Big Book, Inovasi Guru Berkreativitas Tinggi

 

Hari kedua yang menyenangkan. Setelah diskusi dan pembahasan apa dan mengapa literasi?, Big Book adalah sajian materi yang menarik pada workshop penguatan inovasi pembelajaran di SD. Program pemberdayaan guru kelas rendah sekolah dasar.

Secara teoretis, materi big book disampaikan dengan cermat oleh ibu Ulfa, salah satu fasilitator kegiatan. Kemudian, narasumber meminta peserta untuk praktik membuat big book dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan role playing dalam kelompok diskusi.
Kegiatan presentasi cara penggunaan big book oleh kelompok tertentu dapat disimak dengan baik oleh kelompok lainnya. Begitu selanjutnya diikuti oleh ketua kelompok lainnya. Fasilitator memfasilitasi kegiaran tersebut penuh semangat.

Apa itu big book? Bagaimanakah big book dianggap penting sebagai inovasi pembelajaran? Apa kelebihannya?
Big book bukan hanya sekadar buku besar dengan gambar yang dapat bercerita. Tetapi, dalam Big Book mengandung unsur karakter pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. Siswa yang bersifat meniru, akan cepat memahami penjelasan guru tentang isinya. Bahkan, siswa dapat meniru gaya guru bercerita.

Ketika guru menggunakan  metode ceramah di kelas, siswa tampak akan bosan, lama-kelamaan. Sehingga siswa tidak fokus terhadap kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Termasuk tidak memerhatikan saksama penjelasan gurunya.

Big book menjadikan KBM menyenangkan, tidak membosankan. Big book dapat dijadikan sebagai media yang dapat membantu guru dalam memaparkan materi ajar, sehingga peserta didik lebih mudah untuk memahami mencernanya.

Big Books merupakan bentuk buku yang berukuran besar. Buku ini dikhususkan untuk anak-anak. Penggunaannya adalah untuk melihat dan mengembangkan kemampuan anak dalam membaca. 

Kita dapat menyimpulkan bahwa media big book merupakan istrumen dalam bentuk buku yang digunakan dalam menyampaikan pesan pada siswa. Yakni, berupa buku bergambar yang berukuran besar dan digunakan agar membaca dan menulis permulaan dapat tercapai dengan baik.

Menariknya gambar yang disajikan dalam Big Book, siswa akan  terdorong dalam pembelajaran yang dilakukan dan dapat terlibat dalam pemanfaatan media big book tersebut. Apakah sulit membuat Big Book? Tidak. Sebab banyak guru yang telah mampu membuatnya, dalam workshop itu. Tentu saja, setiap guru dituntut untuk memiliki keahlian menggambar dan banyak ide. Big book direkomendasikan untuk diterapkan di kelas awal. Big book dapat menarik minat belajar siswa, karena berisi gambar dan tulisan yang besar serta pewarnaan yang jelas.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya Big Book ini adalah media yang disenangi anak-anak dan dapat dibuat sendiri oleh guru. Bahannya bisa dari kertas karton, mudah diperoleh. Juga pewarnaan dari spidol. Buku berukuran besar ini cocok dan relevan disampaikan di kelas rendah.

Manfaat Big Book, antara lain sebagai berikut.

a. Menarik minat siswa. Sebab, gambar dan ukurannya jelas. Sehingga siswa senang membacanya atau melihatnya.
b. Big Book memantik guru mampu bercerita. Siswa akan fokus pada cerita dan gambarnya. Apalagi ceritanya disampaikan dengan baik.
c. Isi Big Book mudah dipahami, karena fokus pada materi tertentu.
d. Big Books menyajikan materi yang identik dengan lingkungan siswa. Sehingga siswa seperti mengalaminya dalam kehidupan sehari-hari.
e. Big Book merupakan hal yang relatif baru dalam kegiatan pembelajaran.

Bagaimanakah para guru dapat menerapkannya dengan baik?
Kreativitas guru berperan penting untuk KBM yang berhasil. Tentu, diharapkan siswa dapat memahami cara memperlakukan buku dengan baik, bahkan dapat menginspirasi dan menginformasikan prediksi gambar dan cerita.


alee duangh
alee duangh Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

4 comments for "Big Book, Inovasi Guru Berkreativitas Tinggi"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.