Penjumlahan Pecahan Biasa dengan Pecahan Campuran (Materi Matematika Kelas 5 SD/ MI)


Pembelajaran pertama dalam pecahan, kita tentu harus memahami apa yang dimaksud dengan pecahan biasa.

Pecahan biasa merupakan bilangan yang dinyatakan dengan a/b dan a dan b adalah bilangan bulat. Serta bilangan b tidak sama dengan angka 0.

Sehingga diketahui, bahwa pecahan biasa adalah pecahan yang hanya terdiri dari bilangan pembilang dan bilangan penyebut.

Contoh pecahan biasa:

 

3/6

2/5

5/8

10/24

 

Dan seterusnya.

Penjumlahan pecahan biasa berarti menjumlahkan antarpecahan. Baik penjumlahan pecahan berpenyebut sama maupun penjumlahan berpenyebut tidak sama. Mengenai cara menjumlahkan tentang pecahan berpenyebut sama atau tidak, telah dijelaskan pada materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama dan Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda, sebelumnya.

 


Kali ini, admin aleepenaku.com ingin menjelaskan tentang Penjumlahan Pecahan Biasa dengan Pecahan Campuran.

Pecahan campuran adalah bilangan pecahan yang terdiri dari bilangan bulan dan pecahan dalam satu bilangan. Pada umumnya, pada pecahan campuran, bilangan pembilang lebih besar dari pada bilangan penyebut. Sehingga disederhanakan menjadi pecahan campuran.

Contoh pecahan campuran, sebagai berikut.


dan sebagainya. Silakan saja bisa mencari contoh lainnya.

Bagaimanakah cara menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran? Masih ingatkah cara mengubah bilangan pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Sebab, untuk menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan biasa? Ya, pecahan campuran tersebut terlebih dahulu dijadikan pecahan biasa.

Di bawah ini adalah contoh pengubahan pecahan campuran menjadi pecahan biasa.

 


Pada contoh di atas dapat dijelaskan bahwa pecahan campuran terdiri dari: bilangan bulat, bilangan pembilang dan bilangan penyebut. Maka, cara di atas adalah mengalikan bilangan bulat dengan bilangan pembilang dan hasilnya ditambahkan dengan bilangan pembilang. Sementara untuk bilangan penyebut sendiri tetap adanya.

Terdapat dua cara menyelesaikan operasi hitung penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran.

Perhatikan contoh dan cara penyelesainnya di bawah ini.

 



Cara 1: mengubah menjadi pecahan biasa

 


Cara 2: Mengelompokkan pecahan biasa.

 

Kedua cara tersebut menghasilkan pecahan yang sama. Artinya, kedua cara tersebut dapat digunakan, karena menghasilkan jawaban yang benar. Selanjutnya bergantung kita, akan menggunakan cara yang mana saja sesuai dengan keinginan.

Kesimpulannya, cara yang dapat digunakan ada 2, yaitu:

  1. Menyamakan bilangan penyebutnya
  2. Mengelompokkan pecahan biasa

Inilah pengetahuan yang bisa dipelajari. Apabila ingin memahaminya lebih hebat lagi, silakan mencoba menyelesaikan soal di bawah ini.

 

Demikianlah pemaparan cara yang dapat digunakan dalam menyelesaikan penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran. Selanjutnya, bisa baca juga:

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda

Untuk belajar lebih mendalam, bisa membaca bukunya, yaitu matematika kelas 5 SD.

Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk pengembangan literasi numerasi kita.

Post a Comment for " Penjumlahan Pecahan Biasa dengan Pecahan Campuran (Materi Matematika Kelas 5 SD/ MI)"