metode pembelajaran, teknologi pembelajaran, berkarya inovatif, kreatif dan berwawasan global serta peka terhadap perkembangan dan tantangan dunia pendidikan.

 



Alhamdulillah, kita patut bersyukur kepadaNya, bahwa pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Termasuk pada proses seleksi PPPK ini secara berkualitas. 

Hingga kini pula, Kemdikbud seringkali mengadakan seminar daring, pelatihan, workshop dan pendampingan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Ini yang harus kita dukung bersama, agar cita-cita pendidikan kita tercapai.

Dalam konteks tenaga guru, Kemdikbud telah melaksanakan proses seleksi untuk menghasilkan calon guru PPPK tahun 2021 yang berkualitas. Sedangan tes seleksi yang diujikan, memuat beberapa materi, yaitu:

Kemampuan sosio kultural

Kemampuan manajerial

Kemampuan pedagogik

Kemampuan nalar, logika

Kemampuan profesional

Kemampuan mata pelajaran 

Kemampuan diwawancara

Calon guru PPPK daat berbahagia sekali. Sebab, rekrutmen ASN PPPK Guru tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya. Tahun ini yang boleh mendaftar adalah guru honorer di semua jenjang sekolah, terdaftar di Dapodik serta guru yang memiliki sertifikat PPG yang belum mengajar.

Dalam rangka membantu para calon guru PPPK, pemerintah melalui Ditjen GRK memberikan alternatif yang sangat membantu calon ASN ini, yaitu Modul Belajar Mandiri bagi calon ASN PPPK Guru tahun 2021. Tentu, ini harus disambut dengan gembira dan memaksimalkan waktu untuk belajar.

Sehingga diharapkan lulusan PPPK nanti akan memiliki kualitas yang baik. Dan tentu akan berdampak baik pula pada peningkatan mutu pendidikan pada masa berikutnya. 

Pada jenjang PAUD materi yang dapt dipelajari dalam modul belajar mandiri tersebut meliputi:

Layanan Holistik Integratif

Perkembangan Belajar AUD

Materi AUD

Perangkat Pembelajaran

Asesmen

Untuk calon guru PPPK jenjang PAUD, maka perlu juga menyiapkan belajar modul mandiri, yaitu:

Modul Belajar Sosio Kultural  PAUD >>> Unduh File

Modul Belajar Kemampuan Manajerial PAUD >>> Unduh File

Modul Kompetensi Pedagogik PAUD >>> Unduh File

Modul Kemampuan Profesional PAUD >>> Unduh File

Juga diharapkan membaca materi:

Untuk informasi penting lainnya, dapat di baca juga:

Modul PPPK Bimbingan Konseling

Modul PPPK Matematika SMP, SMA

Modul PPPK PJOK SMP, SMA

Modul PPPK Bahasa Indonesia SMP, SMA

Modul PPPK Bahasa Inggris SMP, SMA

Modul Bakat Skolastik, Wawancara, Paket, dan lainnya >>> Unduh Berkas

Demikianlah modul belajar mandiri yang dapat dipelajari. Para calon ASN PPPK Guru PAUD dapat mencari tambahan informasi lainnya atau mengunjugi laman datadikdasmen. Perlu diketahui bahwa dalam setiap modul di atas, terdiri dari 4 atau lebih modul yang harus diunduh dan dipelajari.

Semoga sukses dan mengabdi untuk Negeri. Mohon untuk teman lainnya agar dibantu pula. 

Untuk informasi penting lainnya, dapat di baca juga:

Modul Belajar Mandiri PPPK SD: Sosiokultural, Manajerial, Pedagogik >>> Unduh File

Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Post a Comment for "Modul Belajar Mandiri PPPK PAUD Tahun 2021"