Download Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024

Aleepenaku. Download Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024. Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 ini merupakan kumpulan dokumen perangkat pembelajaran penting yang dibutuhkan dalam IKM di satuan pendidikan. 

Sesuai dengan struktur dan tujuannya, Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024relatif identik atau sama dengan RPP yang disederhanakan. Mengapa relatif sama dengan RPP? Sebab, juga memuat skenarioa atau rencana pembelajaran, skenario pembelajaran. Misalnya dalam Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 ini juga memuat: tujuan,langkah pembelajaran, dan media pembelajaran, serta asesmen.

Tentu saja hal tersebut dibutuhkan dalam satu topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

 


Perbedaan Modul dan RPP

Namun demikian, juga ada perbedaan antara modul dengan RPP. Adapun RPP dan Modul Ajar Fase C terdapat beberapa perbedaan, misalnya sebagai berikut:

  • Dalam Modul Ajar Fase A ini tidak terdapat kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan kriteria ketuntasan minimum (KKM)
  • Konten atau isi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) difokuskan pada beban waktu belajar, pada Modul Ajar lebih difokuskan pada materi esensial
  • Guru yang membuat atau menyusun modul, tidak perlu lagi membuat RPP.
  • Komponen dibutuhkan dalam penyusunan Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 lebih banyak dan spesifik. Misalnya ada pertanyaan pemantik dan glosarium.

 

Komponen Utama Modul Ajar Fase A

Komponen dari Modul Ajar Fase C bisa terdiri dari 3 yang utama, yaitu:

1. Informasi Umum

Identitas penulis

Kompetensi awal

Profil Pelajar Pancasila

Sarana dan prasarana

Target siswa kelas 5

 

2. Komponen Inti

Tujuan pembelajaran

Pemahaman permakna

Pertanyaan pemantik

Kegiatan pembelajaran

Asesmen

Pengayaan dan remedial

Refleksi siswa kelas 5 dan guru

 

3. Komponen lampiran

Lembar Kerja Siswa kelas 5

Bahan bacaan guru dan siswa kelas 5

Glosarium

Daftar pustaka

 

Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024

Selanjutnya, guru dapat menyusun Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 dengan memperhatikan 6 tahapan atau langkah berikut ini:

1. Analisis kondisi, kebutuhan siswa Fase A dan sekolah/ satuan pendidikan

Diharapkan semua guru di jenjang SD, sebelum membuat Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024, perlu menganalisis kondisi dan kebutuhan siswa kelas 5. Maka dengan menganasilis keadaan dan kebutuahn siswa kelas 5, KBM yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa Fase A, Kelas 2. Serta tujuan pembelajaran dapat dicapai optimal. Guru dapat melakukan asesmen diagnostic sebelum KBM berlangsung yang dapat mengetahui gaya belajar siswa kelas 2. Sehingga, guru dapat mengetahui hasil kemampuan siswa kelas 2 serta mengajar secara optimal berdasarkan Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 yang dibuat. Tentu saja juga dapat memahami kondisi dan kebutuhan belajar siswa kelas 2.

 

2. Mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila merupakan bagian dari pembelajaran di kelas 2. PPP menjadi salah satu fokus dan poin inti dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM). Penguatan karakter Pancasila tergambar dalam enam dimensi Profil pelajar Pancasila . Harapannya, siswa kelas 2 dapat terbentuk karakter Pancasila.

Dalam penerapannya, guru dapat memilih satu atau dua atau lebih dimensi PPP. Nah, dengan demikian, Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 ini, guru juga perlu menyesuaikan dengan dengan materi pelajaran (capaian pembelajaran) serta dimensi profil yang ditetapkan.

 

3. Menentukan ATP: Alur Tujuan Pembelajaran yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024

Seperti yang dijelaskan dalam laman Kemdikbud, bahwa guru perlu memahami konsep dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Guru dapat memulai dari Capaian Pembelajaran (CP).  Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid pada akhir fase.

Kemudian, untuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dimaksudkan sebagai rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun dengan sistematis dan logis. ATP ini terdapat dalam setiap fase pembelajaran.

Mengapa harus ATP? Sebab:

  • Alur tujuan pembelajaran (ATP) ini menjadi panduan bagi guru dan murid dalam mencapai CP: Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Sedangkan tujuan pembelajaran disusun secara kronologis. Yakni disusun berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
  • Oleh karena itu, setiap guru dapat menyusun ATP yang terdiri dari beberapa tujuan pembelajaran. Silakan dipahami tentang contoh ATP yang disediakan pemerinta yang bisa digunakan dan atau dimodifikasi.

4. Menyusun Modul Ajar Fase A berdasarkan komponen yang ditetapkan

Setelah guru memperoleh hasil asesmen diagnostik, kemudian menentukan dimensi dari profil pelajar Pancasila serta Alur Tujuan Pembelajaran, maka selanjutnya guru menuangkannya dalam modul ajar. Modul ajar ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Catatan penting adalah bahwa guru dapat mengembangkannya lagi selain memuat tiga komponen inti di atas. Guru bisa memilih komponen sesuai dengan kebutuhan siswa kelas 5.

Selanjutnya, Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024 yang telah disusun oleh guru dapat menjadi panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas 5. Kemudian, setelah guru kelas 5 melakukan pembelajaran, maka sangat penting untuk melakukan evaluasi keefektifan Modul Ajar  Fase C. Ini sebagai sefl reflection guru untuk ditindaklanjuti pada kegiatan pembelajaran berikutnya.


Download Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024  

Silakan UNDUH Contoh Lengkap Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024, di bawah ini. 

Modul Kelas 2 (Fase A)

Modul Bahasa Indonesia >>> Unduh Modul

Modul Bahasa Inggris >>> Unduh Modul

Modul PKn >>> Unduh Modul

Modul PAI BP >>> Unduh Modul

Modul PJOK >>> Unduh Modul

Modul Matematika >>> Unduh Modul

Modul Seni Rupa >>> Unduh Modul

Modul Seni Musik>>> Unduh Modul

Modul Seni Tari >>> Unduh Modul

Modul Seni Teater  >>> Unduh Modul

 

Modul Kelas 1 (Fase A)

 

Modul Kelas 4 (Fase B)



Unduh Contoh Modul Kelas 5 Fase C👇👇👇

 

 

Dan informasi penting lainnya, dapat dibaca juga:

Soal Asesmen  MI/ SD

Soal Asesmen MTs

Modul P5 Fase C

ATP Fase C

Modul Ajar Fase C

 





Demikian informasi dari admin aleepenaku tentang UNDUH Kumpulan Modul Ajar Fase C (Kelas 5 dan 6) SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun 2023. Semoga dapat memberikan manfaat. Salam Literasi.

Post a Comment for "Download Modul Ajar Semua Mata Pelajaran Fase A (Kelas 2) SD/ MI Tahun Ajaran 2023-2024"