Format Excel dan Aplikasi Analisis Hasil Asesmen Sumatif, Penilaian Harian, PTS, Asesmen Lingkup Materi SD dan SMP Semester 2 TA 2022-2023

Aleepenaku.com-UNDUH Format Excel Analisis Hasil Asesmen Sumatif, Penilaian Harian, PTS, Asesmen Lingkup Materi Semester 2 TA 2022-2023. UNDUH Format Excel Analisis Hasil Asesmen Sumatif, Penilaian Harian, PTS, Asesmen Lingkup Materi Semester 2 TA 2022-2023 ini dapat digunakan oleh guru SD dan SMP. Tujuannya, untuk mempermudah mengetahui hasil penilaian atau asesmen yang dilaksanakan.


Kegiatan Pembelajaran Semester 1 dan 2 adalah aktivitas guru dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara kontiyu. Pada kurikulum merdeka, guru dapat melaksanakan asesmen lingkup materi setelah menyelesaikan pembelajaran dalam satu lingkup materi. Pada kurikulum 2013, guru dapat melaksanakan penilaian harian setelah melaksanakan kegiatan satu tema maupun subtema. Hal ini bergantung langkah yang diambil oleh guru untuk melaksanakan penilaian maupun asesmen lingkup materi.

Demikian pula untuk jenjang SMP. Guru mapel dapat mengadakan penilaian harian maupun asesmen sumatif, bergantung materi yang sudah diselesaikan.


Muatan Pelajaran dalam Setiap Pembelajaran (PB)

Pada pembelajaran tematik, terutama di SD/ MI, guru mengajar berdasarkan rancangan pembelajaran (RPP) yang dibuat. Namun demikian, setiap muatan pelajaran pada pembelajaran tematik perlu dinilai dan analisis. Mengapa? Agar guru mengetahui pada kompetensi dasar mana yang perlu mendapatkan perhatian, sebab siswa kurang menguasainya. Dengan demikian, maka hasil ulangan setiap siswa perlu dianalisis kemampuannya setiap muatan mata pelajarannya.

Seperti diketahui, bahwa muatan pelajaran atau mata pelajaran pada tematik di kelas tinggi sekolah dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) terdiri dari:

muatan pelajaran Bahasa Indonesia, 

PPKn, 

IPA, 

IPS, dan

SBdP. 

Sementara Mata Pelajaran Matematika, berdiri sendiri. Termasuk PJOK, PAI BP dan Muatan Lokal.

Dalam setiap pembelajaran (PB), tidak semua mata pelajaran atau muatan pelajaran diajarkan secara keseluruhan. Tetapi sesuai dengan SK/ KD yang termuat dalam satu pembelajaran.SK/ KD telah ditentukan. Hal ini dapat dilihat dalam silabus pembelajaran. Guru menerjemahkannya ke dalam rancangan pembelajaran RPP. Maka, perlu diperhatikan setiap mata pelajaran atau muatan pelajaran, pada setiap PB.

Cara Menganalisis Hasil PH atau Asesmen

Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam setiap mautan pelajaran harus relevan dengan indikator pembelajaran setiap KD. Guru bisa menambahkan beberpa tujuan pembelajaran sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada dan dialami. Pengembangan tujuan pembelajaran ini, guru juga harus memperhatikan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga apa yang dibutuhkan siswa dalam belajarnya akan tercapai. Misalnya, pengenalan adat istiadat yang ada di daerah tempat tinggal siswa, yang mungkin saja di dalam indikator KD belum disebutkan. 

Kemudian, oleh karena setiap PB bisa saja terdiri dari 2 atau lebih muatan pelajaran, maka dalam penilaian harian, juga disebutkan KD yang terdapat pada soal tertentu. Maksudnya, pada contoh KD 3.3 muatan pelajaran PPKn akan dibuat soal sejumlah indikator yang ditetapkan atau tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Maka, penilaian harian atau PH untuk muatan pelajaran PPKn, dinilai berdasarkan jumlah soal PPKn dan sesuai dengan pedoman penskorannya. Sehingga, analisis yang dilakukan untuk setiap butir soal juga sesuai dengan pedoman penskoran yang telah ditetapkan.

Dalam setiap muatan pelajaran, jumlah soal boleh sama atau tidak sama dengan muatan pelajaran lainnya. Namun, hal yang paling penting adalah soal-soal yang disajikan supaya bervariasi. Misalnya, terdiri dari 10 soal. Bisa terdiri dari 6 soal pilihan ganda, 3 soal jawaban singkat, dan 1 soal uraian. Guru dapat menentukan sendiri jumlah setiap jenis soal.

Format Analisis PH, Asesmen Sumatis, PTS

Jika sudah diketahui bentuk dan jumlah soal yang akan diujikan, barulah dibuat format analisis penilaian harian, PTS, STS dan PAS. Bukankah yang perlu analisis itu hanya PH? Ya, paling penting adalah menganalisis penilaian harian dan sumatif lingkup materi. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui keterserapan materi di PH. Tetapi, jika guru kelas atau guru mapel ingin mengetahui hasil belajar PTS dan PAS, maka juga bisa dianalisis dengan format yang sama dan penskroran yang berbeda sesuai dengan jumlah dan bentuk soal. Format analisis bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan.



UNDUH Aplikasi RAPORT PTS 1 dan 2

Sebenarnya, format analisis PH, STS, PTS dan PAS yang akan dibagikan dapat digunakan dari kelas 1 hingga kelas 6 SD/ MI dan Guru Mata Pelajaran di SMP. Sebab, form ini secara fleksibel dapat diganti dengan KD dan jumlah soal yang berbeda. Guru tinggal mengubahnya saja. Sementara itu, untuk jumlah siswa disediakan sekitar 30 baris.

Format Excel dan Aplikasi Analisis Hasil Asesmen Sumatif, Penilaian Harian, PTS, Asesmen Lingkup Materi SD dan SMP Semester 2 TA 2022-2023

Format Analisis Excel

Di bawah ini disediakan Format analisis PH, PTS dan PAS ini dibuat secara sederhana. Sebab, memungkinkan setiap guru kelas dan guru mata pelajaran yang menggunakannya dapat melakukan pengembangan dan perubahan sesuai kebutuhan di kelasnya.

Adapun contoh analisis penilaian harian, penilaian tengah semester dan penialain akhir semester adalah sebagai berikut.

Analisis Penilaian Harian Tematik >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Harian Matematika>>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Tengah Semester Tematik >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Tengah Semester Matematika>>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Akhir Semester Tematik>>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Akhir Semester Matematika>>> Unduh Excel

Analisis Asesmen Lingkup Materi >>> Unduh Excel

Analisis Asesmen Sumatif Matematika >>> Unduh Excel

Analisis Asesmen Tengah Semester >>> Unduh Excel


Format Analisis Excel

Demikian juga dengan analisis penilaian harian atau asesmen sumatif dalam bentuk aplikasi. Silakan dapat diunduh sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Analisis Mapel Jenjang SMP Pilgan >>> Unduh Excel

Aplikasi Analisis Mapel Jenjang SMP Uraian>>> Unduh Excel


Informasi penting lainnya, bisa dibaca juga:

Ringkasan Materi Tematik Semester 1

Ringkasan Materi Tematik Semester 2

Ringkasan Materi PJOK SD/ MI

Modul Pembelajaran SD, SMP, SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru SD/MI

Buku Matematika Elektronik Kelas 5

Modul  SD/ MI

Demikianlah yang dapat admin aleepenaku.com bagikan tentang UNDUH Format Excel dan Aplikasi Analisis Hasil Asesmen Sumatif, Penilaian Harian, PTS, Asesmen Lingkup Materi SD dan SMP Semester 2 TA 2022-2023. Semoga bermanfaat bagi guru dan pendidikan kita. Salam literasi.

Post a Comment for "Format Excel dan Aplikasi Analisis Hasil Asesmen Sumatif, Penilaian Harian, PTS, Asesmen Lingkup Materi SD dan SMP Semester 2 TA 2022-2023"