Peluncuran Kurikulum Merdeka Tahun 2022 dan Tiga Semangat Platform Merdeka Mengajar

Aleepenaku.com-Tiga Semangat Platform Merdeka Mengajar dan Kurikulum Merdeka Tahun 2022 merupakan infokini dalam dunia pendidikan guna menjawab perbincangan tentang kurikulum selama ini. Memang, sejak masa pandemi berlangsung, aktivitas pendidikan menjadi cukup terganggu, berubah arah (sesuai kebijakan pemerintah), dan melahirka kebiasaan baru.
Gambar SS. Laman Twiter GTK Kemdikbud


Belajar dari rumah, kurikulum darurat, kurikulum satuan pendidikan sebagai pilihan penyederhanaan K13, serta berbagai platform yang dapat dimanfaatkan dalam PJJ menjadikan proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan kebiasaan baru. Kebiasaan baru tersebut tidak saja untuk siswa. Bahkan, guru pun harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Guru harus mampu menjawab tantangan situasi yang mengharuskannya belajar.

Kemudian, pemerintah melalui Kemdikbud, senantiasa memberikan ruang dan tempat bagi guru untuk selalu belajar. Belajar secara fleksibel melalui program guru belajar atau bersama hadapi corona. Guru diminta untuk proaktif terhadap program peningkatan kompetensi guru. Terutama kemampuan dalam menggunakan berbagai platform secara digital untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Nah, hingga pada perbincangan tentang kurikulum prototipe atau kurikulum paradigma baru menjadi bahan diskusi di kalangan masyarakat akademik. Bahkan, juga beberapa kalangan mulai memberikan pencerahan tentang kurikulum untuk pemulihan tersebut. 
Struktur Kurikulum Merdeka Belajar  2022 dan praktiknya menjadi berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Di sinilah, kemampuan guru dituntut untuk peka dan adaptif terhadap perubahan ataupun penyempurnaan kurikulum.
Gambar SS. Laman Twiter GTK Kemdikbud guru.kemdikbud.go.id


Sesuai yang diinformasikan di laman Twitet Ditjen GTK Kemdikbut bahwa tiga semangat yang ditanamkan dalam platform Merdeka Mengajar adalah sebagai berikut.
Mengajar
Belajar
Berkarya
Dalam rangka membangun dan menumbuhkan semangat tersebut, kemdikbud menyediakan fasilitas Platform Merdeka Mengajar yang bisa diakses melalui Android. Yakni pada laman berikut.

Pada laman tersebut terdapat Menu Utama, yakni:
Pengembangan Guru
Kegiatan Belajar Mengajar

Pengembangan Guru
Pada menu atau fitur ini, guru dapat mengkses dengan mudah tentang layanan fitur sebagai berikut:
Video Inspirasi
Pelatihan Mandiri
Bukti Karya Saya
Gambar SS. Laman Twiter GTK Kemdikbud guru.kemdikbud.go.id


Kegiatan Belajar Mengajar
Sedangkan pada fitur Kegiatan Belajar Mengajar, memuat fitur:
Asesmen Murid
Perangkat Ajar

Kemudian, dalam platform ini juga disediakan informasi terkini terkait dengan berita dunia pendidikan.

Kurikulum Merdeka
Dalam rangka mempercepat pemulihan pembelajaran, pemerintah melalui Kemdikbudristek meluncurkan Merdeka Belajar Episode 15, yakni Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Kurikulum Merdeka ini dirancang lebih sederhana. Namun mendalam. Sehingga fokus pada materi esensial saja. Kurikulum ini fokus pada pengembangan peserta didik pada fasenya. Sekolah juga diberi hak otonomi untuk mengelola kurikulum dan pembelajaran yang relevan dengan karakteristik satuan pendidikan. Kemudian juga sesuai dengan karakteristik peserta didik serta relevan dengan pengembangan karakter yang mendukung kompetensi profil pelajar Pancasila.
Guru dengan segenap kemampuannya diharapkan dapat melaksanakan kurikulum merdeka dengan memahami serta mendalami paltform merdeka mengajar untuk memeroleh informasi, inspirasi dan motivasi yang bisa dijadikan bekal dalam melaksanakan pembelajaran.

Untuk selengkapnya, tentang Platform Merdeka Mengajar dan Kurikulum Merdeka, informasi materi, video inspirasi serta infografis lainnya maupun dokumen terkait, dapat dipelajari di laman resmi berikut.


Lengkapi data invalid dan pahami Panduan Lengkap Guru Mengelola Akun SIM PKB


Sedangkan untuk informasi pendidikan lainnya, dapat dibaca juga:





Demikian informasi tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Terima kasih atas atensinya pada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

2 comments for "Peluncuran Kurikulum Merdeka Tahun 2022 dan Tiga Semangat Platform Merdeka Mengajar "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.