Terbaru: POS AN-ANBK Tahun 2022, Kapan ANBK Dilaksanakan?

Aleepenaku.com-Salam Pendidikan. Kali ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang hal Terbaru: POS AN-ANBK Tahun 2022,  Kapan ANBK Dilaksanakan? Tentu saja hal ini membutuhkan persiapan sejak awal. Apalagi, dilaksanakan secara online untuk siswa kelas V. Pengalaman tahun lalu, dapat dijadikan dasar untuk tampil lebih baik dalam melaksanakan ANBK tahun ini. 

Sumber Gambar: Unduhan POS AN 2022

Maka, supaya diperhatikan dan disimak dengan betul prosedur operasional standar yang telah dikeluarkan oleh kemdikbudristek tahun 2022 ini. Seperti diketahui bahwa sesuai dengan ketentuan Pasal 12 Permendikbudristek No: 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional (AN), maka sangat perlu menetapkan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan tentang POS: Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022.

Nah, sejak saat ini sudah banyak yang bertanya tentang jadwal anbk 2022, pos anbk 2022 pdf atau juknis anbk 2022 dan jadwal anbk 2022 smp serta sd. Tentu kita semua harus mengarah dan sesuai dengan POS AN (ANBK) Tahun 2022 yang telah terbit sebagai POS ANBK terbaru.


Dalam Peraturam Kepala Badan,Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No: 013/ H/ PG.00/ 2022 tentang POS Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022, dapat diulas sedikit sebagai berikut:

Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional, (POS AN) adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan AN: Asesmen Nasional. Jadi semuanya mengacu pada POS AN ini.

Asesmen Nasional (AN) merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan untuk melakukan pemetaan mutu sistem pendidikan. Yakni dilaksanakan untuk setiap tingkat satuan pendidikan  (sekolah) dasar dan menengah dengan menggunakan 3 instrumen: asesmen kompetensi minimum (AKM), survey karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan suatu pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

Literasi Membaca diartikan sebagai kemampuan siswa untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks. Yaitu untuk menyelesaikan masalah/ problem dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Literasi Numerasi berarti kemampuan berpikir siswa dalam menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Yakni dapat diterapkan pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu/ seseorang sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Survei Karakter (SK) berarti pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nila-inilai (values) berdasarkan 6 aspek Profil Pelajar Pancasila (PPP).

Survei Lingkungan Belajar (SLB) ialah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer  (ANBK) merupakan asesmen terhadap siswa dengan menggunakan komputer secara daring dan semidaring, sebagai media dalam menampilkan dan menjawab soal yang diajukan.

Pelaksana Asesmen Nasional (AN) yaitu lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional (AN) pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Satuan Pendidikan adalah Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik sekolah negeri maupun swasta, dasar dan menengah, umum dan keagamaan, dalam lingkungan kemdikbud dan kemenag, sekolah di bawah dinas langsung maupun yayasan (lihat POS AN 2022).

Jenjang Pendidikan merupakan tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.

Tim Teknis ANBK ialah petugas di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang diberi kewenangan sebagai petugas teknis dalam melakukan verifikasi dan pendampingan satuan pendidikan sebagai pelaksana AN: Asesmen Nasional.

Proktor merupakan petugas yang diberi kewenangan untuk menangani aspek teknis aplikasi pelaksanaan Asesmen Nasional di ruang asesmen.

Teknisi bertugas sebagai pengelola sarana komputer dan jaringan di satuan pendidikan.

Pengawas yang dimaksud adalah pendidik/tenaga kependidikan yang diberi kewenangan untuk mengawasi dan menjamin kelancaran pelaksanaan AN: Asesmen Nasional di ruang asesmen di satuan pendidikan.

Bahan Asesmen Nasional (BAN) merupakan instrumen berupa seperangkat butir-butir soal yang digunakan untuk asesmen nasional dalam bentuk digital yang harus dijaga keamanannya, kerahasiaannya dan ketepatan waktunya untuk digunakan saat asesmen.

Pemerintah Pusat  (Pemerintah) merupakan Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan Negara Republik Indonesia,  yang dibantu oleh Wakil Presiden (Wapres) dan menteri sebagaimana dimaksud di dalam dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemerintah Daerah merupakan kepala daerah sebagai unsur penyelenggara tingkat pemerintahan daerah yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah otonom.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah pangkalan data pendidikan yang dikelola oleh Kemdikbudristek.

Dan masih terdapat beberapa istilah serta hal penting yang perlu diketahui oleh penyelenggara AN di tingkat satuan pendidikan.

Sumber: POS AN 2022

Simak Penjelasannya:


UNDUH POS AN Tahun 2022

Kemudian, untuk selengkapnya, disarankan setiap satuan pendidikan untuk mengunduh POS AN tahun 2022, di bawah ini.

 






Informasi yang penting lainnya, silakan dibaca juga:





RPP dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang https://www.aleepenaku.com/2021/10/kisi-kisi-dan-contoh-soal-akm-literasi_1.html. Simak terus info aleepenaku di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Terbaru: POS AN-ANBK Tahun 2022, Kapan ANBK Dilaksanakan?"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.