Pendaftaran Bimtek Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Angk. 8

Sahabat hebat guru guru PAUD, TK/ TKLB, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/ SMALB dan SMK, aleepenaku sekadar mengingatkan kembali bahwa kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru 2021-2022 telah kita mulai. Dan ternyata, di awal kegiatan masuk pada pembelajaran tahun baru, dilakukan tetap dengan PJJ. Sebab, situasi masih belum memungkinkan PTM terbatas. PPKM juga diperpanjang, waktu itu.

Nah, marilah kita bersiap untuk memulai kegiatan pembelajaran dengan PTM terbatas. Semoga selalu sehat, aman, dan berbahagia. Khususnya anak-anak negeri senusantara, semoga kembali ke sekolah dan sehat selalu. Kemudian, KBM kembali berjalan normal sediakala.

Sebenarnya, pemerintah melalui Kemdikbud RI telah menyiapkan program Guru Belajar dan Berbagi. Program ini khusus seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021-2022. Program ini dimulai pada Juli lalu, untuk angkatan 1. Tetapi, janganlah khawatir bahwa pembelajaran di masa covid-19 ini, insyaAllah kembali ke sekolah. PTM terbatas yang dikombinasikan dengan PJJ. Kita berdoa, semoga pandemi corona ini segera berlalu dan siswa kita bisa masuk sekolah seperti sediakala.

Pembelajaran kombinasi itu dikenal dengan blended learning atau hybrid learning. Guru harus mampu mengombinasikan kegiatan pembelajaran luring dan daring. Sinkronous dan asinkronous. Sehinga KBM tetap berjalan dengan optimal. Demikian juga siswa dan orang tua, bahwa guru dan sekolah perlu menyosialisasikan pola belajar daring - luring tersebut.

Apakah Program Kemdikbud itu?

Program pemerintah melalui Kemdikbud ini merupakan program Guru Belajar dan Berbagi (GBB) Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru, yakni Tahun Ajaran 2021-2022.

Luar biasa sekali, bahwa program Kemdikbud ini dirancang untuk mampu menjawab tantangan. Tantangan yang dimaksud adalah kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh seorang guru dan sekolah. Tentu saja tantangan dan kompleksitas dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang implementatif dan adaptif. Kemudian, pembelajaran yang fleksibel serta mengutamakan kesehatan warga sekolah. Semua warga sekolah (guru dan siswa dan GTK lainnya) senantiasa dalam keselamatan dan kesehatan.

Sumber Gambar: ayogurubelajar.kemdikbud.go.id


Apakah tujuan Program Kemdikbud ini?

Tujuan diadakannya program diklat ini antara lain sebagai berikut.

Prgoram ini diharapkan dapat membantu guru dan kepala sekolah agar paham dengan utuh tentang Panduan Pembelajaran di masa korona ini.

Kemudian, juga dapat membantu kepala sekolah untuk merencanakan manajemen pembelajaran di masa covid ini.

Tentu juga program ini bertujuan untuk membantu guru menyusun RPP dan jadwal pembelajaran tahun ajaran 2021/2022.

Siapakah yang boleh menjadi peserta?

Jangan khawatir para sahabat, peserta bimtek ini adalah sebagai berikut:

Seluruh Guru yang mengajar di jejang PAUD, TK/ TKLB, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/ SMALB dan SMK

Kepala Sekolah (Kepala Satuan Pendidikan)

GTK yang memiliki Akun SIMPKB

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran dapat berkunjung ke laman Ayogurubelajar.kemdikbud.go.id

Kapan akan dilaksanakan?

Kemudian para sahabat yang hebat, Program ini sejatinya sudah dilaunching pada tanggal 7 Juli 2021. tetapi untuk pendaftaran bisa dilakukan hingga pada tanggal 21 Agusus 2021.
Kegiatan Bimtek dilaksanakan sebanyak 10 angkatan. Pelaksanaannya fleksibel. Waktunya ditentukan oleh guru secara mandiri.
Dan para sahabat bisa mendaftarkan diri secara gratis pada angkatan 8,9,10 yang dimulai pada tanggal 15 Agustus 2021.
Angkatan 9 dengan jadwal tanggal 16-20 Agustus 2021 dan angkatan terakhir tanggal 21-25 Agustus 2021.
Ayo, gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Terus belajar untuk mengasah kompetensi keguruan kita semua.

Untuk informasi lainnya dapat dibaca juga: 


Terima kasih telah bersama aleepenaku, semoga senantiasa menebar manfaat dan literasi. Salam Hormat.

7 comments for "Pendaftaran Bimtek Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Angk. 8"

  1. Dengan adanya bimtek kepada guru diharapkan bisa mempermudah guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dengan praktis dan bisa mengasah kompetensi keguruan kita semua

    ReplyDelete
  2. Diharapkan untuk kedepannya bisa dilanjutkan kembali

    ReplyDelete
  3. Program ini is the best bagi guru dan banyak manfaatnya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.