Pramuka Hebat dalam Karang Pamitran Kwarran Seberida, Indragiri Hulu, Riau 2022

Oleh: Kak Nafilah

Aleepenaku.com-Salam Pramuka, Kakak. Kali ini admin aleepenaku memeroleh informasi penting dan sangat ditunggu oleh insan pramuka Indonesia. Yakni, aktivitas karang pamitran yang telah dilaksanakan di Seberida, Indragiri Hulu. Nah, kegiatan tersebut disampaikan dengan reportase menarik oleh Kak Nafilah. Kak Nafilah adalah Pramuka luar biasa. Selain sebagai Pembina, Andalan Ranting Kwarran Seberida, Kak Nafilah merupakan panitia dalam kegiatan Karang Pamitran Kwarran Seberida 2022.


Pramuka Hebat dalam Karang Pamitran Kwarran Seberida 2022 merupakan aktivitas kepramukaan anggota dewasa. Panitia yang terdiri dari 30 orang termasuk Kamabiran, bersatu padu menyiapkan suksesnya acara Karang Pamitran Seberida 2022 ini. Nah, sejak pagi hari, tepatnya pukul 08.00 WIB para panitia telah melaksanakan tugasnya dengan baik, pada tupoksi masing-masing. 

Terutama tugas sekretaris yang cukup berat. Sekretaris merupakan posisi strategis dalam setiap kepengurusan maupun kepanitiaan. Selain melaksanakan tugas kesekretariatan, mendata peserta, membuat undangan dan tugas berat lainnya. Untungnya, sekretaris, sangat cekatan.

Pitaran Pelatih Kwarcab Sumenep

Karang Pamitran Seberida 2022 dilaksanakan untuk meningkatkan kembali kualitas pramuka anggota dewasa atau pembina. Penyegaran dilakukan sebagai upaya refreshsing para pembina. Baik materi, skill dan kemampuan dalam memberikan kecakapan di alam terbuka. Pramuka dengan satuan terpisah harus dapat dilaksanakan secara maksimal dan menghasilkan para andika atau pramuka yang hebat dan bertanggung jawab.

Selama masa pandemi, kegiatan pramuka di alam terbuka memang relatif vakum. Sebab, keselamatan dan kesehatan semua anggota pramuka adalah hal yang utama. Oleh karena itu, juga cukup berdampak pada kurangnya keterampilan andika dalam aktivitas kepramukaan. Termasuk dalam hal disiplin berlatih. Juga kemandirian yang perlu ditingkatkan kembali.

Unduh Aplikasi Materi Pramuka Berbasis WA TEXT Terbaru

Acara tersebut, dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pramuka harus waspada terhadap kemungkinan serangan virus yang tidak diketahui, tidak terlihat. Setiap pembina pramuka dari gugus depan yang hadir, tampak sangat semangat mengikuti acara, sangat antusias.

Perlu diketahui bahwa acara Karang Pamitran Seberida tahun 2022 bertempat di Gedung Serba Guna, di desa Buluh Rampai, Seberida Indragiri Hulu. Tempat yang cukup representatif dalam menghelat acara yang meriah ini. Semua peserta berpakaian pramuka lengkap, menambah semangat belajar dan berlatih para pembina Pramuka Gudep.

Karang Pamitran adalah wadah pertemuan orang dewasa atau pembina sekaligus melatih pemikiran dan kecakapan serta keterampilan pembina dalam berbagai materi kepramukaan. Baik materi di dalam kelas maupun di alam terbuka.


Adapun susunan acara Karang Pamitran Kwarran Seberida ini adalah sebagai berikut.

Pembukaan

Menyanyikan Lagu Kebangsaan RI

Mengheningkan Cipta

Laporan Ketua Panitia Pelaksana Karang Pamitran

Sambutan Ka. Kwarran Seberida

Pengarahan Kamabiran Seberida, Indragiri Hulu

Doa

Menyanyikan Hymne Pramuka

Penutup

Dalam kegiatan karang pamitran ini, Ka Kwarran, Kak Muhammad Mustofa, S. Pd.I memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang terkandung dalam tri satya dan dasa dharma kepada andika dan semua anggota pramuka.

Kamabiran, Kak Bakti Karisma, S.mIp. ME (Sekcam Seberida) juga memberikan arahan dan pemantapan kepada para pembina agar benar-benar memberikan teladan dan menanamkan betul jiwa pramuka dalam kehidupan sehari-hari. 

Kak, Wardana, S. PD. SD sebagai ketua pelaksana kegiatan melaporkan dengan saksama seluruh aspek yang terkait dengan pelaksanaan Karang Pamitran ini. Panitia sebanyak 30 orang bergotong-royong dalam rangka menyukseskan acara luar biasa ini. 

Tak ketinggalan, Kak Illa Nafilah sebagai pembawa acara sangat antusias dalam mengantar acara menjadi semakin meriah dan bergairah. Kak Nafilah sebagai guru dan pembina serta penulis nasional ini sangat cakap dalam memandu acara dengan sukses. Selamat dan Sukses, Kakak Pembina semuanya. Salam Pramuka.

Rencana Melatih KMD sesuai dengan Buku Saserahan

Titian Resak, 5 Februari 2022, by Kak Illa Nafilah

Dapatkan info penting lainnya, di sini:

Twibbon Syahdu Isra Miraj 2022

Perubahan data di SIM PKB, CEK

Demikian Informasi penting tentang Pramuka Hebat dalam Karang Pamitran Kwarran Seberida, Indragiri Hulu, Riau 2022 yang dapat disampaikan oleh admin aleepenaku. Semoga bermanfaat.

3 comments for "Pramuka Hebat dalam Karang Pamitran Kwarran Seberida, Indragiri Hulu, Riau 2022"

  1. Masya Allah.. Luar Biasa Kak.. Trimakasih banyak atas ulasannya yang sangat bermanfaat ini..
    Salam sukses..
    Salam Pramuka!

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.