Pentingnya Belajar Matematika

Aleepenaku.com. Pernahkan kita berpikir tentang pentingnya belajar matematika? Nah, inilah sedikit ulasan sebagaimana dikutip dari buku Matematika Cerdas dengan Alat Peraga "Rangkas", 2023.

Matematika sebagai disiplin ilmu pasti, sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Persoalannya, bagaimana seorang guru, terutama guru yang mengajar pada jenjang pendidikan dasar mampu menstimulasi siswanya dapat belajar matematika dengan baik. Seperti diketahui bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang menjadi “monster” bagi sebagian siswa. Oleh karena itu, guru perlu memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya mempelajari matematika.



Guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dengan berbagai pendekatan yang relevan. Misalnya, guru secara persuasif membelajarkan matematika sesuai dengan manfaat yang bisa diperoleh langsung oleh siswa. Menghitung langsung, menambah dan mengurangi merupakan contoh sederhana dalam operasi hitung sederhana dalam matematika.
Guru juga dapat membelajarkan matematika mulai dari tingkat yang paling sederhana dan konsep konkret hingga pada persoalan yang lebih kompleks dan abstrak. Tujuannya agar siswa dapat memahami matematika sebagai mata pelajaran dapat dipelajari dengan mudah. Jika konsep awal yang pikirkan siswa tentang matematika itu mudah, maka tidak menutup kemungkinan akan menghadirkan rasa senang untuk terus belajar matematika.
Guru harus mampu mengajak siswa memahami sebuah persoalan. Di sinilah berpikir logis analitis siswa diasah. Guru sekaligus mengajarkan pemecahan masalah dengan matematika. Pada pendekatan ini, bukan sekadar melatihkan matematika dengan hafalan. Namun, yang paling penting juga mengerti tentang konsepnya.

Pentingnya Belajar Matematika
Selain melakukan kegiatan pelajaran matematika dengan pendekatan yang relevan, guru perlu memberikan stimulus kepada siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran penting yang terus digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa harus matematika? Sekali lagi,matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut pengalaman penulis dalam mengajar matematika, setidaknya ada beberapa manfaat yang diperoleh. Sehingga, guru mengurai beberapa manfaat belajar matematika, sebagai berikut.

a. Melatih Cara Berpikir Logis dan Sistematis
Matematika menjadi mata pelajaran yang sangat baik untuk melatih cara berpikir yang logis. Artinya, berpikir nyata itu terbentuk dengan memahami matematika. Cara berpikir logis berarti berpikir secara nyata dengan persoalan yang dihadapi. Dengan demikian setiap siswa terlatih untuk berpikir realistis, sebab akan mengerjakan sesuatu secara nyata. 
Kemampuan berpikir logis ini juga sangat bermanfaat untuk menjawab soal-soal logika dan soal cerita yang dikerjakan dengan konsep realistis. Siswa juga akan terbiasa memahami realita yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, matematika juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir yang sistematis, terstruktur. Maka, sangat penting mempelajari matematika juga secara terstruktur sesuai dengan konsepnya. Belajar dari konsep mudah ke konsep yang lebih rumit. Belajar dari konsep realistis ke abstrak.

b. Membentuk Pola Pikir Cermat dan Teliti
Setelah memiliki kemampuan cara berpikir logis, maka juga akan terbentuk pola pikir yang cermat dan teliti. Mengapa bisa cermat? Setiap menyelesaikan persoalan, maka siswa akan mencermati setiap poin persoalannya. Lalu akan melakukan penyelesaian tahap demi tahap. Nah, alur yang dilalui tersebut akan membentuk dan membiasakan siswa berpikir secara cermat dan teliti. Kebiasaan ini akan membentuk siswa memiliki pola berpikir cermat dan teliti.

c. Meningkatkan Berpikir Kreatif
Matematika dapat merangsang tumbuh dan berkembangnya berpikir kreatif. Ketika siswa diberi satu tantangan persoalan, maka dapat dilakukan dengan pemecahan masalah yang berbeda. Di sinilah akan tubuh pikiran kreatif siswa. Berpikir kreatif berarti berpikir terbuka. Selalu ada kemungkinan beberapa cara yang ditempuh untuk menyelesaikan sebuah persoalan.

d. Melatih Kesabaran
Matematika sebagai ilmu pasti, digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu berhubungan dengan aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk mengetahui sebuah luas, jarak, volume, berat, dan sebagainya. Sehingga, haruslah hati-hati dalam menyelesaikan masalah tersebut. Oleh karena itu, hal ini membutuhkan kesabaran yang tinggi.

e. Berguna dalam Kehidupan Sehari-Hari
Jelaslah bahwa matematika sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, digunakan dalam transaksi jual beli, perbankan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan banyak bidang lainnya. Sehingga, hampir tidak ada dalam kehidupan sehari-hari yang tidak menggunakan konsep matematika.

Post a Comment for "Pentingnya Belajar Matematika"