Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Aleepenaku.com-Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah informasi penting bagi sahabat guru..

Panduan Cara Unggah Bukti Dukunga pada Pelaksanaan Kinerja

Setelah Perencanaan Kinerja yang dikelola oleh seorang guru sudah disetujui oleh kepala sekolah (KS), maka bapakibu guru seilakn sudah bisa memulai untuk Pelaksanaan Kinerja melalui ‘Praktik Kinerja serta unggah bukti dukung ‘Pengembangan Kompetensi’ dan ‘Tugas Tambahan’. 

Perhatikan panduan cara unggah bukti dukung pada Pelaksanaan Kinerja:

Perlu diketahui!

Sertifikat yang dapat digunakan oleh Guru sebagai Bukti Dukung pada Pengelolaan Kinerja adalah sertifikat yang didapatkan dan dihasilkan selama periode 6 (enam) bulan yang sama pada saat Pelaksanaan Kinerja berlangsung. Sebagai contoh, bukti dukung yang dikumpulkan pada Pengelolaan Kinerja Periode Januari-Juni 2024 adalah sertifikat yang didapatkan dari hasil Perencanaan/Sasaran Kinerja Pegawai dan Pelaksanaan Kinerja pada periode yang sama, yaitu Januari-Juni 2024.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan No.7607/B.B1/HK.03.2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah.

sumber gambar SS: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/26099265735193-Cara-Unggah-Bukti-Dukung-Pengembangan-Kompetensi-dan-Tambahan


Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi

1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar (PMM). Silakan akses melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

2. Bagi Anda yang mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses Pengelolaan Kinerja melalui komputer atau laptop. Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi.

3. Klik ‘Kumpulkan’ untuk mulai mengunggah dokumen Pengembangan Kompetensi 

4. Klik tombol 'Kumpulkan' untuk mengunggah dokumen dari Rencana Hasil Kerja yang telah disetujui dalam penyusunan Perencanaan Kinerja. 

5. Klik 'Unggah' untuk mengunggah dokumen pengembangan kompetensi. Perlu diketahui bahwa jumlah dokumen yang diunggah bersumber dari Rencana Hasil Kerja yang telah disetujui selama penyusunan Perencanaan Kinerja.

Perlu diketahui!

Dokumen yang diunggah memiliki format PDF

Dokumen yang diunggah memiliki maksimal ukuran file 10MB

6. Anda bisa memilih salah satu cara unggah, baik melalui perangkat laptop/komputer Anda maupun melalui Bukti Karya.

Unggah bukti dukung melalui Perangkat / Komputer, sebagai berikut:

Klik ‘Unggah Dokumen’ melalui perangkat laptop/komputer.

Pilih dokumen bukti dukung yang ingin diunggah melalui perangkat Anda.

Klik “Open’ untuk unggah bukti dukung.


Unggah bukti dukung melalui Bukti Karya, sebagai berikut:

Klik ‘Ambil Karya’ melalui Bukti Karya.

Pilih Kategori Karya dari bukti dukung yang ingin diunggah. 

Pilih Karya yang ingin diunggah sebagai bukti dukung 

7. Klik 'Kumpulkan' jika dokumen yang diunggah sudah sesuai. Klik 'Edit' jika dokumen yang diunggah tidak sesuai dan ingin mengunggah kembali dengan dokumen yang benar.

8. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengunggah dokumen pengembangan kompetensi dan akan kembali melakukan kembali di lain waktu.

9. Klik ‘Cek’ untuk melihat tampilan dokumen yang sudah diunggah.

10. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen pengembangan kompetensi dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

11. Anda telah berhasil mengumpulkan dokumen pengembangan kompetensi. 


Bukti Dukung yang Diunggah Ke Pengelolaan Kinerja PMM


Banyak yang bertanya pula:

Apa itu bukti dukung pengelolaan kinerja?

Apa itu pengelolaan kinerja?

Apa saja bukti dukung pelaksanaan kinerja?

Berapa lama proses pengelolaan Kinerja Guru?

Sumber Artikel: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/26099265735193-Cara-Unggah-Bukti-Dukung-Pengembangan-Kompetensi-dan-Tambahan

Demikian informasi tentang Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM)"