Peluang Guru dan Esensi Platform Mengajar 2022

Aleepenaku.com-Sahabat aleepenaku. Sebagaimana yang diinformasikan di laman twiter GTK Kemdikbud tentang Semangat Platform Merdeka Mengajar dan Kurikulum Merdeka Tahun 2022 bahwa hal ini merupakan teroboson yang luar biasa. Tentu saja untuk pendidikan Indonesia lebih maju. Adanya platform merdeka mengajar, berarti berhubungan secara langsung dengan peran guru sebagai tenaga pengajar. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab mengajar, mendidik, melatih dan membina terhadap siswanya. Sehingga perlu memberikan layanan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.
Gambar SS. Laman Twiter GTK Kemdikbud

Pada masa pandemi, telah terbit beberapa kebijakan strategis. Misalnya kebijakan tentang belajar dari atau di rumah, kurikulum darurat, kurikulum satuan pendidikan sebagai pilihan penyederhanaan K13, dan berbagai platform pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam PJJ. Sehingga situasi saat ini memaksa dan menjadikan proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan kebiasaan baru. 

Nah, mengenai kebiasaan baru itu tidak saja untuk siswa. Guru pun harus bisa adaptasi dengan kondisi yang terjadi saat ini. Guru harus mampu menjawab tantangan yang terjadi saat ini, sehingga mengharuskannya belajar. Ini juga bagian dari kewajiban guru untuk mengembangkan diri.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), selalu memberikan ruang bagi guru untuk selalu belajar. Belajar meningkatkan kemampuan profesiojalnya seiring dengan perkembanhan situasi dan kemajuan teknologi.
Guru diberi kesempatan secara fleksibel melalui satu program guru belajar atau bersama hadapi korona. Pada momentum ini, Guru diminta proaktif terhadap program peningkatan kompetensi atau mutu guru secara berkelanjutan. Terutama kecakapan dalam menggunakan berbagai platform secara digital yang bermanfaat dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Struktur Kurikulum Merdeka Belajar  2022 menjadi perbincangan hagatbdi kalangan pendidik maupun akademisi. Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar juga menjadi isu hangat bagi guru. Terutama bagi guru-guru yang kesulitan mengakses informasi secara cepat, ada kesan bahwa kebijakan pendidikan terkait kurikulum seringkali berganti. Meskipun pada hakikatnya adalah menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Sebagai guru, kita harus melaksanakannya seoptimal mungkin.
Gambar SS. Laman Twiter GTK Kemdikbud

Sebagaimana yang diinformasikan di laman Twitet Ditjen GTK Kemdikbud bahwa terdapat tiga semangat yang ditanamkan dalam platform Merdeka Mengajar, yakni:
Mengajar
Belajar
Berkarya
Adapun fasilitas Platform Merdeka Mengajar tersebut dapat diakses melalui Android, pada laman berikut.

Pada laman tersebut terdapat Menu Utama, yakni:
Pengembangan Guru
Kegiatan Belajar Mengajar

Gambar SS. Laman Twiter GTK Kemdikbud guru.kemdikbud.go.id

Selengkapnya tentang Aplikasi Platform Merdeka Mengajar, Di Sini.

Kemudian, tentang Platform Merdeka Mengajar, ada beberapa hal esensial yang sangat baik dikembangkan oleh guru. Sehingga plarform merdeka mengajar ini bukanlah wacana semata. Namun, perlu diaplikasikan. Esensi dari platform merdeka mengajar antara lain sebagai berikut.
Mempermudah guru mengajar sesuai dengan kemampuan siswa
Menyediakan Pelatihan untuk peningkatan kompetensi
Berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.

Dengan demikian, guru memiliki peluang yang baik untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya. Termasuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya.

Sedangkan untuk informasi materi, video inspirasi dan infografis lainnya maupun dokumen terkait platform merdeka mengajar, dapat dipelajari di laman resmi berikut.


Untuk informasi penting lainnya, silakan disimak juga:

Lengkapi data invalid dan pahami Panduan Lengkap Guru Mengelola Akun SIM PKB

==== UNDUH Kisi-Kisi Soal PTS Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI Semester 2 ====

Lengkap Soal PTS Tematik Kelas 1-6 SD/ MI, UNDUH KE SINI

Lengkap Bank Soal PH, PTS, PAT Kelas 1-6 SD/ MI, UNDUH KE SINI

Ringkasan Materi Penjasorkes, DI SINI

Unduh Dokumen doc. SE Penautan SIM PKB dan akun belajar.id?

Kumpulan Soal PTS Seluruh Mapel Kelas 7,8,9 SMP K13 Semester 2,UNDUH

Soal dan KJ PTS/UTS Kelas 1-6 SD/ MI Semester 2,UNDUH

Lengkapi data tidak valid dan simak segera Panduan Mengelola SIM PKB





Demikian informasi tentang Esensi Platform Merdeka Mengajar. Terima kasih atas atensinya pada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Peluang Guru dan Esensi Platform Mengajar 2022"