Alat Peraga Bangun Datar Barang Bekas (Rangkas)

Aleepenaku.com-Alat Peraga Bangun Datar Barang Bekas (Rangkas). Ini merupakan buku yang disusun dari hasil penelitian tindakan kelas. Buku ini disusun menggunakan teknik Verse. Yaitu, Konversi dan parafrase. Artinya, dari bentuk baku penelitian, dikonversi dan diprafrase menjadi bacaan yang tidak kaku. Sehingga, nyaman dibaca.


Alat Peraga Bangun Datar Barang Bekas (Rangkas)

Setiap guru sudah mengenal sangat akrab dengan istilah alat peraga. Mengapa? Sebab, dalam kegiatan pembelajaran guru selalu menggunakan alat peraga yang relevan dengan mata pelajaran dan topik yang sedang diajarkan. Guru selalu melakukan inovasi pembelajaran agar proses belajar mengajarnya maksimal dan hasil belajarnya memuaskan. Alat peraga yang dianjurkan oleh pakar pendidikan adalah alat peraga yang tersedia di lingkungan sekitar sekolah dan rumah siswa.

Alat yang tersedia di lingkungan sekolah biasanya lebih murah daripada yang dibuat atau diproduksi di perusahaan atau alat peraga buatan pabrikan. Seorang guru diharapkan dapat lebih kreatif dan dapat memilih alat peraga yang sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan.

Seharusnya, proses pembelajaran memerlukan alat peraga yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. 

Fungsi alat peraga pendidikan dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan, siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak matematika yang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan. Siswa merasa lebih mengenal isi mata pelajaran dengan memperhatikan langsung alat peraga yang diperagakan.

Alat peraga barang bekas dalam tulisan ini telah digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Alat peraga “rangkas” bangun datar ini dibuat secara sederhana dari barang bekas. Barang bekas tersebut dapat berupa karton bekas yang tebal, triplek, map bekas, mika, kardus dan sebagainya. 

Dengan demikian, secara ekonomis, guru tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak. Bahkan, sebagian besar bahannya tidak perlu membeli. Bila perlu, siswa dapat diajak membuat alat peraga rangkas ini di sekolah. Sementara itu, siswa juga diminta membawa barang bekas dua dimensi yang ditemukan di rumahnya.

1. Alat dan Bahan Peraga
Adapun alat dan bahan barang bekas yang bisa dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
Alat dan bahan:
a. alat
Gunting
Cuter
Penggaris
Jangka
Pensil atau Spidol
b. bahan
Plastik mika bekas
Kertas kardus bekas
Karton tebal bekas
Kertas bekas yang tebal
lem kertas
spidol, crayon atau cat

2. Cara Pembuatan Alat Peraga Rangkas
Cara membuat alat peraga bangun datar dari barang bekas, sebagai berikut:
1) Gambarlah menggunakan pensil dan penggaris pada kertas bekas beberapa bangun datar, seperti: persegi, persegi panjang, segitiga, jajaran genjang, belah ketupat, trapesium dan lingkaran.
2) Setelah terbentuk bangun datar, tempellah bentuk bangun datar tersebut melekat pada plastik mika tebal bekas dan kardus bekas;
3) Gunting atau potonglah menggunakan cutter plastik mika dan kardus bekas tersebut, sehingga membentuk bangun datar;
4) Alat peraga bangun datar sudah jadi, dan dapat diwarnai dengan cat atau crayon.

3. Cara Memanfaatkan Alat Peraga Bangun Datar Rangkas
Langkah langkah dalam memanfaatkan alat peraga bangun datar:
  1. Tunjukkan berbagai alat peraga bangun datar di hadapan siswa;
  2. Meminta siswa maju ke muka untuk menunjukkan satu persatu bangun datar yang disebutkan;
  3. Meminta siswa tetap memegang alat peraga, dan menyebutkan sifat-sifat yang dimilikinya.
  4. Guru menggambar bangun datar di papan tulis menggunakan atau mengikuti pola bangun datar sesuai dengan alat peraga bangun datar yang sudah ada.
  5. Siswa menggambar di bukunya bangun datar sesuai dengan contoh di papan tulis.
  6. Siswa diminta menggunting sudut setiap bangun datar (kecuali lingkaran) dan menjumlahkan jumlah sudut lalu ditempel pada bukunya.
  7. Sudut yang terbentuk untuk segitiga adalah 180° dan untuk persegi 4 adalah 360°.
Perlu dipahami bahwa dalam pembuatan alat peraga bangun datar ini, sangat sederhana. Selain dibuat dari bahan bekas yang mudah didapat di lingkungan sekitar kita, cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis. 

Pentingnya penggunaan alat peraga rangkas ini menjadi masukan bagi setiap guru untuk terus berupaya dapat membuatnya sendiri sebagai karya inovatif. Walaupun sangat sederhana, alat peraga memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Cara Membukukan PTK

Silakan pahami teknik verse pada aktivitas membukukan KTI, berikut.



Informasi penting lainnya, bisa dibaca juga:

Aplikasi Sederhana Analisis PH, PTS, Asesmen Sumatif

Kumpulan RPP Berdiferensiasi, KSE dan Budaya Positif SD, SMP

Ringkasan Materi Tematik Semester 1

Ringkasan Materi Tematik Semester 2

Ringkasan Materi PJOK SD/ MI

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru SD/MI

Demikianlah yang dapat admin aleepenaku.com bagikan tentangAlat Peraga Bangun Datar Barang Bekas (Rangkas). Semoga bermanfaat bagi guru dan pendidikan kita. Salam literasi.

Post a Comment for "Alat Peraga Bangun Datar Barang Bekas (Rangkas)"