Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka (UNDUH KKTP Kelas 1 dan 4)

Aleepenaku.com-Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka. Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka ini sebagai masukan bagi setiap guru agar dapat menentukan KKTP. Sebagaimana diketahui, bahwa pada kurikulum 2013 kita mengenal KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Guru dapat menyusunnya dengan memperhatikan kompleksitas, daya dukung dan kemampuan awal murid.
 



Nah, pada kurikulum merdeka, guru dapat menyusun KKTP sesuai dengan pilihannya. Sehingga, guru perlu memahami Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka. Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka ini dapat dipelajari bersama guru lainnya, di KKG, KKG mini, komunitas, dan belajar bersama maupun mandiri.
 
Biasanya, sebelum menerapkan kurikulum merdeka, sekolah mengadakan pelatihan atau workshop terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Entah pilihan sekolah IKM mandiri belajar, berubah maupun berbagi. Hal ini sangat penting agar setiap guru tidak kehilangan arah dalam melaksanakan kurikulum merdeka ini.
 
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka
Mungkin ada yang bertanya tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran? Admin yakin, semua guru sudah memahaminya. Namun, perlu dipahami juga bahwa setiap guru perlu menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran atau KKTP. Mengapa? Agar guru dapat mengetahui apakah muridnya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan ataukah masih perlu bimbingan lagi.

Setiap guru yang mengajar, tentu ingin sekali bahwa tujuan pembelajarannya bisa tuntas. Artinya semua murid bisa tuntas belajar minimal sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Jika bisa, melampaui tujuan yang diinginkan. Nah, dalam rangka mengetahui apakah tingkat keberhasilan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran, maka guru perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Kapankah KKTP Disusun?

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran ini dikembangkan ketika seorang guru merencanakan asesmen. Yakni, ketika guru menyusun perencanaan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran maupun modul ajar.

Perlu diingat bahwa KKTP atau Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih dan menentukan serta membuat instrumen asesmen atau penilaian. Mengapa? Sebab, asesmen yang dibuat juga harus rekevan dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru haruslah dapat memastikan bahwa kriteria ini adalah penjelasan deskriptif tentang kemampuan murid. Tentang kemampuan murid terkait dengan kompetensi dirinya yang dapat ditunjukkan sebagai bukti bahwa murid tersebut telah mencapai tujuan pembelajaran.


Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka


Bagaimanakah cara guru menyusun KKTP? Sulitkah? Perlu diketahui bahwa setiap guru memiliki keleluasaan yang cukup luas untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) ini. Sebab, guru paling lebih tahu tentang kemampuannya serta kondisi anak didiknya. Namun demikian, terdapat beberapa pendekatan yang dapat digunakan oleh guru untuk menyusun KKTP ini.

Pendekatan tersebut meliputi:

deskripsi kriteria

pendekatan rubrik, dan 

interval nilai. 

Setiap guru dapat memilih pendekatan tersebut sesuai dengan keinginannya.

Nah, ketiga pendekatan tersebut diharapkan menjadi pilihan bagi guru untuk mengukur ketercapaian belajar muridnya. Misalnya, jika guru menggunakan deskripsi, berarti jika murid tidak mencapai kriteria yang dideskripsikan atau sesuai dengan deskripsi, maka dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran. Apabila guru menggunakan pendekatan rubrik, maka guru dapat mengidentifikasi sejauh mana murid mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan rubrik yang telah ditetapkan. Sedangkan apabila guru menggunakan skala atau interval nilai, maka guru dapat melihat ketercapaian belajar murid sesuai dengan skala yang ditetapkan.



Reviuw Pendekatan untuk Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

1. Pendekatan Deskripsi Kriteria
   
Pendekatan deskripsi kriteria yang dibuat oleh guru merupakan salah satu pendekatan untuk melakukan penilaian dengan maksud untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Sehingga, setiap guru harus dapat menyusun komponen dalam deskripsi kriteria. Kemudian, barulah menyusun kriteria ketercapaian dengan menggunakan deskripsi kriteria tersebut.
Misalnya, Seorang guru membuat KKTP dengan pendekatan deskripsi kriteria pada tugas Menulis laporan. Maka, deskripsi yang bisa dibuat, sebagaimana tabel di bawah ini.

Sumber gambar: diambil dari http://purnawanto.blogspot.com



2. Pendekatan Rubrik

Pendekatan rubrik dalam kegiatan penyusunan KKTP adalah salah satu pendekatan yang paling komrehensif. Pendekatan ini disarankan dalam menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran atau KKTP.
Misalnya, dalam tugas menulis laporan. Penilaiannya komprehensif meliputi: Isi laporan dan penulisan. Dalam rubrik terdapat 4 tahap pencapaian:

baru berkembang, 

layak, 

cakap 

mahir 

Perhatikan tabel berikut.

Sumber gambar: diambil dari http://purnawanto.blogspot.com



3. Pendekatan Interval Nilai
   
Pendekatan interval nilai adalah salah satu pendekatan yang memuat komponen dalam interval nilai. Untuk menggunakan interval, guru atau sekolah dapat menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Cara pertama, guru harus terlebih dahulu menentukan intervalnya. Lalu, tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik.

Misalnya:

a. Hasil nilai tes tertulis atau ujian, guru menentukan interval nilai. Sebagai berikut.

0 - 40% belum mencapai, tindak lanjut: remedial di seluruh bagian

41 - 65% belum mencapai ketuntasan,
tindak lanjut: remedial di bagian yang diperlukan

66 - 85% sudah mencapai ketuntasan,
tindak lanjut: tidak perlu remedial

86 - 100% sudah mencapai ketuntasan,
tindak lanjut: perlu pengayaan.

Perhatikan tabel berikut.

Sumber gambar: diambil dari http://purnawanto.blogspot.com


UNDUH CONTOH Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka (UNDUH KKTP Kelas 1 dan 4)

Cara UNDUH KKTP:

  • Silakan Klik Tombol File sebelah kiri atas
  • Klik Tombol Download

Silakan UNDUH CONTOH Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka (UNDUH KKTP Kelas 1 dan 4) di bawah ini.

KKTP Kelas 1

Mata Pelajaran PAI >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Bahasa Inggris >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Bahasa Jawa >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran PPKN >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Matematika >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran PJOK >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Seni >>> Unduh KKTP


KKTP Kelas 4

Mata Pelajaran PAI >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Bahasa Inggris >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Bahasa Jawa >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran PPKN >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran IPAS >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Matematika >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran PJOK >>> Unduh KKTP

Mata Pelajaran Seni >>> Unduh KKTP

sumber dokumen kktp: dicariguru.com


Informasi rekomendasi lainnya, disarankan dibaca:

Contoh RPP Berdiferensiasi 

UNDUH KOSP SD >>> UNDUH KE SINI

UNDUH KOSP SMP >>> UNDUH KE SINI

UNDUH KOSP SMA/ SMK >>> UNDUH KE SINI




Demikian informasi dari admin aleepenaku tentang Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka. Semoga dapat memberikan manfaat. Salam Literasi.

Post a Comment for "Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka (UNDUH KKTP Kelas 1 dan 4)"