Macam-Macam Kelainan Pada Tulang Sebagai Organ Gerak Pasif (Bergambar)

Pada materi sebelumnya telah dijelaskan tentang organ gerak pada manusia. Di antaranya adalah organ gerak aktif dan pasif. Organ gerak aktif berupa otot. Kemudian, organ gerak pasif berupa tulang. Otot memengaruhi gerak tubuh. Artinya, tulang bisa bergerak karena adanya pengaruh atau gerakan aktif dari otot.

Pada manusia, otot terdiri dari 3 macam (otot polos, otot lurik, otot jantung). Mengenai fungsi dan ciri-cirinya dapat dibaca juga di materi: Macam-macam otot dan ciri-cirinya.



Materi kali ini, akan disajikan tentang macam-macam kelainan pada tulang sebagai organ gerak pasif. Perlu diingat bahwa, organ gerak pasif, berarti diam jika tidak ada rangsangan atau pengaruh dari organ gerak aktif atau otot. Namun, keberadaan tulang sangat penting. Tulang dapat membantu badan bisa tegak, melindungi organ dalam yang penting dan banyak fungsi lainnya.

Nah, pernahka? Kita mengalami masalah pada tulang. Ataukah pernah kita sakit tulang? Bahkan bisa mengalami patah tulang?

Sebainya, kita simak macam-macam kelainan pada tulang tersebut.

 

Patah Tulang (Fraktura)


Patah tulang merupakan masalah yang terjadi pada tulang, yang mungkin terjadi karen kecelakaan. Kecelakaan yang dialami oleh seseorang dapat berakibat fatal, patah tulang atau fraktura. Kecelakaan bisa terjadi ketika berkendara, atau jatuh dari ketinggian.

Patah tulang, pada kenyataannya dapat dibagi 2 macam lagi. Pertama, fraktura atau patah tulang yang tertutup dan patah tulang terbuka. Patah tulang tertutup jika parahan tulang tidak sampai merobek atau merusak kulit atau otot. Patah tulang terbuka merupakan patah tulang yang merusak/ merobek atau bahkan menembus kulit atau otot.

 

Osteoporosis


Osteoporosis merupakan kelainan atau masalah yang terjadi pada tulang karena adanya pengeroposan bagian tulang tertentu. Mengapa bisa terjadi, sebab tubuh kekurangan kalsium. Tubuh mengalami masalah dalam penyerapan kalsium secara normal. Akibatnya, tulang tidak mendapatkan asupan kalsium dan menyebabkan tulang menjadi keropos.

Retak Tulang (Fisura)


Fisura terjadi karena adanya masalah keretakan tulang. Hal ini bisa dipicu oleh benturan benda keras, kecelakaan atau sebab lainnya. Tulang yang relaka dapat mengubah atau mengurangi kekuatan tulang. Sehingga perlu segera ditangani agar cepat sembuh.

Tulang Melengkung (Lordosis)

Lordosis (kelainan tulang yang melengkung) terjadi karena sikap duduk yang tidak tepat. Dalam waktuyang lama kebiasaan duduk tidak tepat akan dapat mengubah tulang belakang menjadi melengkung pada daerah lumbalis. Suatu waktu dapat mengakibatkan posisi kepala bisa tertarik ke belakang.

 

Tulang Bengkok (Skoliosis)


Tulang bengkok merupakan kelainan tulang, pada tulang belakang. Hal ini disebabkan karena posisi duduk atau sikap duduk yang tidak tepat. Tulang belakang bengkok atau melengkung ke samping membentuk “S”.

Bungkuk (Kifosis)


Tubuh yang bungkuk merupakan keadaan karena kelainan tulang belakang. Hal ini terjadi sebab sikap duduk yang selalu membungkuk dalam waktu yang lama. Akibatnya, tulang belakang menjadi bengkok ke belakang. Semakin lama bisa semakin bengkok dan menjadi bungkuk.

 Sumber bacaan dan gambar: Buku Tematik Kelas 5 Tema 1

Nah, demikian pengetahuan tentang macam-macam kelainan tulang. Materi lain, bisa dibaca juga:

 Materi Matematika Kelas 5 SD

Soal PH, PTS, PAS Kelas 5 SD

Pertanyaannya, bagaimanakan cara kita menjaga tulang agar tidak mengalami kelainan tersebut?

Semangat terus membaca dan mencari pengetahuan. Semoga bermanfaat bersama kita bisa. Salam literasi.

 

Post a Comment for " Macam-Macam Kelainan Pada Tulang Sebagai Organ Gerak Pasif (Bergambar)"