Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024

Aleepenaku.com - Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024. Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024 adalah informasi penting yang perlu pahanii oleh segenap guru kelas Fase C SD/ MI. Mengapa? Sebab, pada kurikulum merdeka ini, terdapat beberapa istilah yang perlu dipahami mendalam.


Seperti yang diketahui, bahwa dulu setiap guru telah familiar dengan kata silabus. Yakni dikenal pada kurikulum 2013 serta kurikulum sebelumnya. Akan tetapi, kali ini pada implementasi kurikulum merdeka, lebih dikenal dengan sebutan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Perbedannya, pada Silabus, dicantumkan KI dan KD pada K 13. Nah, saat ini telah menjadi Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Meskipun antara KD dan CP juga berbeda isinya, atau juga ada muatan yang relatif sama.


Sudah Memahami Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)?

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki dan tujuan serta fungsi yang relatif sama dengan silabus pada kurikulum sebelumnya. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berfungsi sebagai acuan maupun pedoman dalam rangka merancang aktivitas pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memuat susunan tujuan pembelajaran yang sistematis, berkesinambungan sesuai dengan jenjang kelas, yaitu berdasarkan urutan pembelajaran dari awal fase sampai akhir fase.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)  sebenarnya telah disediakaan oleh pemerintah atau kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Namun, guru dapat terus mengembangkannya. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) perlu terus dikembangkan oleh sekolah dengan tetap mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) yang ditetapkan oleh Kementerian. 

 

Pahami Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP

Berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan oleh pemerintah), maka capaian pembelajran (CP) untuk jenjang SD/ MI disusun sesuai fase usia siswa tingkat SD/ MI/ SDLB. Yaitu sebagai berikut:

  1. Fase A untuk Siswa Kelas 1 dan 2
  2. Fase B untuk Siswa Kelas 3 dan 4
  3. Fase C untuk Siswa Kelas 5 dan 6
Cara Menyusun Tujuan Pembelajaran

Pertama, sebelum guru melaksanakan peroses pembelajaran, guru maka perlu menganalisis capaian pembelajran (CP). Tujuannya untuk menyusun tujuan pembelajran (TP). Kemudian barulah setelah itu menyusun alur tujuan pembelajran (ATP).

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, peta kompetensi dapat diperoleh oleh guru. Peta kompetensi ini akan dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran yaitu: 

  1. kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan
  2. konten ilmu pengetahuan 

Langkah Menyusun ATP Kurikulum Merdeka 

  1. Menganalisis CP
  2. Mengiden tifikasi kompetensi
  3. Merumuskan tujuan pembelajaran
  4. Mengidentifikasi elemen
  5. Kegiatan Pembelajaran 

Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024

Pada kesempatan ini, silakan Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024, sebagai berikut.


ATP Fase C Pend. Agama Islam SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Pend. Agama Hindu SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Pend. Agama Kristen SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Pend. Agama Katolik SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Pend. Agama Buddha SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Pend. Agama Khonghucu SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Pend. Kepercayaan Terhadap Tuhan YME SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Seni Musik SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Seni Rupa SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Seni Tari SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Seni Teater SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C PPKn SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Bahasa Indonesia SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C Matematika SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase C IPAS SD   (UNDUH ATP)

ATP Fase C PJOK SD  (UNDUH ATP)

ATP Fase CFase C Bahasa Inggris SD  (UNDUH ATP)

Selengkapnya, ATP Fase C Jenjang SD/ MI >>>> UNDUH File


Informasi  terpenting lainnya, silakan dibaca juga:

LENGKAP: Download Silabus atau ATP Jenjang SMP/ Mts >>> UNDUH FILE



Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Demikian Informasi penting tentang Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Download Kumpulan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024"