Segera Cek Perubahan SIM PKB: Mutasi Komunitas Hingga Validasi NUPTK dan NIK

Aleepenaku.com-Segera Cek Perubahan SIM PKB: Mutasi Komunitas Hingga Validasi NUPTK dan NIK. Beberapa waktu lalu, terdapat guru yang memiliki persoalan terkait dengan SIM PKB. Terdapat perubahan yang cukup menyita perhatian. Yakni, adanya status NUPTK dan NIK yang tersilang merah. Artinya, tidak valid. Sementara, petunjuk di SIM PKB ada 2 rekomendasi, yaitu menghubungi operator atau yang bertanggung jawab di dinasnya atau menghubungi Pusdatin.


Kemudian, terdapat pula pengalaman masalah jika akan melakukan mutasi komunitas. Artinya, seorang guru yang semula terdaftar pada komunitas KKG tertentu, dan akan melakukan mutasi ke komunitas KKG lainnya.

NUPTK dan NIK tidak Valid

Nah, untuk mengatasi, jika SIM PKB para sahabat ada perubahan, jangan gegabah. Lakukan tip berikut.

  1. Cermati setiap detail informasi yang ada di SIM PKB, misalnya: Komunitasku, Pelatihanku, Profil, Layanan Info GTK, dan keanggotaan dalam komunitas.
  2. Jika terdapat data NUPTK dan NIK tidak valid, pertama-tama konsultasi dengan operator sekolah. Mungkin saja ada jalan keluar di sekolah.
  3. Jika operator sekolah belum bisa menangani persoalan yang tidak valid, maka bisa berkonsultasi dengan pihak yang menangani hal tersebut di dinas pendidikan dengan surat pengantar dari kepala sekolah. 

RPP dan Administrasi Guru👇:

Mutasi Komunitas

Apa alasan seorang guru dimutasi dari keanggotaan Komunitas KKG? Seorang guru dapat dikeluarkan dari komunitas sebab beberapa hal, yaitu sebagai berikut.

  1. Salah Entri Data
  2. Mutasi Satmikal
  3. Mutasi Mata Pelajaran
  4. Mutasi Komunitas
  5. Pensiun
  6. Meninggal Dunia

Adapun yang bisa melakukan editing dan perubahan terkait dengan komunitas KKG adalah ketua komunitas. Ketua komunitas dapat melakukan penunjukan anggota komunitas sebagai sekretaris, bendahara, menghapus dari komunitas (mutasi), dan reset password.

Apa saja layanan SIM PKB?

Gunakan SIM PKB Berbasis Aplikasi Android, DI SINI.

Seperti diketahui bahwa dalam SIM PKB, guru dapat mengontrol perkembangan kompetensinya. Terutama dalam kompetensi profesionalnya. Guru dapat mengembangkan diri secara mandiri dari SIM PKB. Misalnya mengikuti berbagai pelatihan dan Bimtek yang diadakan oleh pemerintah. Sebagai Contoh, Bimtek Seri Literasi dan Numerasi dari Program Guru Belajar dan Berbagi, Masa Tapel Baru, Guru Merdeka Belajar, Pendidikan Inklusif, Guru Penggerak dan lainnya. Hal ini bergantu para sahabat dalam mengelola SIM PKBnya untuk selalu up date terhadap kabar penting dari Kemdikbud.

Maka, Program Guru Belajar dan Berbagi dapat dijadikan instrumen penting untuk mengembangkan kompetensi guru. Program Merdeka Belajar, Seri Belajar Masa Pandemi (SBMP), Seri Pembelajaran TM Terbatas, Guru Penggerak, Pendamping Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, AKM dan AKM Kelas, CGP Angkatan 6, merupakan upaya pemerintah agar guru siap belajar selalu.

Silakan saja bagi guru untuk Mulai Belajar, Di Sini.

Disarankan juga melengkapi informasi dengan membaca juga:


Dan informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Soal PH, PTS dan PAS Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI

Form Analisis PH SD

Salam literasi. Demikianlah infoe penting yang bisa aleepenaku bagikan. Semoga bermanfaat.

2 comments for "Segera Cek Perubahan SIM PKB: Mutasi Komunitas Hingga Validasi NUPTK dan NIK"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.