Sudah Cek 7 Kesalahan Unggah Aksi Nyata di PMM dan Alasan Ditolak? Ini Solusinya

 Aleepenaku.com-Sudah Cek 7 Alasan Aksi Nyata di PMM Ditolak dan Harus Diperbaiki? Ini Solusinya. Sudah Cek 7 Alasan Aksi Nyata di PMM Ditolak dan Harus Diperbaiki? Ini Solusinya merupakan informasi penting kepada guru dan kepala sekolah. Terutama bagi guru yang sedang mengerjakan Aksi Nyata di Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar. 

Sebelumnya, admin telah berbagi tentang Cara Praktis Mengerjakan Aksi Nyata Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Admin meyakini, para sahabat guru sudah bisa menyelesaikan aksi nyata dengan baik. Admin mengucapkan selamat dan sukses. Berarti, para sahabat guru dapat berbagi pula kepada sahabat lainnya. Terutama kiat sukses Mengerjakan Aksi Nyata Pelatihan Mandiri di PMM.  

sumber gambar: Laman PMM


Bagaimana Cara Memperoleh Sertifikat? 

Untuk mendapatkan sertifikat, para sahabat guru harus mengikuti prosedurnya sebagai berikut.

Mengerjakan satu topik Pelatihan Mandiri. 

Mengerjakan Post Test.

Unggah Aksi Nyata. 

Aksi Nyata akan divalidasi oleh tim PMM. . 

Cek Hasil validasi Aksi Nyata, apabila:

Aksi Nyata dinyatakan lulus validasi, 

Aksi Nyata Anda tidak lulus validasi, bisa mengulang lagi.


Sudah Cek 7 Kesalahan atau Alasan Aksi Nyata di PMM Ditolak dan Harus Diperbaiki? Ini Solusinya

Nah, ternyata, beberapa guru juga ada yang sudah mengerjakan aksi nyata. Namun belum mendapatkan sertifikat. Bahkan, mungkin juga unggahan aksi nyata tersebut belum disetujui dan butuh perbaikan.

Lalu, apa saja alasan Aksi Nyata guru ditolak di PMM. Menurut diskusi dengan sahabat guru lainnya, pengalaman admin dan rekomendasi unggahan aksi nyata di PMM, bisa jadi disebabkan beberapa hal, seperti berikut ini.

sumber gambar: laman PMM
  1. Aksi Nyata tidak sesuai dengan judul atau tidak ada ada relevansi dengan modul yang diikuti. Perhatikan, janganlah asal mengunggah aksi nyata tanpa memahami isi modulnya.
  2. Aksi Nyata yang diunggah merupakan aksi nyata bukan hasil karya orisinil. Bisa jadi karena meniru aksi nyata yang sudah ada tanpa ada perubahan substansi dan gaya penyajiannya masih relatif sama.
  3. Belum mengumpulkan umpan balik di PMM sebelum unggah aksi nyata. Umpan balik dapat berasal dari murid, guru, kepala sekolah dan atau pengawas. 
  4. Format atau bentuk umpan balik di PMM sebelum unggah aksi nyata tidak sesuai dengan ketentuan. Ketentuannya umpan bali dapat berupa: instrumen formulir umpan balik yang bisa diisi, screenshoot WA dengan rekan sejawat, rekap jawaban siswa, jawaban siswa pada e-form (bukan SS pertanyaannya).
  5. Umpan balik seharusnya bukan dari sesama pengguna PMM, tetapi harus dari sasaran.
  6. Umpan balik tangkapan layar yang diunggah hanyalah pertanyaan bukan jawaban.
  7. Aksi nyata yang diunggah tidak sesuai dengan format yang ditentukan.

Selengkapnya, Contoh Gambar Umpan Balik, DI SINI.

Tips validasi Aksi Nyata

Selain dari kemungkinan kesalahan di atas, Bapak Ibu guru harus memastikan Aksi Nyata yang diunggah tidak plagiasi. Baik isi laporan, deskripsi, dan refleksi dengan Aksi Nyata milik guru lain. K

Pastikan Aksi Nyata sesuai dengan panduan.

Pastikan sesuai dengan topik Aksi Nyata yang dipilih.

Pastikan memuat dokumentasi dalam melakukan Aksi Nyata.

Pastikan menerima minimal satu umpan balik 

Sumber Artikel:

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7348991704089


Cara Mengerjakan Aksi Nyata Pelatihan Mandiri di PMM

Selengkapnya untuk Menyimak Cara Mengerjakan Aksi Nyata, Silakan Baca Cara Praktis Mengerjakan Aksi Nyata Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM)


Informasi yang penting banyak dibaca juga:




Demikian informasi yang dapat aleepenaku sampaikan tentang Sudah Cek 7 Kesalahan Unggah Aksi Nyata di PMM dan Alasan Ditolak? Ini Solusinya. Ayo terus jelajah literasi. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Sudah Cek 7 Kesalahan Unggah Aksi Nyata di PMM dan Alasan Ditolak? Ini Solusinya"