Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD dan SMP Kurikulum Merdeka 2022

Aleepenaku.com - Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD dan SMP Kurikulum Merdeka 2022. Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD dan SMP Kurikulum Merdeka 2022 ini merupakan informasi penting terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022-2023.


Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

Maka, Kurikulum yang dapat disusun dalam kerangka Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum Mandiri berupa Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) pada Kurikulum Merdeka. Nah, untuk melakukan penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) disesuaikan kekhasan, kondisi dan pontensi daerah masing-masing. Hal ini juga penting untuk menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam sekolah atau satuan pendidikan. 

Dalam implementasinya, kurikulum operasional sekolah (KOS) mengacu pada capaian pembelajaran (CP) yang telah disusun oleh pusat. Kemudian, CP tersebut diterjemahkan dalam alur tujuan pembelajaran yang dikonkretkan atau dilaksanakan dengan nyata dalam proses pembelajaran.

Pertanyaan Umum Tentang KOSP 

Pada umumnya, banyak yang bertanya dan mencari jawaban lebih jauh tentang KOSP Kurikulum Merdeka, terutama berkaitan dengan:

dokumen penyusunan kurikulum

penyusunan dokumen ktsp

dokumen 3 kurikulum 2013 smp 2020

dokumen ktsp sma

dokumen 1 ktsp pdf

dokumen kurikulum 2013 revisi

cara menyusun dokumen 1 kurikulum 2013

contoh dokumen kurikulum sekolah

Apa perbedaan kurikulum k13 dan Kurikulum Merdeka?

Seperti apa Kurikulum Merdeka?

Apa itu Kurikulum Merdeka belajar SD?

Langkah langkah penyusunan Kurikulum Merdeka?

contoh konsep kurikulum merdeka

dokumen ktsp kurikulum merdeka

download konsep kurikulum merdeka

konsep kurikulum merdeka belajar

konsep kurikulum merdeka

konsep kurikulum merdeka belajar pdf

konsep kurikulum merdeka belajar sd

konsep kurikulum merdeka ppt

konsep kurikulum merdeka belajar untuk sekolah dasar

kosp kurikulum merdeka aktif

contoh ktsp sma kurikulum merdeka

contoh ktsp sd kurikulum merdeka

contoh ktsp smp kurikulum merdeka

apa itu kurikulum merdeka belajar

konsep dasar kurikulum merdeka

konsep dasar kurikulum merdeka belajar

konsep kurikulum merdeka hari ini

konsep kurikulum merdeka indonesia

konsep kurikulum merdeka belajar kampus merdeka

peta konsep kurikulum merdeka

bagaimana konsep kurikulum merdeka belajar?

peta konsep kurikulum merdeka belajar

konsep modul ajar kurikulum merdeka

konsep pembelajaran kurikulum merdeka

apa konsep kurikulum merdeka?

konsep kurikulum merdeka smp

konsep kurikulum merdeka sd

konsep kurikulum merdeka smk

konsep kurikulum merdeka terkini

konsep kurikulum merdeka the inside story

konsep kurikulum merdeka video

Secara lebih rinci, baik menjawab pertanyaan tersebut maupun dokumen, disajikan di bawah ini. termasuk dapat mengunduh contoh dokumen KOSP SD dan SMP di bagian bawah artikel ini. Jadi, pastikan memahami dan membaca setiap paragraf informasi singkat ini.


Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SD 

Penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) SD Model 4 disesuaikan kekhasan, kondisi dan pontensi daerah masing-masing. Selain itu, juga berfokus kepada pemenuhan kebutuhan peserta didik atau siswa. Kemudian juga diharapkan dapat mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21. 

KOSP SD juga memuat ciri khas dan potensi lokal sekolah atau satuan pendidikan. SD Model 4 berdomisili pada daerah atau wilayah strategis di pusat Pemerintahan Kabupaten/Kota. Dikembangkan pula dimensi ekonomi dan wilayah pariwisata. Juga memerhatikan keterjangkauan lokasi yang mudah ditempuh dengan transportasi setempat. 

Kemudian, untuk lingkungan sekolah juga berdekatan dengan sarana kesehatan, olahraga dan keagamaan. Mengapa? Sebab, sarana tersebut merupakan suatu kekuatan pendukung dalam proses pembelajaran.


Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SMP 

Sama seperti penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) di SD, KOSP SMP juga memerhatikan karakteristik kekhasan, kondisi dan pontensi daerah masing-masing. Karakteristik lingkungan sekolah, peserta didik, dan sosial budaya di lingkungan sekolah menjadi indikator implementasi KOSP SMP ini.

KOSP SMP sebagai kelanjutan dari implementasi PSP, memiliki kerangka kurikulum sebagai berikut.

  1. Karakteristik Sekolah: Karakteristik Lingkungan, Karakteristik Konteks Sosial Budaya Dan Lingkungan, Karakteristik Peserta Didik.
  2. Landasan Kurikulum Operasioanal Sekolah
  3. Visi, Misi dan Tujuan
  4. Pengorganisasian Pembelajaran SMP:  1. Pembelajaran 2. Jenis-jenis pengembangan diri, 3. Mekanisme Pelaksanaan,m 4. Jadwal Kegiatan, 5. Alokasi Waktu, 6. Assesmen, 7. Kriteria kenaikan kelas. 
  5. Rencana Pembelajaran: 1. Rencana pembelajaran intrakurikuler, 2. Rencana proyek
  6. Pendampingan, Evaluasi dan Pengembangan Profesional 
  7. Penutup
  8. Lampiran

Pemahaman Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

Sebelum melaksanakan KOSP pada sekolah atau satuan pendidikan SD maupun SMP, dalam pembelajaran, maka semua pihak yang terlibat secara langsung dalam pembelajaran terutama guru, kepala sekolah dan pengawas harus dapat dipastikan sebagai berikut:

  1. memiliki komitmen, 
  2. memahami KOSP secara holistik dan benar, 
  3. memiliki dokumen pendukung yang diperlukan, dan 
  4. mampu melaksanakannya dalam pembelajaran.


Komponen-Komponen Utama KOSP di Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Dokumen KOSP ini merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik atau guru di satuan pendidikan (sekolah). Lalu dievaluasi secara berkala untuk disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan siswa atau peserta didik.

Pada bagian ini, disajikan tetnang beberapa komponen utama pada kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) antara lain, sebagai berikut:

  1. Karakteristik Satuan Pendidikan: dari analisis konteks, dirumuskan karakteristik sekolah yang menggambarkan keunikan sekolah dalam hal peserta didik,  sosial, budaya, guru, dan tenaga kependidikan.
  2. Visi, Misi, dan Tujuan, Misalnya Struktur Visi: Menggambarkan tentang siswa menjadi subjek pembelajaran dan  memuat Nilai-nilai yang mendasari dapat mencapai Profil Pelajar Pancasila. Struktur Misi:  Misi menjawab tentang visi dan nilai-nilai yang penting untuk diwujudkan.
  3. Tujuan: Tujuan akhir kurikulum sekolah (KOS) yang berdampak kepada siswa peserta didik. Tujuannya juga menggambarkan batasan penting dan selaras dengan misi.
  4. Strategi sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. kompetensi dan atau karakteristik yang menjadi kekhasan  lulusan sekolah tersebut dan selaras dengan profil Pelajar Pancasila.
  5. Pengorganisasian Pembelajaran: memuat cara sekolah mengatur muatan kurikulum dalam satu rentang waktu tertentu dan beban belajar; kemudian memuat cara satuan pendidikan atau sekolah mengelola pembelajarannya. Yakni PB untuk mendukung pencapaian CP dan Profil Pelajar Pancasila.
  6. Intrakurikuler, mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya jika ada (muatan lokal).
  7. Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): menjelaskan pengelolaan projek yang mengacu pada profil Pelajar Pancasila pada tahun ajaran tersebut.
  8. Gambaran ekskul dalam bentuk matriks dan atau tabel.
  9. Rencana pembelajaran: Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup sekolah selama satu tahun ajaran. Kontennya: alur pembelajaran /unit mapping (untuk sekolah-sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran secara integrasi) akan menjadi program prioritas satuan pendidikan.
  10. Pendampingan, Evaluasi, dan pengembangan secara profesional: Kerangka bentuk pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional. Hal ini dilakukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan di sekolah/ satuan pendidikan. 
  11. Lampiran-lampiran: dapats terdiri dari: Contoh-contoh rencana pembelajaran ruang lingkup kelas, Contoh penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), referensi landasan hukum.


Prinsip Penting KOSP Kurikulum Merdeka 2022

Prinsip dalam pengembangan KOSP antara lain, sebagai berikut:

  1. Berpusat pada Siswa atau Peserta Didik: Pembelajaran harus memenuhi kebutuhan pengembangan potensi, perkembangan siswa dan tahapan belajar. Profil Pelajar Pancasila harus menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan KOS: kurikulum operasional sekolah.
  2. Kontektual: Menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik sekolah sesuai konteks.
  3. Esensial: Berisi informasi utama yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan.
  4. Akuntabel: dapat dipertanggung jawabkan dengan data dan aktualitas.
  5. Melibatkan berbagai Pemangku kepentingan 


Rujukan Penyusunan kurikulum operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) di Kurikulum Merdeka 2022

Adapun acuan atau rujukan penyusunan KOSP salah satunya adalah visi, misi dan tujuan di satuan pendidikan tersebut. Sedangkan rujukan visi, misi, dan tujuan di satuan pendidikan adalah Profil Pelajar Pancaila. Dalam hal ini ada upaya konkret untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh. Yakni bermuara pada  enam dimensi, yaitu:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Bergotong royong.
  4. Mandiri.
  5. Berpikir kritis.
  6. Kreatif.

Dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif belaka, namun, karakter, sikap dan perilaku sesuai jati diri bangsa Indonesia.

Posisi dan fungsi profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) di Kurikulum Merdeka 2022

Posisi dan fungsi profil Pelajar Pancasila dalam KOSP: kurikulum sekolah antara lain:

a. Tujuan jangka panjang: memuat semua proses pembelajaran yang berlangsung di satuan pendidikan/ sekolah.

b. Kompetensi dan karakter yang perlu teruis dikembangkan oleh setiap warga satuan pendidikan/ sekolah.

c. "Benang merah" yang dapat menyatukan segala praktik yang dijalankan di sekolah.


Tabel Perbandingan Komponen KTSP vs Komponen KOS

No

Kompoen KTSP

Komponen KOS

1

Pendahuluan:

(Latar Belakang, Landasan, Prinsip, Tujuan)

Karakteristik Sekolah:

(Karakteristik lingkungan, Sosial budaya, peserta didik)
 

2

Landasan

3

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, Misi, dan Tujuan

4

Struktur dan Muatan Kurikulum:

(Struktur Kurikulum, muatan kurikulum, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, KKM, penilaian, remedial, pengayaan, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, Kecakapan hidup, Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. Literasi, PPK, pengelolaan/ manajemen jam mengajar, dll)

Pengorganisasian Pembelajaran
 

5

Rencana Pembelajaran:

(Pembelajaran  Intra kurikuler, pembelajaran proyek)

6

Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional (PP)
 

7

Kalender Pendidikan

8

Penutup

Penutup

9

Lampiran

 Sumber: https://gusndol.com/2022/06/01/komponen-kurikulum-operasional-sekolah


Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD dan SMP Kurikulum Merdeka 2022:


Download Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SD 

Silakan unduh dengan klik tombol Download di bawah ini👇:

Download Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SMP 

Silakan unduh dengan klik tombol Download di bawah ini👇:


Download Panduan Pembelajaran dan Asesmen KurMer

Silakan unduh dengan klik tombol Download di bawah ini👇:


UNDUH KOSP SMA >>>> UNDUH KE SINI.

UNDUH KOSP SMK >>>> UNDUH KE SINI.


Informasi rekomendasi lainnya, silakan dibaca juga:

ATP Kurikulum Merdeka Jenjang SD/ MI >>>> UNDUH File

Demikian Informasi penting tentang Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD dan SMP Kurikulum Merdeka 2022. Simak infoedukasi terbaru aleepenaku di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

5 comments for "Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD dan SMP Kurikulum Merdeka 2022"

  1. Terimakasih info nya . Smg lancar sukses sll. Berkah

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Bung Ali sangat membantu info tentang pendidikan dan kumer.....salam

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.